6 Tips Bagi Pemimpin Perusahaan Dalam Menjaga Mental Karyawan

6 Tips Bagi Pemimpin Perusahaan Dalam Menjaga Mental Karyawan

Gambar Ilustrasi Menjaga Mental Karyawan Via Pixabay.com

Siapa sangka karyawan yang biasa anda lihat berkerja dengan giat setiap harinya, ternyata memiliki masalah kesehatan mental dalam kesehariannya dan berujung pada menurunnya kinerja perusahaan karena kurangnya daya manusia yang produktif. Namun, anda tidak bisa menyalahkan karyawan anda begitu saja tanpa adanya rasa tanggungjawab.

Perusahaan yang memuliakan mentalitas workaholic atau misalnya mereka yang memiliki sistem kepemimpinan yang kasar, tentu sering memiliki beberapa karyawan yang terlibat dalam pengobatan untuk masalah kesehatan mental. Terkadang karena adanya aturan perusahaan yang meminta untuk merahasiakan masalah tersebut, membuat rekan – rekan sepekerjaan menjadi kurang perduli dan tampak lebih apatis hingga tak diketahui penyebab salah satu karyawan tersebut memiliki masalah kesehatan mental.

Tetapi, psikoterapis melihat pola dan hubungan yang jelas antara kesehatan mental karyawan dan suasana tempat kerja.

Lantas, mengapa pemimpin bisnis harus perduli? Banyak pemimpin bisnis yang menganggap kalau kesehatan mental karyawan bukanlah urusan mereka. Tapi, kesehatan mental karyawan sangat mempengaruhi kinerja bahkan pada bottom line perusahaan. Pusat Pencegahan dan Kesehatan memperkirakan bahwa masalah penyakit dan gejala kekerasan mental memakan biaya perusahaan antara $79 hingga $105 Milyar setiap tahun.

Baca Dulu 6 Hal Karakter Dan Sifat Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Penurunan produktivitas, absensi, dan peningkatan biaya kesehatan adalah penyebab dari timbulnya biaya perusahaan. Maka dari itu, penting bagi seorang pemimpinan untuk segera mengambil tindakan positif terhadap masalah ini.

Berikut adalah cara pemimpin bisnis dapat membuka jalan bagi tempat kerja yang sehat mental:

1. Keseimbangan Kinerja dan Gaya Hidup

Memaksa karyawan untuk bekerja sepanjang waktu akan berdampak merugikan perusahaan dalam waktu jangka panjang. Sangat penting untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan gaya hidup yang sehat. Berikanlah karyawan anda masa liburan yang cukup dan jangan memaksa mereka untuk dapat membalas email pada jam – jam istirahat mereka. Sebaliknya, tegaskanlah bahwa anda menghargai kebutuhan setiap orang untuk meraih kesuksesan dan kekayaan, namun anda juga perlu untuk menghargai dan menjaga privasi mereka di luar kegiatan kantor.

2. Bimbing Karyawan Anda Tentang Kesehatan Mental

Bicaralah masalah tentang kesehatan mental dengan karyawan Anda. Tawarkan/Rekomendasikan skrining alat gratis yang dapat membantu mereka mengidentifikasi faktor risiko dan kebutuhan pengobatan yang potensial.
Pastikan manajer menyadari tanda-tanda masalah kesehatan mental dan melatih mereka untuk merespon dengan tepat. Adanya hubungan dan pembicaraan yang baik antara manajer dan karyawan bisa berperan dalam mendorong karyawan untuk mencari bantuan.

3. Bicaralah tentang EAP Benefits Sesering Mungkin

EAP Benefits atau seperti yang sudah banyak oang tau, ialah program bantuan karyawan yang berupa imbalan kerja yang membantu karyawan dengan masalah pribadi mereka dan atau yang mungkin berpengaruh terhadap kinerja pekerjaan, kesehatan, mental, dan emosional karyawan.

Meskipun banyak perusahaan menawarkan program bantuan karyawan seperti ini, namun beberapa dari mereka hanya membicarakannya saja tanpa benar – benar mengunjuk diri. Apakah karyawan mengalami masalah perkawinan atau insomnia, nah EAP benerfit’s ini dapat membantu karyawan menangani isu-isu yang mengurangi kinerja mereka. Tetapi, mereka perlu diyakinkan bahwa program ini gratis dan benar-benar terjaga kerahasiaannya.

4. Kesehatan adalah Prioritas

Olahraga teratur, makan sehat, dan partisipasi dalam kegiatan rekreasi meningkatkan kesehatan mental siapa saja. Apakah Anda menawarkan insentif kepada karyawan untuk yang berpartisipasi dalam program-program kesehatan, atau Anda menawarkan ruang latihan di kantor, membuat kesehatan menjadi prioritas utama bagi organisasi Anda.

Bukankah menyenangkan setidaknya memiliki lapangan badminton, atau ping pong di kantin kantor? Anda akan menjalin kekerabatan yang baik serta kerjasama yang baik pula antara anda dengan karyawan anda. Jalinlah rasa kebersamaan tersebut dengan baik sehingga anda dapat mengenal lebih dalam terhadap karyawan dan rekan kerja anda.

5. Menyediakan Layanan Pelatihan

Memberikan fasilitas kepada karyawan tentang pelatihan in-service dengan berbagai topik perawatan diri. Mempekerjakan seorang terapis untuk memberikan pelayanan lokakarya beberapa kali dalam setahun pada pengurangan stres atau meditasi yang tentu saja bisa berpengaruh untuk meningkatkan ketahanan karyawan.

Walau tampaknya royal sekali, namun Ini dapat menghemat uang dalam jangka panjang, dan juga membantu karyawan mencapai potensi terbesar mereka. Masihkah anda berpikir 2x untuk mendapat manfaat dan keuntugan seperti ini demi lancarnya kinerja perusahaan anda?

6. Dukungan Untuk Karyawan Dalam Melakukan Upayanya

Tentu hal penting dan positif jika anda mau mendukung upaya karyawan untuk mencari pengobatan untuk masalah kesehatan mental yang sedang ia alami. Contohnya saja Itu bisa mensisihkan waktu atau meyempatkan diri untuk off agar dapat menghadiri janji dengan karyawan, baik untuk masalah bisnis yang sekaligus anda bisa memperkenalkannya pada sistem pengobatan/terapi yang bagus di kota anda.

Baca Juga 11 Hal Yang Dilakukan Dalam Pengembangan Diri Mencapai Sukses

Nah, pastikanlah bahwa karyawan anda yakin bahwa untuk sekedar melakukan perawatan kesehatan adalah hal baik untuk perusahaan dan tidak akan dikenai sanksi, asalkan anda sendiri yakin bahwa karyawan anda masih berada dalam pengawasan dan melakukan perawatan yang tidak berlebihan.

6 Tips Bagi Pemimpin Perusahaan Dalam Menjaga Mental Karyawan | Siopung | 4.5

Related Post

Berkumur Setelah Sikat Gigi Boleh atau Tidak? Ini ... Gambar Gigi Via Google.co.id Menurut Centers for Disease Control (CDC), sebagian orang Amerika pada usia 30 tahun atau lebih memiliki beberapa pen...
Arti Mimpi Mengusir Harimau Menurut Primbon dan Ps... Mimpi mengusir harimau adalah sebuah pertanda kekuasaan dan lambang keberdayaan jiwa anda terhadap kondisi lingkungan saat ini . Hal ini menunjukkan b...
Arti dan Makna Mimpi Bercermin Dengan Ulasan Lengk... Mimpi bercermin atau melihat diri sendiri didepan kaca merupakan pertanda bahwa anda menyadari sebuah kekurangan dalam diri dan juga menyadari kelebih...
Arti Mimpi Sakit Menurut Berbagai Sudut Pandang Mimpi sakit merupakan simbol perubahan . Ada berbagai macam jenis penyakit yang dialami oleh para pemimpi , namun inti dari semuanya adalah bentuk per...
Monumen Nasional ( Monas ) Hari Ini Ulang Tahun Ke... Jika anda membuka halaman Google Indonesia , maka hari ini anda dapat melihat adanya Gambar Doodle yang memperingati ulang tahun monumen nasional atau...
10 Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantika... Gambar Lemon Hijau Via Pixabay Air lemon ternyata tidak hanya dikonsumsi sebagai munuman saja . Sejak dahulu kala, kandungan air perasan dari jeru...
Arti Mimpi Kehilangan Motor atau Dicuri Orang Lain Mimpi kehilangan motor adalah simbol kekhawatiran , keraguan , keputus asaan , dan kekesalan yang ada didalam diri anda . Apakah mimi tersebut memberi...
Batu Lumut Suliki Harga Jenis dan Khasiat Batu lumut ( lumuik ) Suliki merupakan salah satu varian jenis permata  terpopuler setelah idocrase sungai dareh yang berasal dari Sumatera Barat . Su...
8 Rahasia Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh ... Foto Air Kelapa Via Wikipedia.org Air kelapa merupakan minuman penghilang dahaga yang tidak hanya dibutuhkan saat anda dalam keadaan dehidrasi, te...
Arti Mimpi Berpelukan Menurut Islam dan Psikolog Berpelukan merupakan simbol dari sebuah kebutuhan batin akan perhatian dan kasih sayang . Adapun arti mimpi berpelukan dapat kita lihat melalui berbag...