5 Mitos Tentang Cermin Yang Pantang Kamu Lakukan

Mitos Tentang Cermin

Mitos Tentang Cermin

Selama ini, mungkin kamu hanya menyadari bahwa fungsi cermin adalah alat perefleksi biasa. Bisa untuk merefleksikan wajah saat ingin berdandan, atau merefleksikan ruangan sehingga tampak lebih luas dari aslinya.

Namun, sebenarnya, cermin bukan alat biasa, lho! Di balik fungsinya yang sederhana, tersimpan mitos-mitos tentangnya dari berbagai kepercayaan, bahkan termasuk kepercayaan Romawi. Cermin seringkali tidak dianggap sebagai perefleksi raga saja, tetapi juga jiwa.

Bagi kamu yang sering menggunakan cermin, kamu pasti penasaran, kan, apa saja mitos-mitos yang berhubungan dengan benda itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mitos Bayi Tidak Boleh Sering-Sering Melihat Cermin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bayi atau balita yang belum bisa berbicara memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus, walaupun pada kebanyakan orang, kemampuan itu perlahan-lahan memudar seiring dengan bertambahnya usia.

Ngomong-ngomong, apabila anak atau adik bayi kamu sedang tertawa-tawa sendiri, ada kemungkinan ia sedang “bermain” dengan makhluk halus, lho!

Oleh karena itu, bayi dikabarkan tidak boleh sering-sering melihat cermin, karena makhluk halus akan lebih mudah berinteraksi dengan bayi melalui cermin. Jika makhluk halus tersebut tidak memiliki niat jahat, sih, tidak masalah.

Namun, bagaimana jika akhirnya ia menggangu?

2. Mitos Jangan Memecahkan Cermin

Larangan Memecahkan Cermin

Larangan Memecahkan Cermin

Bagi kamu yang kerap bersikap sembrono, ada baiknya apabila kamu berhati-hati saat berada di dekat cermin. Pasalnya, menurut mitos yang beredar, kamu akan tertimpa nasib buruk selama tujuh tahun lamanya apabila kamu memecahkan cermin, lho! Wah, waktu yang cukup lama, bukan?

Selain itu, menurut kepercayaan Romawi, sebagian kecil dari jiwa kamu terjebak di dalam cermin apabila kamu memecahkan cermin.

Lantas, bagaimana jika kamu telanjur memecahkan cermin?

Jawabannya, kamu harus segera membuang pecahan tersebut. Jangan sampai ada yang tertinggal, apalagi sampai membuat orang lain terluka. Selain itu, cobalah untuk berdoa dan menghindari kesialan yang bisa saja menghampiri kamu.

3. Mitos Apabila Bayangan di Cermin Terdistorsi

Bayangan Cermin Seram

Bayangan Cermin Seram

Selama ini, cermin yang “tidak sempurna” mungkin tidak memiliki pengaruh apa-apa bagi kamu. Kamu sendiri menganggapnya sebagai hal wajar yang tak perlu dipusingkan.

Baca juga6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa

Namun, tahukah kamu? Menurut mitos, apabila bayangan kamu di cermin terdistorsi dengan cara apa pun, ajal akan segera menjemputmu.

4. Mitos Memanggil Hantu Menggunakan Cermin

Bagi kamu yang akrab dengan permainan-permainan pemanggil hantu, kamu pasti menyadari bahwa sebagian di antara permainan tersebut membutuhkan cermin sebagai medianya. Salah satunya adalah Bloody Mary, permainan asal Amerika Serikat yang sempat booming pada masanya.

Bagaimana lagi? Menurut mitos, hantu memang suka menampakkan diri di cermin, dan paling mudah menghantui manusia melalui cermin.

Konon katanya, apabila kamu berdiri di depan cermin pada tengah malam, di tengah ruangan yang remang-remang, dan sepi, kamu akan menemukan bayangan hantu berdiri di belakang kamu. Namun, apakah itu benar-benar hantu atau hanya halusinasi belaka, masih menjadi topik perdebatan hingga saat ini.

5. Mitos Jangan Tidur Memunggungi atau Menghadap Cermin

Cermin Seram

Cermin Seram

Konon katanya, apabila kamu meletakkan cermin di depan tempat tidur, kamu bisa cepat tua. Apabila dipikirkan lebih lanjut, sebenarnya hal ini cukup masuk akal, mengingat cermin kerap membuat kualitas tidur kamu berkurang.

Regenerasi kulit yang berlangsung saat kamu tidur pun terganggu, sehingga wajah kamu pun terlihat lebih tua.

Penjelasan rasional lainnya adalah dengan melihat cermin, kamu akan terlalu sering melihat kekurangan-kekurangan di wajah kamu, sehingga kamu merasa lebih tua. Perasaan itu pun jadi terefleksi secara nyata di wajah kamu.

Baca juga5 Mitos Menyeramkan Yang Dapat Memancing Hantu Datang

Sementara itu, mitos memunggungi cermin berkaitan erat dengan ilmu Feng Shui. Tidur membutuhkan banyak energi yin, sementara cermin bersifat mematahkan energi. Akibatnya, saat bangun tidur, kamu pun merasa lelah dan tidak bersemangat.

5 Mitos Tentang Cermin Yang Pantang Kamu Lakukan | nur azizah | 4.5