5 Hal Menarik di Balik Mitos Dilarang Duduk Di Depan Pintu

Duduk Di Depan Pintu

Duduk Di Depan Pintu

Banyak orang sudah sangat akrab dengan mitos – mitos yang lama didengar ataupun dipercaya dari cerita mulut ke mulut. Seperti yang satu ini, yaitu larangan untuk berdiri ataupun duduk di depan pintu rumah, pasti hampir semua orang sudah tahu.

Mitos yang beredar tersebut mengatakan misalnya saja wanita hamil jika menghalangi dengan duduk di depan pintu rumah dapat berpengaruh terhadap ke proses persalinan. Kemudian, ada juga yang bilang kalau duduk di depan pintu bisa membuat seseorang sulit dapat rezeki sampai jodohnya.

Alasan mitos ini sampai ada dan beredar di masyarakat sebenarnya karena dulu para wanita punya kebiasaan mencari kutu atau juga tradisi Nginang yakni yang dilakukan secara berjajar di depan pintu.

Kebiasaan serta tradisi ini terus berlangsung turun menurun akan tetapi beberapa warga merasa terganggu. Para warga tersebut kemudian menciptakan mitos yang kita kenal dengan ‘tidak boleh duduk di depan pintu‘ untuk melarang mereka.

Dari sudut pandang lain, mitos yang melarang duduk di depan pintu ini tidak hanya sekadar mitos dan bisa ditelisik dari berbagai segi. Nah, berikut ini pembahasan 5 hal menarik di balik mitos dilarang duduk di depan pintu.

1. “Duduk di Depan Pintu Susah Dapat Jodoh?”

Seperti yang sudah banyak orang dengar, katanya kalau seseorang duduk di depan pintu akan sulit dapat jodoh. Tampak tidak banyak percaya karena memang tidaklah masuk akal.

Baca juga6 Mitos Larangan Sebelum Menikah Menurut Adat Jawa

Mitos ini sengaja dibuat nampaknya agar orang tidak dengan sengaja duduk di depan pintu karena mereka tentu agaknya menghalangi jalan bagi yang ingin keluar masuk rumah, yakni termasuk yang ingin melamar mereka.

2. “Duduk di Depan Pintu Bikin Sulit Rezeki?”

Sama halnya seperti urusan jodoh, sebagian masih mempertanyakan benarkah jika duduk di depan pintu menghalangi rezeki untuk datang. Apabila ditelisik dengan logika, orang yang duduk di depan pintu memanglah mengganggu mereka yang hendak masuk.

Dari situlah kemungkinan muncul mitos ini sebab kita tidak tahu tujuan orang yang datang dan bisa saja mereka menawarkan sesuatu atau pekerjaan yang sedang ditunggu.

3. “Wanita Hamil Tidak Boleh Duduk di Depan Pintu”

Berbicara soal mitos wanita hamil, bisa jadi memanglah banyak yang bereda di masyarakat, yakni salah satunya larangan untuk duduk di depan pintu. Konon jika dilakukan nanti proses persalinan akan berlangsung lebih sulit.

Fakta dari hal tersebut ialah wanita hamil yang berlama – lama berdiam diri di depan pintu berkemungkinan tertular penyakit yang menyebar di udara atau disebut airborn disease.

Apalagi wanita hamil lebih rentan terhadap penyakit misalnya yang menular dari virus. Maka dari itu, mitos ini jika dilihat dengan kacamata logika terdapat sisi baiknya.

4. Duduk di Depan Pintu Mengundang Penyakit

Mirip dengan kasus wanita hamil tadi, duduk atau berdiam diri di depan pintu sebaiknya tidaklah dilakukan apalagi jika terlalu lama. Dari segi kesehatan saat daya tahan tubuh sedang tidak prima bisa mengundang penyakit, misalnya masuk angin.

5. Dilarang oleh Agama Islam

Bukan merupakan sesuatu yang tertulis dengan jelas bahwa duduk di depan pintu itu haram, melainkan memang Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang mempermudah kesulitan orang lain, maka Allah ta’ala akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat.”

Karena duduk di depan pintu sangatlah mengganggu mereka yang lalu – lalang, bisa jadi kebiasaan ini masuk ke kategori menyulitkan orang lain. Oleh karena itulah, sebaiknya hindari untuk duduk di depan pintu rumah.

Baca juga5 Mitos Tentang Cermin Yang Pantang Kamu Lakukan

Sekian artikel mengenai hal menarik di balik mitos dilarang duduk di depan pintu. Semoga memberikan informasi yang berguna!

5 Hal Menarik di Balik Mitos Dilarang Duduk Di Depan Pintu | anarostiana | 4.5