6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa

Mitos Kejatuhan Cicak

Mitos Kejatuhan Cicak

Cicak adalah hewan unik yang selalu berada di dinding-dinding rumah. Ia adalah hewan yang memangsa serangga atau nyamuk. Dalam berbagai kebudayaan dan agama, hewan ini sering disebutkan memiliki energi negatif bagi manusia. Bahkan di dalam islam, kita dianjurkan untuk memburu hewan tersebut.

Uniknya, konon jika ada saat seseorang sedang berbicara dan cicak berbunyi. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut sedang berkata jujur, dan apapun yang disebutkan akan terjadi dalam waktu dekat.

Tidak hanya di indonesia, mitos tentang cicak sudah berlangsung lama dan dipercaya dalam berbagai kebudayaan di dunia. Didalam tradisi masyarakat hindu, jika seekor cicak terjatuh di kepala, maka hal ini merupakan pertanda datangnya seseorang yang akan mengganggu ketenangan hidupmu dan pikiranmu.

Tetapi jika seekor cicak menempel di rambut, maka hal ini merupakan pertanda baik. Dimana dipercaya bahwa kamu akan mendapatkan yang kamu inginkan dengan cepat. Dalam kepercayaan hindu, cicak yang masuk dirumah merupakan jelmaan atau avatar Dewi Lakshimi.

Selain beberapa yang disebutkan diatas, berikut ini adalah mitos mainstream tentang cicak yang kami kumpulkan dari berbagai tradisi dan agama.

1. Kejatuhan Cicak Pertanda Akan Mendapat Sial

Arti Kejatuhan Cicak

Arti Kejatuhan Cicak

Ada sebuah pepatah yang menyatakan bahwa “sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan terjatuh juga”. Begitu pula hal nya dengan cicak yang merupakan hewan yang sangat pandai merayap didinding dan berlari lincah di langit-langit rumah pasti bisa terjatuh juga.

Namun apabila tupai terjatuh bukanlah perkara yang dikhawatirkan oleh kita, tetapi jika cicak yang jatuh akan menjadi satu kejadian yang bisa dibilang kramat bagi kita dan sebaiknya menghindari adanya cicak yang jatuh di tubuh kita.

Menurut primbon , apabila ada seekor cicak yang terjatuh menimpah anggota tubuh kita, maka itu pertanda bahwa kesialan akan segera terjadi pada diri kita. Sebaiknya menghindari berpergian atau bertemu dengan orang lain.

Karena dianggap bahwa cicak itu adalah hewan yang jahat, bahkan dalam sudut pandang islam disunnahkan bagi kita untuk membunuh cicak.

Dalam islam, cicak dianggap sebagai hewan fasiq dan memberikan dampak yang buruk bagi manusia. Seperti dalam sebuah hadist dinyatakan bahwa “ Barang siapa membunuh cicak dalam sekali pukul, maka ditulis untuknya seratus kebaikan, dan dalam dua kali pukulan kurang dari itu (seratus kebaikan) dan dalam tiga kali pukulan kurang dari itu” (H.R Muslim).

Sehingga cicak yang terjatuh di tubuh kita menjadi lambang akan sebuah kesialan. Kesialan yang akan diperoleh saat kita kejatuhan cicak misalnya seperti apapun yang sedang kita harapkan pada hari itu tidak akan kita peroleh, berbagai hal akan menimpah kita dan membuat kita merasa dirugikan.

Baca juga

Maka dari itu ternyata perlu juga bagi kita untuk berhati – hati ketika berjalan di rumah ataupun disebuah gedung. Karena bukan hanya berjalan dijalan raya saja yang bisa membuat kita tersandung , tapi di dalam rumah juga sama bahayanya loh kalau kita sudah kejatuhan yang namanya cicak.

2. Kejatuhan Cicak Berarti Akan Kehilangan Orang Disayangi

Mitos Tentang Cicak

Mitos Tentang Cicak | Lizard By Awn.com

Maksud dari orang yang disayangi bermacam-macam. Seperti orang tua, pasangan, teman, atau sahabat. Jika tubuhmu mengenai cicak yang terjatuh, hal ini diyakini menandakan adanya hal buruk yang terjadi dengan orang yang kamu sayangi. Bahkan diyakini pertanda datangnya sebuah berita kematian.

Selain itu, konon cicak juga merupakan pertanda datangnya sebuah pertikaian atau kegaduhan. Bukan tidak mungkin jika kamu akan mengalami sebuah kegaduhan dengan pacara atau teman. Hal ini bisa saja menimbulkan perpisahan dalam hubungan anda. Untuk menghindari ini, mitosnya kita harus mengganti baju atau pakaian yang terkena cicak.

Dalam pertemanan, kejatuhan cicak menandakan adanya sebuah permusuhan atau pertikaian. Kamu sebaiknya menghindari sebuah kegaduhan atau perdebatan setelah terkena cicak untuk menghindari hal-hal buruk dari hubunganmu dengan teman.

3. Kejatuhan Kotoran Cicak Berarti Akan Sakit

Cicak dipercaya dapat memberi kabar masa depan. Konon cicak dijadikan media oleh para dukun atau paranormal untuk mengirimkan penyakit atau santet. Oleh sebab itu, banyak orang yang menghindari cicak saat berada tepat diatas kepala.

Jika kamu kejatuhan kotoran cicak, sebaiknya membersihkan diri dan menghindari aktifitas berlebih diluar rumah. Mitosnya, seseorang yang kejatuhan kotoran cicak akan mengalami kesehatan yang menurun.

Salin itu, secara finansial dipercaya akan mendatangkan sebuah kerugian. Seperti bisnis yang sepi dan adanya seseorang yang berniat buruk kepadamu.

4. Cicak Terjatuh Di Kaki

Misteri Tentang Cicak

Misteri Tentang Cicak

Dalam tradisi hindu, jika ada seeokor cicak yang terjatuh dan mengenai kaki atau paha, maka hal ini merupakan pertanda ketakutan dan nasib buruk. Biasanya hal ini merupakan pertanda datangnya kerugian finansial, kesehatan yang menurun, dan perencanaan yang gagal.

Namun dalam mitos umum lainnya, hal ini merupakan pertanda bahwa kamu akan berpergian ke suatu tempat. Tetapi jika cicak memanjat di kaki, maka hal ini merupakan pertanda keburukan yang terjadi dalam waktu dekat ini. Hal ini biasanya berkaitan dengan seseorang yang mempersulitmu atau merugikanmu.

5. Cicak Jatuh Di Tangan

Jika seekorang cicak jatuh tepat di tangan, konon hal ini merupakan pertanda baik. Umumnya merupakan pertanda datangnya pekerjaan baru, datangnya keuangan yang positif, dan adanya pujian yang akan datang dari orang-orang disekitarmu atas pekerjaanmu selama ini.

Baca juga

Di Eropa, orang percaya jika cicak memanjat di tangan, hal ini merupakan pertanda bahwa kamu akan menolong banyak orang. Selain itu hal ini juga dipercaya jika akan datang seseorang yang meminta pertolonganmu.

6. Cicak Jatuh Di Punggung atau Bokong

Dalam kepercayaan hindu, jika seekor cicak tepat jatuh di punggung, maka hal ini merupakan pertanda kehancuran. Kamu akan menanggung sebuah beban yang sangat berat. Kemungkinan hal ini terjadi didalam keluarga atau hubungan sosial.

Dalam kepercayaan yang sama, jika hewan ini terjatuh di bokong, maka hal ini merupakan pertanda bahwa baik. Kamu akan mendapatkan teman baru, uang yang banyak, atau peningkatan pekerjaan yang positif.

 

6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa | Siopung | 4.5