11 Mitos Tentang Jodoh Yang Terbukti Banyak Dipercaya

Mitos Tentang Jodoh

Mitos Tentang Jodoh

Setiap manusia diciptakan berpasang – pasangan. Sayangnya, kita tidak tahu siapa yang akan menjadi pasangan kita kelak sebab jodoh memang di tangan Tuhan dan menjadi sebuah misteri.

Berbicara soal jodoh, semua orang pastinya tidak tahu siapa jodohnya dan kapan akan bertemu dengan mereka. Hal tersebut terkadang membuat sebagian orang khawatir terlalu lama bertemu jodoh mereka. Biasanya mereka jadi galau dan mempertanyakan keberadaan pasangan yang diberikan oleh Tuhan ini.

Di Indonesia sendiri banyak beredar mitos yang berkaitan tentang jodoh. Apa sajakah mitos – mitos tersebut?

Simaklah di bawah ini deretan mitos yang konon katanya membuat jodoh gampang datang atau bahkan menjauhkan.

1. Mengambil Bunga Melati Pengantin Diam – Diam

Mitos Bunga Melati Tentangg Jodoh

Mitos Bunga Melati Tentangg Jodoh

Mitos yang satu ini sering didengar dari perkataan orang tua zaman dulu. Meskipun agak aneh dan tak masuk akal, mitos ini masih tetap beredar bahkan beberapa ada yang percaya.

Di mitos ini dikatakan bawah kalau seseorang mengambil bunga melati milik pengantin wanita secara diam – diam, dalam waktu dekat ia akan menikah.

Rangkai bunga melati yang disematkan di kepala pengantin wanita ini kemudian sering ‘diburu’ oleh beberapa orang yang mampercayai mitos tersebut.

Baca Dulu6 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Islam, Hindu, Dan Primbon Jawa

Satu yang paling penting tentunya adalah jangan sampai ketahuan saat berusaha mengambilnya. Mereka percaya jika berhasil jodohnya akan segera datang.

2. Mandi Di Tujuh Sumur

Mitos Jodoh Mandi 7 Sumur

Mitos Jodoh Mandi 7 Sumur

Satu lagi yang sering dikatakan orang tua zaman dulu soal mitos gampang jodoh adalah tentang mandi yang bisa mendekatkan jodoh. Bukan sekadar mandi biasa, melainkan yang satu ini perlu dilakukan di tujuh sumur yang berbeda.

Dahulu para orang tua berulang kali mengingatkan anak gadisnya untuk selalu mandi di tujuh sumur yang berbeda agar tak sulit jodoh. Kedengarannya memang nggak masuk akal tetapi mitos ini masih dipercayai beberapa orang.

Bahkan, sampai sekarang pun masih ada yang melakukan kegiatan mandi di tujuh sumur berbeda ini demi mendatangkan jodoh yang cepat.

3. Mendapatkan Lemparan Buket Bunga Pengantin

Mitos Jodoh Lemparan Buket Bunga Pengantin

Mitos Jodoh Lemparan Buket Bunga Pengantin

Mitos yang satu ini pastinya sering didengar. Tak hanya di kehidupan sehari – hari, bahkan di banyak film pun ada yang menampilkan mitos gampang jodoh ini.

Di mitos yang sering didengar ini dikatakan bahwa kalau kita mendapatkan buket bunga yang dilemparkan pengantin maka kita akan bertemu jodoh dalam waktu dekat.

Buket bunga dilempar dengan cara pasangan penganti membelakangi orang – orang yang hendak menangkapnya yang biasanya kumpulan para wanita atau pria lajang.

Saat salah satu dari mereka berhasil mendapatkan buket bunga tersebut, konon dalam waktu enam bulan seseorang yang beruntung ini juga akan menyusul ke pelaminan.

Banyak yang percaya dengan mitos ini. Meskipun meragukan mitos buket bunga pengantin ini, mereka yang datang ke acara pernikahan tersebut biasanya tetap ikut – ikutan berusaha mendapatkannya.

4. Duduk Di Depan Pintu Membuat Sulit Jodoh

Duduk Di Depan Pintu

Duduk Di Depan Pintu

Satu lagi mitos tentang jodoh yang pasti sering kita dengar. Jangan duduk di depan pintu nanti sulit jodoh, begitu katanya. Sebagian percaya dan sebagia orang lagi menganggap itu tidak masuk akal.

Para orang tua zaman dulu bilang kalau wanita perawan duduk di depan pintu akan menghalangi jodoh yang hendak datang. Asalnya mau masuk, tapi nggak jadi karena dihalangi, kira – kira seperti itu yang terjadi.

Selain itu, duduk di depan pintu juga dianggap ‘pamali’ atau dilarang kalau mengambil istilah orang Sunda. Berhubungan dengan menghalangi jodoh, rasanya kalau duduk di depan pintu sih memang menghalangi orang yang ingin masuk jadi sulit!

5. Dilarang Menolak Lamaran Orang

Larangan Menolak Lamaran Seorang Pria

Larangan Menolak Lamaran Seorang Pria

Dilamar seseorang yang kita cintai pastilah menjadi momen paling istimewa di dalam hidup. Momen yang ditunggu – tunggu tersebut akan jadi kenangan terindah oleh karena itu tentu saja tidak akan kita tolak begitu saja.

Namun demikian, lain cerita kalau yang melamar bukanlah sang pujaan hati, apalagi orang itu tidak sesuai kriteria idaman. Kemungkinan besar ada perasaan ingin menolak lamarannya.

Nah, apabila mendengar mitos dari orang tua dulu, tentu akan bikin berpikir seribu kali sebelum menolak lamaran tersebut. Soalnya ada mitos yang mengatakan sebaiknya jangan menolak lamaran seseorang karena nanti bisa – bisa tidak ada yang melamar lagi.

Mendengar hal semacam itu memang membuat khawatir. Terlepas dari susah jodoh atau tidak, itu tergantung ke diri masing – masing, apakah mau menerima lamaran orang yang tidak kita cintai bahkan tidak kita kenal sebelumnya?

6. Dilarang Memberi Hadiah Baju Ke Pasangan

Larangan Memberi Hadiah Baju ke Pasangan

Larangan Memberi Hadiah Baju ke Pasangan

Pacar ulang tahun? Kalau dengat mitos dari orang tua, pasti kita akan dilarang memberikan baju sebagai hadiah untuk pasangan. Konon katanya kalau dilakukan bisa membuat hubungan kandas.

Mitos yang satu ini memang agak tidak masuk akal karena tidak ada hubungannya antara baju dari hubungan cinta yang putus, ‘kan? Namun demikian, beberapa orang ada yang percaya dan melakukannya ketimbang jalinan asmara mereka harus berakhir hanya karena sebuah hadiah baju.

7. Pasangan Yang Wajahnya Mirip Akan Berjodoh

Mitos Jodoh Jika Wajah Pasangan Mirip

Mitos Jodoh Jika Wajah Pasangan Mirip

Mitos tentang jodoh selanjutnya adalah soal wajah sepasang kekasih yang mirip. Tentu sudah sering mendengar mitos ini, yakni pasangan kekasih yang wajahnya mirip biasanya memang ditakdirkan untuk bersatu alias berjodoh.

Mitos ini sendiri banyak dipercayai sehingga kalau ada seseorang yang wajahnya mirip dengan kekasihnya akan dihubung – hubungkan bahwa mereka kelak akan menikah.

Di beberapa peristiwa memang benar terjadi. Akan tetapi, mitos tetaplah mitos, bukan?

8. Dilarang Menikah Sesama Anak Sulung

Mitos Jodoh Anak Sulung

Mitos Jodoh Anak Sulung

Anak sulung erat kaitannya dengan harapan di keluarga. Kelahiran pertama di sebuah keluarga, anak sulung biasanya dijadikan panutan untuk adik – adiknya.

Berbicara soal anak sulung, ada mitos yang mengatakan bahwa sebaiknya anak sulung jangan sampai menikah dengan anak sulung lagi.

Hal itu karena katanya kalau dua anak sulung bertemu akan menimbulkan pertengkaran. Terbiasa dituntut di keluarga, memang anak sulung punya sifat yang kuat, keras, dan bertanggung jawab.

Mungkin itulah alasan mengapa sampai ada mitos ini, yaitu kesamaan sifat justru memicu ego masing – masing.

9. Membahagiakan Orang Tua Agar Dapat Jodoh Terbaik

Membahagiakan Orang Tua Mendapat Jodoh Yang Baik

Membahagiakan Orang Tua Mendapat Jodoh Yang Baik

Sudah kewajiban sebagai seorang anak untuk membuat kedua orang tuanya bahagia. Orang tua telah merawat kita sedari kecil, banting tulang mencari rezeki, dan tanpa kenal lelah memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk anak – anaknya.

Mitos dahulu berkata bahwa kalau ingin mendapatkan jodoh yang terbaik, kuncinya ada pada orang tua sendiri. Membahagiakan orang tua adalah hal yang utama sebelum hidup bersama sang belahan jiwa.

Ketika orang tua senang, konon katanya jodoh akan datang dengan sendirinya. Tentu saja itu yang diinginkan semua orang, ‘kan!

10. Tidak Datang Ke Undangan Pernikahan, Susah Dapat Jodoh

Mitos Tidak Datang Ke Pesta Pernikahan

Mitos Tidak Datang Ke Pesta Pernikahan

Pernikahan merupakan momen yang istimewa dan mereka yang menyelenggarakannya pasti ingin turut berbagi kebahagiaan. Selain ikut merayakan dan menghargai sahabat atau orang terdekat yang mengundang kita ke pernikahannya, ternyata ada mitos yang lain di balik itu.

Datang atau tidaknya kita ke sebuah acara pernikahan konon berhubungan dengan jodoh kita sendiri. Ada yang bilang katanya kalau tidak datang ke undangan pernikahan, akan susah dapat jodoh.

Entah benar atau tidak, saat mendapatkan undangan pernikahan sih memang sebaiknya datang.

11.Menyapu Lantai Harus Sampai Tuntas Dan Bersih

Mitos Menyapu Dengan Jodoh

Mitos Menyapu Dengan Jodoh

Mendengar mitos tentang jodoh yang satu ini sepertinya bukanlah hal yang baru di masyarakat. Dari orang tua kita sendiri pun kemungkinan sering dibicarakan.

Katanya, terutama untuk wanita, kalau menyapu lantai haruslah sampai tuntas dan bersih. Sebab jika tidak bersih, bisa – bisa jodohnya sulit datang bahkan rezeki pun ikut dikaitkan jadi sulit datang juga. Kemudian, ada yang bilang juga menyapu lantai tidak bersih nanti jodohnya ‘brewokan’.

Sampai sekarang pun mitos tentang jodoh dan menyapu lantai ini agaknya masih sering kita dengar. Ditinjau dari logika, kehadiran mitos ini sepertinya menyuruh kita untuk mengerjakan sesuatu sampai benar – benar selesai dan kalau bisa sebaik mungkin. Masuk akal, bukan?

Baca Juga5 Mitos Tentang Cermin Yang Pantang Kamu Lakukan

Demikianla rangkuman mengenai 11 mitos tentang jodoh dari orangtua yang beberapa di antaranya masih sering kita dengar sampai sekarang.

Benar atau tidaknya deretan mitos di atas tergantung kepercayaan masing – masing. Satu yang pasti adalah jodoh merupakan cerminan dari diri kita sendiri sehingga kalau mau dapat jodoh yang terbaik, usahakan dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.