19 Mitos Kucing Hitam Dari Seluruh Dunia Hingga Indonesia

Mitos Kucing Hitam
Mitos Kucing Hitam

Mitos kucing hitam diyakini tidak hanya di indonesia saja, ia juga memiliki cerita urban legend tersendiri di beberapa negara di dunia. Apakah kamu juga termasuk orang yang percaya dengan mitos mengenai kucing hitam ini?

Kucing hitam selalu dikaitkan dengan beragam hal aneh, baik hal yang mendatangkan keberuntungan maupun mendatangkan malapetaka.

Meski ada juga yang percaya bahwa kucing hitam bisa membawa keberuntungan, sayangnya kucing hitam lebih banyak dikaitkan dengan hal buruk yang akan menimpa seseorang.

Mitos-mitos ini ternyata tidak hanya dipercaya sebagian besar orang Indonesia saja, tetapi juga orang-orang di berbagai negara.


Ada banyak mitos mengenai kucing hitam yang mungkin akan membuatmu merasa heran.

Mitos Kucing Berwarna Hitam

Kucing yang sebenarnya sangat lucu dan manja pada pemiliknya memiliki artian lain jika memiliki bulu berwarna hitam. Entah, mitos tentang kucing hitam ini benar-benar layak dipercaya atau hanya dapat dianggap hiburan semata.

Dari zaman dulu, kucing hitam memiliki peran yang penting, baik dalam cerita rakyat, takhayul, maupun mitologi. Ada yang menganggap bahwa kucing hitam adalah hasil reinkarnasi dari seorang penyihir.

Selain itu, ada juga yan menganggap bahwa kucing hitam adalah roh jahat yang menjadi pelayan atau teman penyihir.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui mitos-mitos tentang si kucing hitam ini, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Artikel ini akan menunjukkan beberapa mitos yang dipercaya di beberapa negara tentang kucing hitam, termasuk Indonesia.

1. Kelahiran Anak Si Kucing Hitam

Boleh percaya boleh tidak. Di beberapa negara, termasuk Indonesia ada saja mitos tentang lahirnya anak kucing yang berwarna hitam.

Jika ada kucing hitam yang melahirkan empat anak dengan bulu berwarna belang si rumah, artinya si pemilik rumah akan mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

 Selain itu, jika ada kucing hitam yang melahirkan tujuh anak di sekitar rumah, maka si pemilik rumah akan menjadi seorang yang kaya raya.

Kamu yang percaya dengan mitos ini bisa mencobanya dengan merawat kucing hitam dan membiarkan mereka melahirkan di rumahmu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan bukti kebenaran dari mitos yang satu ini.

2. Kedatangan Kucing Hitam Liar ke Rumah

Beberapa orang percaya bahwa ada mitos untuk tidak mengusir kucing hitam yang datang ke rumah karena kucing ini akan membawa rejeki dan keberuntungan bagi si pemilik rumah.

Jika kucing hitam liar datang ke rumah dan dia merasa betah di rumah yang didatanginya, maka hal ini bisa menjadi pembawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

Jadi jika ada kucing hitam yang datang di rumah, perlakukan dengan baik. Buat si kucing hitam ini betah tinggal di rumahmu. Siapa tahu mitos ini memang bisa sedikit kamu percaya.

Baca Juga : 5 Tanda Hewan Peliharaan Kamu Melihat Sosok Hantu

3. Menabrak Kucing Hitam akan Membawa Malapetaka

Sebagian besar orang masih percaya dengan mitos yang satu ini. Jika kamu menabrak kucing hitam sampai mati dan tidak langsung menguburnya, maka kamu tertimpa kesialan yang cukup besar.

Ada lagi mitos lain ketika kamu menabrak kucing hitam sampai si kucing terluka, kamu akan terserang penyakit yang berat. Kamu bisa menangkal malapetaka itu jika kamu merawat si kucing hitam sampai lukanya benar-benar sembuh.

4. Larangan Berjalan di Jalan yang Dilalui Kucing Hitam

Ada satu mitos yang mungkin masih dipercaya oleh beberapa orang. Ada larangan untuk berjalan di jalan yang dilalui oleh kucing hitam. Jika kamu melanggarnya, maka kamu akan mendapatkan kesialan atau terkena celaka.

Inilah alasan kenapa ada beberapa orang yang memilih berjalan di jalan lain yang tidak di lalui oleh kucing hitam.

Mereka tidak mau mendapatkan kesialan hanya karena melanggar larangan yang sebenarnya hanyalah sebuah mitos yang belum tentu kebenarannya.

5. Dilarang Memukul Kucing Hitam

Sebenarnya tidak hanya kucing hitam saja, melainkan juga untuk kucing lainnya. Sebagai makhluk hidup, kucing adalah salah satu hewan yang harus disayang, bukan malah disakiti dengan kejam.

Di Indonesia khususnya, ada mitos bahwa jika kamu memukul kucing hingga terluka, maka rezekimu akan berkurang selama dua tahun lamanya.

Sedangkan jika kamu memukul kucing hitam sampai mati, kamu akan mengalami banyak kesialan dalam jangka waktu yang lama kecuali kamu keramas dengan kembang tujuh rupa.

6. Melihat Kucing Hitam

Jika kamu melihat kucing hitam di persimpangan jalan, hal itu akan membuatmu mendapatkan kesialan. Ada banyak mitos di beberapa negara tentang malapetaka atau kesialan yang akan datang ketika kamu melihat kucing hitam.

Posisi saat melihat kucing hitam juga menentukan keberuntungan atau kesialan yang akan kamu dapatkan. Jika kamu melihat kucing hitam dari arah belakang, maka yang akan kamu dapatkan adalah hal buruk.

Tetapi jika kamu melihat kucing hitam dari arah depan, maka yang akan kamu dapatkan adalah keberuntungan.

Selain itu, ada juga mitos yang menyebutkan bahwa jika kamu melihatnya dalam mimpi, kamu bisa mendapatkan keberuntungan. Sepertinya akan lebih baik jika melihat kucing hitam di dalam mimpi saja, tidak dalam dunia nyata.

7. Orang Meninggal Kembali Hidup Saat Dilangkahi Kucing Hitam

Mitos yang satu ini memang cukup mengerikan. Bagaimana mungkin orang yang sudah meninggal bisa hidup kembali hanya karena ada kucing hitam yang melangkah di atasnya. Tetapi nyatanya sampai saat ini masih saja ada yang percaya dengan mitos ini.

Konon, roh orang yang dilangkahi oleh kucing hitam akan dikuasai oleh roh jahat yang ada di dalam jiwa kucing hitam. Itulah alasan kenapa banyak orang akan mengusir kucing hitam saat berkeliaran di sekitar orang yang sudah meninggal.

8. Kucing Hitam Pembawa Tanda Kematian

Mitos selanjutnya adalah tentang kucing hitam yang bisa menunjukkan tanda bahwa ada seseorang yang akan meninggal dalam waktu dekat. Mitos ini di percaya di negara Jerman dan Italia.

Jika ada kucing hitam yang melompat ke tempat tidur orang yang sedang sakit keras, artinya orang itu akan segera meninggal. Mitos ini juga sudah pernah diangkat dalam sebuah film loh.

9. Kucing Hitam Sebagai Kado Pernikahan

Selanjutnya adalah mitos dari Inggris. Di sana kucing ternyata bisa dijadikan sebagai pembawa keberuntungan bagi pengantin jika dijadikan sebagai kado pernikahan.

Jadi, kamu bisa banget nih menjadikan kucing hitam sebagai kado pernikahan yang unik dan menarik. Siapa tahu mitos ini benar-benar bisa dipercaya meski hanya sedikit.

Baca Juga : 10 Mitos Jodoh Yang Tidak Boleh Kamu Percayai Begitu Saja

10. Mitos Cewek Jepang yang Memelihara Kucing Hitam Bisa Mudah Mendapatkan Jodoh

Kucing Hitam Merupakan Lambang Keberuntungan di Jepang
Kucing Hitam Merupakan Lambang Keberuntungan di Jepang

Selain mitos tentang nilai positif kucing hitam yang dijadikan kado pernikahan, kucing hitam juga bisa membuat kamu enteng jodoh, katanya.

Di Jepang, beberapa cewek percaya jika mereka memelihara kucing hitam, maka akan lebih banyak cowok yang tertarik kepadanya. Ada juga yang menganggap bahwa memelihara kucing hitam akan membuat orang yang memeliharanya cepat dilamar oleh sang kekasih.

Wah, menarik juga ya. Untuk kamu yang sampai saat ini masih belum menemukan jodohmu, coba saja pelihara kucing hitam. Mungkin dengan begitu jodohmu akan lebih cepat datang.

11. Jilatan Kucing Hitam Membawa Keberuntungan

Mitos selanjutnya adalah tentang jilatan kucing hitam. Beberapa orang masih mempercayai mitos ini. Jika ada kucing yang menjilati kakimu, maka kamu akan mendapatkan rejeki atau keberuntungan dalam rentan waktu dua bulan. 

12. Kucing Hitam dengan Pola Putih di Kening

Untuk kamu yang ingin mencoba memelihara kucing hitam, cobalah untuk memelihara kucing hitam dengan pola putih di keningnya. Kucing hitam jenis ini katanya sih akan mendatangkan rejeki yang melimpah bagi pemiliknya.

Tidak hanya itu, kucing hitam jenis ini juga akan membuat kehidupan si pemilik dipenuhi oleh banyak keberuntungan.

13. Bulu Kucing Hitam Bisa Dijadikan Jimat

Mitos ini nampaknya juga ada di Indonesia. Mitos ini tentang bulu kucing yang katanya bisa dikeringkan dan disimpan sebagai jimat. Dengan jimat bulu kucing hitam, katanya sih kamu bisa mendapakan banyak keberuntungan.

14. Kucing Hitam Memotong Jalan, Hati-hati dengan Urusan atau Usahamu

Ketika kamu sedang berjalan dan secara tiba-tiba ada kucing hitam lewat di depanmu dan memotong jalanmu, menurut mitos hal ini bukanlah hal yang baik.

Kamu harus berhati-hati dengan urusan atau usahamu. Katanya sih jika ada kucing hitam yang memotong jalanmu, artinya urusan atau usahamu akan sia-sia

15. Kucing Hitam yang Hendak Menyeberang

Hampir sama dengan mitos tentang kucing hitam yang memotong jalan, mitos yang satu ini juga menjadi pertanda buruk.

Jika kamu melihat kucing hitam yang hendak menyeberang tetapi tidak jadi, urusanmu akan menemui kebuntuan atau bahkan sampai mengalami kegagalan.

Selain itu, ada juga mitos di Normandia yang menyebutkan jika kamu menyeberang jalan saat bulan purnama dan melihat kucing hitam, maka kamu akan terkena suatu wabah penyakit.

16. Melihat Kucing Hitam Saat Sedang Mengemudi di Jalan

Mitos yang satu ini mungkin akan terlihat konyol.

Tetapi nyatanya masih saja ada orang yang percaya jika kamu sedang mengemudi dan ada kucing hitam yang melintasi jalanmu, maka kamu harus memutar topimu ke belakang dan memberi tanda X di depan mobilmu untuk menolak bala atau malapetaka.

Terdengar tidak masuk akal memang. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa di zaman modern seperti sekarang pun masih ada saja orang yang mempercayai mitos-mitos seperti ini.

17. Kucing Hitam Bisa Dijadikan Penangkal Roh Jahat

Sejak dulu kucing hitam memang identik dengan keberadaan roh. Ada beberapa orang yang menganggap kucing hitam adalah jelmaan dari roh jahat itu sendiri. Tetapi ternyata ada mitos lain yang mengungkap hal sebaliknya.

Ada mitos yang mengungkapkan bahwa kucing hitam justru bisa menjadi penangkal roh jahat yang bisa mengganggu pasangan pengantin.

Mungkin hal ini juga yang menjadi alasan lahirnya mitos tentang kucing hitam yang baik untuk dijadikan kado pernikahan.

18. Kucing Hitam Dipenuhi dengan Hal Berbau Mistis

Ada yang percaya bahwa kucing hitam adalah jelmaan dari penyihir. Tapi penyihir pada mitos ini bisa diartikan sebagai hal yang positif.

Si kucing hitam ini bisa mendatangkan keberuntungan untukmu jika kamu memperlakukan dia dengan baik, seperti memberi makan dan memberi tempat tinggal yang layak untuknya.

Sebagai imbalannya kamu akan mendapatkan keberuntungan dan kekayaan yang melimpah.

19. Kucing Hitam Adalah Titisan dari Dewa Panen

Yang terakhir ada mitos di Latvia bahwa kucing hitam itu adalah titisan dari dewa panen. Sehingga beberapa orang percaya jika ada kucing hitam yang bermain di ladang atau kebun para petani, maka panen ladang atau kebun tersebut akan melimpah.

Kepercayaan tentang panen melimpah itu berhubungan erat dengan kepercayaan para petani di Latvia bahwa kucing hitam memiliki kaitan dengan dewa panen yang bernama Rungis.

Baca Juga : 7 Arti Kejatuhan Kotoran Burung Menurut Mitos Jawa

Nah, itulah beberapa mitos yang ada mengenai kucing hitam. Meski sering dianggap pembawa malapetaka, nyatanya masih ada beberapa mitos yang mengungkapkan bahwa kucing hitam juga pembawa keberuntungan. 

Kembali lagi, mitos adalah suatu hal yang belum terbukti secara penuh tentang kebenarannya. Untuk itu, mungkin ada baiknya jika mencari fakta terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk percaya pada mitos-mitos seperti ini.