6 Museum Paling Unik dan Menyeramkan di Dunia

Museum Paling Unik di Dunia

Museum Paling Unik di Dunia

Museum merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi masyarakat, terutama jika masa liburan sekolah sudah tiba. Museum dikenal sebagai lembaga untuk masyarakat umum yang mengandung unsur edukatif serta rekreatif.

Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995, museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Berdasarkan definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa museum merupakan lembaga untuk masyarakat yang menyimpan bukti-bukti materiil kebudayaan manusia untuk melestarikan kebudayan tersebut.

Pembahasan artikel kali ini adalah mengenai tujuh museum-museum yang paling aneh versi dunia. Karena pada dasarnya museum merupakan tempat untuk melestarikan kebudayaan manusia, maka masing-masing negara tentu saja memiliki sejarahnya masing-masing.


Adanya bukti-bukti materiil tersebut menawarkan masyarakat untuk dapat menengok ke jendela sejarah, sehingga mendapatkan pembelajaran mengenai kebudayaan dari negara tersebut dan dapat melestarikannya, sehingga di masa depan negara tersebut tidak melupakan budayanya sendiri.

 1. Museum Plastination

Museum Plastination

Museum Plastination

Plastination merupakan museum yang terletak di Guben, Jerman. Museum ini menyajikan proses serta hasil dari proses pengawetan kontroversial yang dikembangkan oleh Dr. Gunther von Hagens. Hagens merupakan seorang dokter yang telah mempelajari ilmu kedokteran, kimia, serta diseksi selama 39 tahun.

Proses pengawetan in disebut kontroversial karena menggunakan polimer untuk melestarikan jaringan manusia. Proses ini melibatkan pengeluaran sebagian besar air dari jaringan mayat, kemudian menggantinya dengan polimer sintetik yang berfungsi untuk melindungi tubuh selamanya sebagai model dari bahan pecobaan di bidang medis.

Hal ini biasanya dilakukan setelah kulit subjek diambil kemudian komponen-komponennya dipisahkan. Planastarium akan memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai sejarah tentang anatomi, proses grafis plastinasi, serta dapat melihat ruang pamer manusia dan juga hewan dalam pose yang menarik atau kreatif.

Baca Juga: 10 Hotel Terunik di Dunia dengan Konsep Anti-Mainstream

Dalam ruangan tersebut kebanyakan terdapat hewan seperti : jerapah dengan leher terkilir serta beberapa manusia yang secara sukarela menyumbangkan tubuh mereka untuk dijadikan sebagai subjek dalam penelitian.

2. Museum Mata-Mata Internasional

Musem Mata-Mata

Musem Mata-Mata

Berbicara mengenai mata-mata tentu saja kamu tahu bahwa peralatan yang digunakan seorang mata-mata internasional yang sudah ahli merupakan peralatan-peralatan canggih serta mahal harganya.

Untuk melihat peralatan-peralatan tersebut, salah satu museum terkenal yang letaknya di Washington DC. Museum mata-mata internasional ini menyediakan kamera mini, uang palsu, senjata terselubung, serta mesin sandi pengungkap kecerdasan manusia, dan juga alat-alat mata-mata terkenal sepanjang sejarah.

Museum mata-mata internasional ini menampilkan koleksi peralatan mata-mata terbesar yang pernah ada sekaligus menjelaskan salah satu profesi paling rahasia di dunia.

Di museum ini pengunjung dapat berpartisipasi dalam petualangan mata-mata secara interaktif, menjadi seorang mata-mata seperti yang pengunjung inginkan, serta menggali berbagai kisah yang sulit dipahami dunia melalui foto-foto bersejarah serta wawancara video.

3. Museum Kunstkamera

Museum Kunstkamera

Museum Kunstkamera

Museum aneh sekaligus menyeramkan selanjutnya datang dari Rusia, yaitu Museum Kunstkamera. Rusia menawarkan museum yang berisi mahkluk hidup dengan cacat fisik dengan total koleksi sebanyak 200.000 untuk menghilangkan ketakutan rakyat Rusia terhadap monster.

Museum yang sering disebut sebagai Peter de Great Museum of Antrophology and Ethnography ini dibuka pada tahun 1727 dengan koleksi awal seperti Siriraj Medical Museum yang terletak di Thailand, berisi mahkluk hidup dengan fisik yang tidak biasa.

Salah satu koleksi dari museum ini adalah janin yang cacat serta disimpan dalam botol kaca bening. Tidak hanya koleksi mengenai mahkluk hidup dengan kondisi tubuh yang cacat saja, museum ini juga ternyata menyimpan berbagai peralatan penyiksaan kejam, seperti hukuman yang penuh dengan paku serta bor kepala.

Baca Juga: 10 Olahraga yang Sekarang Sudah Punah di Dunia

Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi kepala manusia yang dipenggal kemudian diawetkan dalam air cuka.

4. Museum Rambut Avanos

Museum Rambut Avanos

Museum Rambut Avanos

Museum unik selanjutnya datang dari Turki, negara yang memiliki banyak pesona. Turki memiliki museum yang unik bernama museum rambut avanos. Museum ini dibangun oleh Galip Körükçü dan juga cerita sedih yang melatarbelakangi pendirian museum avanos.

Pada saat itu, Galip mendapatkan sehelai rambut tanda perpisahan dari kekasihnya yang berpindah ke kota lain. Galip yang berprofesi sebagai pengrajin gerabah membagikan kisah sedihnya ke setiap pengunjung yang datang ke tempatnya.

Mendengarkan cerita sedih Galip, para wanita tersebut menjadi iba kemudian secara sukarela menyerahkan potongan rambut mereka kepada Galip. Tepat pada tahun 1979, Galip akhirnya mendirikan museum rambut avanos, yaitu kurang lebih sekitar 38 tahun setelah kejadian tersebut berlalu.

Museum rambut avanos memiliki lebih dari 16.000 rambut wanita bersama dengan nama dan juga alamat wanita tersebut. Museum tersebut dari dinding hingga atapnya dipenuhi oleh rambut-rambut, sehingga menjadikan museum rambut avanos sebagai museum terbesar di dunia yang mengoleksi rambut.

5. Museum Kematian

Museum Kematian di Bangkok

Museum Kematian di Bangkok

Museum kematian atau rumah sakit siriraj, merupakan  lembaga medis tertua yang ada di Thailand. Disebut dengan museum kematian karena museum ini memiliki suasana sekaligus koleksi yang akrab dengan suasana kematian yang juga mencekam.

Pada saat memasuki museum kematian, pengunjung akan disambut oleh kerangka manusia. Dalam museum ini, pengunjung dapat mempelajari penyakit kanker, perkembangan janin, pendarahan pada otak, kaki serta lengan yang terpenggal, paru-paru terpotong dengan luka pisau, kepala tengkorak yang tertusuk oleh peluru, dan juga hal-hal lainnya mengenai kematian yang tidak wajar.

Museum kematian yang terkenal di Thailand ini juga menyimpan bayi-bayi dalam kondisi sakit maupun cacat, serta tengkorak dari para korban pembunuhan yang berada dalam kondisi retak.

6. Museum Mummy

Museum Mummy di Meksiko

Museum Mummy di Meksiko

Museum mummy terletak di kota kecil Guanajuato, Meksiko – dimana museum ini menyimpan warisan UNESCO berupa ratusan mayat yang dikubur diruang bawah tanah Santa Paula Pantheon selama pertengahan abad ke-19. Uniknya, mumi-mumi tersebut bukanlah mumi yang sengaja diawetkan, tetapi memang mumi alamiah dari penduduk sipil di abad ke-19 tersebut.

Para mumi tersebut merupakan warga local Guanajuato yang meninggal karena penyakit kolera pada tahun 1833. Ceritanya berawal pada tahun 1865-1958 dimana pemerintah Guanajuato menerapkan kebijakan bayar pajak untuk tanah kuburan yang berada di daerah tersebut.

Bagi yang tidak dapat membayar pajak, maka jenazah akan digali dari makam serta disimpan di dalam ruang bawah tanah kuburan hingga keluarganya mampu untuk melunasi biaya pajak. Karena banyaknya jumlah keluarga yang tidak mampu membayar pajak, maka selama bertahun-tahun mayat-mayat tersebut tersimpan rapih dibawah ruang bawah tanah kuburan.

Terkait juga dengan iklim pada kawasan tersebut, sehingga mayat-mayat yang ada menjadi mumi melalui proses yang alami. Tidak hanya orang dewasa, tetapi museum mumi juga memperlihatkan mumi-mumi bayi.

Baca Juga: 10 Barang Lelang Paling Aneh dan Kontroversial di Dunia

Demikianlah tujuh museum teraneh di dunia versi website siopung! Isi dari museum tersebut benar-benar tidak ada yang sama ya! Masing-masing museum dari masing-masing negara memiliki tujuannya masing-masing dalam menambah wawasan.

Masing-masing museum tersebut juga memiliki sejarahnya masing-masing, sesuai dengan tujuan dari museum yaitu untuk melestarikan kebudayaan yang ada pada kota atau negara tersebut. Dari ketujuh museum tersebut, readers paling ingin mengunjungi museum yang mana?