Duh, Mengucek Mata Dapat Menyebabkan Kebutaan Dan Datangnya Bakteri Jahat

Bahaya Mengucek atau Menggosok-gosok Mata

Mengucek Mata Sangat Berbahay

Secara naluriah, ketika mata anda mulai terasa sedikit capek atau gatal, anda mungkin sering menggosoknya agar lega. Keadaan seperti itu mungkin meringankan situasi sesaat, namun tahukah anda sebenarnya ini bisa membuat situasi menjadi lebih buruk?.

Jika mata anda terasa gatal atau capek, itu karena mata anda sebenarnya sudah kering atau mungkin ada sesuatu di dalamnya yang seharusnya tidak ada. Menggosok mata tidak pernah menjadi jawaban dari situasi ini.

Bahkan, dengan mengucek mata anda untuk melepaskan diri dari gatal malah menyebabkan mata anda memiliki banyak masalah seperti:

1. Kornea Mata Anda Tergores

Mungkin anda merasa sangat terganggu ketika ada partikel yang masuk ke dalam mata anda. Dan ketika anda menggaruk mata anda, anda menggosok partikel-partikel itu ke mata anda. Dan jika itu terjadi, itu akan membuat kornea mata anda tergores dan akan membuat situasi menjadi lebih buruk.

2. Lingkaran Gelap Di Sekitar Mata

Mungkin anda mempunyai lingkaran hitam di sekitar mata anda? sebenarnya itu bukan disebabkan oleh kurangnya waktu tidur anda. Itu terjadi karena pembuluh darah kecil di sekitar mata anda kemungkinan ada yang pecah dan naik ke permukaan karena adanya gosokan yang terlalu kencang pada daerah sekitar mata.

3. Lebih Gatal dan Kemungkinan Infeksi

Pikirkan tentang apa yang anda gunakan untuk menyentuh mata anda. Kemungkinan terbesar adalah adalah anda menggunakan tangan anda dan tidak mencucinya sebelum menggosok mata.

Karena tidak dicuci , tangan anda memungkinkan bakteri dapat masuk ke dalam mata dalam jumlah yang tidak sedikit. Yang terpenting adalah ketika anda mengucek mata, mungkin ini akan terasa menyenangkan karena dapat meredakan gatal, namun sebenarnya anda benar-benar membuat situasi menjadi lebih buruk.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda Dengan Ramuan Tradisional

Mengucek menyebabkan tubuh anda melepaskan lebih banyak histamin, yang akhirnya menyebabkan lebih banyak rasa gatal dan dapat membuat mata anda menjadi infeksi.

Lalu, Alasan Apa Yang Membuat Seseorang Sering Mengucek Mata Mereka?

Kebiasaan Mengucek Mata Berbahaya Bagi Kesehatan

Mengucek Mata Dikarenakan Kebiasaan Buruk Setiap Hari

1. Menatap Layar Terlalu Lama

Ini biasanya dimiliki oleh orang orang yang bekerja di depan layar komputer sehari hari, ini menyebabkan mata mereka terpapar sinar dari monitor dalam jangka waktu yang lama. Kecerahan dari monitor itu sendiri dapat menyebabkan mata tertekan dan juga mengering. Mata kering inilah yang terkadang menjadi alasan kenapa seseorang mengucek mata mereka.

2. Menggunakan Lensa Kontak

Saat ini semakin banyak orang yang melepaskan kacamata mereka dan beralih menggunakan lensa kontak. Ini sebenarnya menimbulkan masalah karena lensa kotak dapat menghalangi mata kita untuk menerima oksigen yang mata butuhkan. Ketika kita mengucek mata pada saat menggunakan lensa kontak,  Ini membuka peluang besar untuk goresan mata dan juga infeksi.

3. Setiap Hari Mata Kita Mudah Terinfeksi Karena Berbagai Alasan

Terkadang ketika mata kita gatal, baik itu dari alergi, kelelahan, atau gatal pada saat melakukan perjalanan, kita sangat ingin menggaruknya. Terkadang kita akan secara tidak sadar melakukannya. Buatlah titik untuk secara sadar mengingatkan diri kita agar tidak mudah menggosok mata pada saat merasakan gatal.

Bagaimana Caranya Agar Kita Tidak Menggosok Mata Kita ?

Selalu siapkan obat tetes mata, karena banyak gatal disebabkan oleh partikel-partikel kecil yang mengambang di mata Anda. Jika mata anda mulai terasa agak kering atau capek, berikan obat tetes pada mata anda. Ini akan menyelesaikan masalah anda dan merevitalisasi mata anda.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Maksimal Sampai Tua

Cara ini  jauh lebih baik dari pada menyentuh mata anda secara langsung menggunakan tangan, karena mengurangi adanya bakteri yang masuk ke mata melalui jari jari tangan kita.