6 Mitos Pantangan Tentang Makan Menurut Tradisi Jawa

Mitos Pantangan Tentang Makan Jawa

Mitos Pantangan Tentang Makan Tradisi Jawa

Adat Jawa terkenal sebagai adat yang rumit. Tidak hanya mengatur pernikahan atau tradisi spesial lainnya, ia juga mengatur hal-hal keseharian seperti tidur, mandi, dan makan.

Walaupun kepercayaan akan mitos adat Jawa mulai berkurang di era globalisasi ini, mitos-mitos tersebut tetap menarik untuk disimak, lho! Terutama karena ternyata, di balik “ketidakrasionalannya”, beberapa mitos tersebut dapat dihubungkan dengan logika sehari-hari. Termasuk juga mitos tentang makanan.

Oleh karena itu, yuk, cari tahu seluk-beluk mitos-mitos tersebut! Siapa tahu, kamu sering melakukan salah satunya.

1. Perempuan Yang Belum Menikah Tidak Boleh Makan Sayap Ayam

Pantangan Makanan Menurut Tradisi Jawa

Pantangan Makanan Menurut Tradisi Jawa

Apakah kamu seorang gadis yang sedang mengharapkan jodoh?

Jika ya, mungkin ada baiknya jika kamu memilih bagian ayam yang lain (bukan sayap) saat makan. Pasalnya, sebelum menikah kamu tidak boleh memakan sayap ayam, konon katanya kamu akan dijauhkan dari jodoh kamu, lho!

Sebenarnya, jika ditelisik menggunakan nalar, mitos ini cukup masuk akal. Selama ini, sayap ayam identik sebagai bagian dari ayam yang mengandung paling banyak lemak dan paling sering disuntik hormon.

Jika kamu memakannya dalam jumlah besar, tubuh kamu pastilah jadi tidak sehat. Kamu bisa terkena obesitas (kelebihan berat badan), juga bisa terkena masalah jerawat akibat ketidakstabilan hormon. Kamu juga bisa terkena penyakit berbahaya, lho!

Wah, wajar saja kalau “jodoh” kamu menjauh, kan?

2. Jangan Mengambil Makanan di Meja Sebelum Orang yang Lebih Tua Mengambilnya Lebih Dulu

Makanan Di Meja

Makanan Di Meja

Menurut adat Jawa, hukum mengambil makanan di meja sebelum orang yang lebih tua mengambilnya adalah pamali.

Jika kamu nekat melakukannya, konon rezeki kamu akan terhambat. Kamu juga bisa mendapat karma buruk di kemudian hari, seperti tidak dihormati oleh orang lain.

Namun, sama seperti mitos pertama, mitos ini juga masuk akal apabila dipikirkan lebih lanjut. Sebagai adat yang penuh sopan santun dan amat menghormati orang tua, adat Jawa mendahulukan dan mengistimewakan orang tua dalam segala hal.

Oleh karena itu, jika kamu melanggar mitos di atas, kamu bisa dicap sebagai pribadi yang tidak sopan. Hal ini tentu merugikan diri kamu sendiri dalam berbagai hal, seperti berkurangnya kesempatan promosi kerja untuk kamu.

3. Jangan Makan Menggunakan Penutup Makanan Sebagai Wadah

Makan Dengan Penutup Panci

Makan Dengan Penutup Panci

Kadang-kadang, terutama dalam restauran bintang lima, makanan disajikan di atas piring dan ditutupi oleh penutup. Penutup itu sendiri berbentuk cekung, persis seperti mangkok.

Namun, walaupun bentuk penutup mirip dengan mangkok, jangan coba-coba menggunakan penutup makanan sebagai wadah, ya! Dalam adat Jawa, hal itu dianggap pamali. Jika kamu nekat melakukannya, pasti ada hal buruk yang akan menimpa kamu nantinya.

Walaupun terkesan mengada-ngada, mitos ini juga didukung oleh nalar, lho. Logikanya, jika kamu makan menggunakan penutup sebagai wadah, kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak tahu etika.

Baca juga10 Fakta Dan Mitos Unik Dagu Terbelah Yang Jarang Diketahui

Orang-orang pun mungkin akan bergunjing tentang kamu, sehingga akhirnya merugikan diri kamu sendiri.

4. Jika Makan Sambil tidur, Manusia Akan Berubah Jadi Ular

Makan Sambil Tidur

Makan Sambil Tidur

Mitos ini mungkin merupakan salah satu mitos yang paling tidak masuk akal, mengingat perubahan spesies amat tidak mungkin terjadi. Apalagi hanya karena makan dalam posisi tidur (tengkurap atau telentang).

Namun, walaupun manusia tidak akan berubah jadi ular, makan sambil tidur tetap tidak dianjurkan, lho. Menurut sains, makan dalam posisi tidur akan membuat asam lambung kamu lebih mudah naik. Kamu juga berisiko untuk tersedak.

Ngomong-ngomong, mitos ini adalah salah satu mitos terfavorit para ibu yang digunakan untuk membuat anak makan dalam posisi duduk. Bagaimana pun juga, anak akan lebih mudah menurut jika “ditakut-takuti” menggunakan sosok ular, daripada saat dijelaskan tentang asam lambung.

Selain itu juga, di berbagai tradisi pantangan makan sambil tidur banyak disebutkan. Selain bisa berubah menjadi ular, orang tua percaya bahwa bagi pria atau wanita yang suka makan sambil tidur akan mendapatkan jodoh yang pemalas. Ini adalah salah satu mitos jodoh yang paling populer.

5. Jangan Memakan Buah Bersama Bijinya

Biji Buah

Biji Buah

Walaupun buah adalah makanan bergizi yang menyegarkan, jangan memakan buah bersama bijinya, ya! Menurut adat Jawa, biji buah yang tertelan dapat tumbuh jadi tanaman di kepala.

Namun, sama seperti mitos makan sambil tidur, mitos ini hanyalah mitos yang digunakan oleh para ibu agar anak tidak memakan biji. Bagaimana pun juga, biji yang tertelan dapat membahayakan pencernaan anak, terutama saat tersangkut di usus buntu.

Selain itu, tidak memakan biji juga membuat biji tersebar ke tanah dan tumbuh menjadi tanaman baru, sehingga lingkungan pun menjadi lebih hijau.

Setelah membaca uraian di atas, bagaimana pendapat kamu? Apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikan salah satu mitosnya?.

6. Makan Di Depan Rumah

Makan Di Depan Rumah

Makan Di Depan Rumah

Untuk yang satu ini mungkin kamu sudah pernah dengar. Dalam tradisi jawa, makan di depan rumah atau depan pintu sangatlah dilarang oleh orang tua dahulu. Tradisi ini sampai sekarang masih banyak diterapkan terkhususnya oleh masyarakat jawa itu sendiri.

Bagi yang mereka yang percaya, makan di depan rumah dapat menjauhkan dari rezeki dan jodoh.

Secara logika, larangan makan di depan rumah esensinya menjaga kesopanan dari orang-orang yang melihat. Adapun di jaman dahulu makanan adalah barang yang sulit didapatkan. Memiliki makanan, jika dimakan didepan rumah, maka akan banyak orang yang melihat.

Baca juga6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, dan Primbon Jawa

Hal ini tentu saja sangat tidak sopan ditengah masyarakat yang banyak kelaparan . Menunjukkan makanan di depan rumah merupakan perlambang kesombongan pada masa itu.

6 Mitos Pantangan Tentang Makan Menurut Tradisi Jawa | nur azizah | 4.5