5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Dalam Kehidupan Sehari-Hari

5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tips Menjaga Kesehatan Mental Via Pixabay.com

Saat ini kita berada di dunia yang memiliki perkembangan dan perubahan yang sangat cepat. Oleh sebab itu, diperlukan perlakuan khusus bagi diri kita pribadi untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Perlakuan khusus yang bisa anda berikan kepada diri anda adalah memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan kesehatan mental.

Dengan memperhatikan aspek kesehatan mental, dirimu akan mudah melihat dunia dengan cara yang berbeda. Bahkan dengan memperhatikan hal tersebut, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam mengambil ssetiap keputusan di masa depan. Kesehatan mental yang ada pada diri anda mempengaruhi bagaimana cara berpikir anda terhadap sesuatu .

Baca Dulu 6 Tips Bagi Pemimpin Perusahaan Dalam Menjaga Mental Karyawan

Untuk itu, penting untuk kamu memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan mental kita dalam kehidupan sehari-hari.

 

1. Memilih Hidup Sehat

Sebelum kita membahas hal-hal yang berkaitan dengan pemikiran dan mental anda, yang pertama dan yang paling terpenting dari menjaga kesehatan mental adalah memperhatikan kesehatan dari tubuh anda sendiri. Hal ini sangat mempengaruhi bagaimana otak dan jiwa anda diajak bekerjasama dalam segala situasi yang ada.

Salah satu hal sederhana dalam memilih hidup sehat adalah dengan memilih untuk tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, dan memiliki waktu tidur yang cukup adalah hal sederhana yang sangat mempengaruhi bagaimana mental anda terbentuk. Salah satunya adalah tidur cukup . Hal ini sangat memberikan pengaruh besar terhadap gangguan depresi atau stress pada diri seseorang.

Mulai saat ini, cobalah untuk melatih diri anda untuk memilih hal-hal yang sehat. Seperti memilih mengkonsumsi buah-buahan ketimbang sebungkus keripik yang memiliki banyak zat pengawet dan tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh anda.

2. Luangkan Sedikit Waktu Untuk Menenangkan Diri

Polusi suara di kota-kota besar pada saat ini sudah sangat mempritahatinkan. Dirumah, kamu mendapatkan gangguan polusi udara berupa suara TV, Radio, atau Musik Player yang dimainkan oleh tetanggamu. Diluar ruangan, kamu mendapatkan banyak gangguan suara seperti mobil, suara orang berbicara, sepeda motor, dan tentu saja ada banyak suara lainnya.

Lalu, pernahkah anda terpikirkan untuk keluar dari semua gangguan suara seperti ini ? . Berada ditempat seperti ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan mentalmu. Cobalah untuk beberapa saat menjauh dari semua ini, dan pergilah ke sebuah tempat yang tidak memiliki banyak aktifitas disana. Seperti desa, pantai, atau pegunungan .

Untuk dapat membuat mentalmu berada pada posisi yang terbaik, kamu memerlukan sedikit waktu menyendiri untuk mendapatkan relaksasi bagi pikiranmu. Selain berpergian ketempat-tempat yang sudah disebutkan, metode sederhana lainnya untuk mendapatkan relaksasi yang baik bagi pikiranmu adalah berdoa atau beribadah dan melakukan aktifitas Yoga.

3. Hindari Stress Berlebihan

Pikiran negatif dalam bentuk kecil jika ditumpuk berlama-lama akan membuat dirimu menjadi sangat buruk. Hal utama yang paling diserang dari dirimu adalah kesehatan dari mentalmu sendiri. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya tengah berada pada kondisi stress tingkat tinggi .

Salah indikasi seseorang berada pada tingkat stress yang memprihatinkan adalah timbulnya kecemasan, perubahan pada kepribadian, gangguan bipolar, prilaku yang sering menyalah, cara berpikir yang sering ngawur, dan lain-lain. Ini adalah beberapa indikasi sederhana yang menyebutkan bahwa sang penderita berada tingkat stress yang sangat mengkhawatirkan .

Terlepas dari masalah kesehatan mental, stress juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, rambut rontok, nyeri otot, dan penurunan kinera tubuh. Sebagian besar penyebab stress sebenarnya mudah dipecahkan dengan melakukan tindakan kecil dan perubahan ke arah positif untuk menghindari penyebab stress tersebut.

4. Jangan Biarkan Pikiran Anda Menjadi Kosong

Setelah pulang dari kantor, cobalah untuk membuat pikiran anda tetap aktif dengan menonton televisi atau sekedar bermain game yang mampu membuat perasaan gembira pada diri anda. Permainan yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu kosong agar tetap menjaga pikiran agar tidak kosong adalah puzzle, catur, atau permaian game online.

Menurut studi, mereka yang rajin bermain game setidaknya 30 menit dalam sehari mendapatkan peningkatan respon atau reaksi terhadap sesuatu sebanyak 25%. Ini adalah cara terbaik yang bisa anda terapkan untuk membuat otak anda tetap tajam sepanjang waktu .

5. Ceritakan Masalahmu Pada Orang Terpercaya

Jangan pernah pendam sesuatu yang ada dipikiranmu. Berbicara tidak selalu memberikan solusi yang berarti terhadap masalah yang kamu hadapi. Namun, ini adalah cara termudah untuk membuat mentalmu tetap dalam kondisi terbaik. Memendam sesuatu justru akan menyulitkan dirimu sendiri.

Baca Juga 6 Cara Menghilangkan Depresi Dengan Cepat Menurut Psikolog

Mereka yang jarang berbicara dengan orang lain memiliki permasalahan kesehatan mental yang lebih serius dibandingkan orang yang rutin bersosial dengan banyak orang. Menurut studi, orang yang bercerita tentang permasalahannya memiliki sedikit perasaan gembira dan peningkatan mood hingga 50%.

 

5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Dalam Kehidupan Sehari-Hari | Siopung | 4.5