7 Mobil Terlaris di Dunia Sepanjang Masa & Belum Terkalahkan

Mobil Paling Laris Di Dunia

Mobil Paling Laris Di Dunia

Mobilitas yang tinggi diperlukan oleh semua orang dalam aktivitas sehari – hari apalagi di zaman teknologi seperti sekarang. Mobil menjadi pilihan sebagian orang sebagai alat transportasi mereka seperti untuk pergi ke kantor atau pergi piknik bersama orang tercinta.

Terdapat beberapa faktor yang membuat masyarakat memilih membeli sebuah mobil pribadi, mulai dari harganya, nilainya, segi keamanan, sampai fitur canggih yang bisa diandalkan. Beberapa mobil popular di seluruh dunia karena memenuhi kebutuhan dasar tersebut.

Alasan lainnya bisa saja datang dari segi historis karena mereka adalah yang pertama dari jenisnya, unik, atau memanfaatkan kekuatan ide kreatif. Hal itu yang kemudian kembali lagi pada masing – masing pangsa pasar mereka.

Di bawah ini terangkum daftar mobil paling laris favorit di seluruh dunia.

1. Toyota Corolla

Toyota Carolla 1974

Toyota Carolla 1974 Model

Pasti sebagian tidak akan menyangka bahwa Toyota Corolla termasuk mobil terlaris yang pernah ada sejak tahun 1974. Sedan yang tampak polos ini menjadi idaman bahkan dari saat pertama kali diproduksi yaitu pada tahun 1966.

Mobil sedan tua penuh kharisma ini dapat diandalkan para penggunanya. Ditambah lagi, harganya cukup terjangkau untuk fitur mumpuni yang dimiliki oleh Corolla. Harga Toyota Corolla dibanderol di bawah $ 20.000 untuk banyak model.

Sejak pertama dirilis, Toyota Corolla sudah terjual lebih dari 40 juta unit dari permintaan konsumen di seluruh dunia sampai tahun 2013. Jumlah tersebut memenangkan kompetisi dalam soal unit terjual dari berbagai brand dan jenis mobil yang ada hingga kini.

Baca Dulu7 Negara Dengan Biaya Hidup Termurah Di Dunia

Corolla dilengkapi mesin 4-silinder bensin, tetapi di Jepang serta Eropa juga dipasarkan dengan mesin diesel. Bentuk bodi mobil ini umumnya sedan empat pintu meskipun sempat diproduksi model sport dua pintu dari tahun 1970-an sampai 1999 dengan nama Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

2. Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle

Generasi tahun 60-an tentunya tak asing dengan Volkswagen Beetle. Pada masanya, mobil ini begitu popular dan menjadi idam – idaman para anak muda di Amerika ketika itu bahkan mungkin seluruh dunia.

Mobil klasik ini pertama kali diproduksi tahun 1938. Di tahun – tahun selanjutnya Volkswagen Beetle semakin terkenal hingga unitnya terjual sampai 21,5 juta dalam enam dekade walaupun produksinya sempat terhenti saat Perang Dunia II.

Volkswagen Beetle atau Volkswagen Tipe 1 sering juga disebut VW Kodok di Indonesia. Sedangkan, anak muda di Amerika Serikat memanggilnya Bug dan di Jerman dikenal dengan sebutan Käfer.

Mobil Volkswagen yang satu ini memang paling mudah dikenali di seluruh dunia karena bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, serta performa yang bisa diandalkan.

VW Kodok menempati peringkat keempat dalam polling internasional untuk nominasi penghargaan mobil paling berpengaruh.

3. Ford Model T

Ford Model T

Ford Model T

Mobil yang pertama kali diproduksi sejak 100 tahun yang lalu atau pada tahun 1908, Ford Model T adalah mobil paling laris ketiga sepanjang masa. Permintaan akan mobil ini semakin melonjak bahkan merajai pangsa pasar mobil global sebanyak 90% pada tahun 1914.

Di akhir peluncurannya tahun 1927, mobil ini hanya tersedia dalam warna hitam mengkilap pada eksteriornya yang konon merupakan arahan Henry Ford sendiri.

Akan tetapi, di model sebelumnya ditawarkan beberapa warna lain seperti abu – abu, biru, hijau, dan merah. Ford Model T dulu dibanderol sekitar $ 850 atau senilai $ 21.179 dalam dolar sekarang ini.

Ford Model T yang dijuluki Tin Lizzy ataupun Flivver begitu banyak diminati terutama karena harganya yang terjangkau bagi masyarakat kelas menengah di Amerika Serikat.

Harganya yang murah tersebut berkat efisiensi produksi yang diterapkan termasuk penggunaan lini perakitan dan bukanlah buatan tangan.

Mobil dari perusahaan Ford ini menjadi mobil paling berpengaruh pada abad ke-20 menurut sebuah polling internasional.

4. Ford F-Series

Ford F-Series

Ford F-Series

Orang Amerika tampak begitu menyukai mobil tipe truk. Salah satu mobil paling laris di sana adalah Ford F-Series.

Mobil ini cocok untuk membantu pekerjaan seperti mengangkut kayu khususnya di area pedesaan atau pinggira kota. Selain itu, tiap pria yang mengendarai Ford F-Series ini merasa lebih gagah dan menyukai hal tersebut.

Truk Seri F Ford telah menjadi mobil paling laris di Amerika Serikat untuk 32 sampai 43 tahun yakni terutama seri F-150. Truk pick up full-size keluaran pabrik Ford Motor Company ini telah ada di pangsa pasar otomotif selama enam dekade dan juga menjadi popular di Kanada.

Di generasi Ford F-Seris kesepuluh tepatnya seri F-250 dan F-350, model bodi mobil ini berganti pada tahun 1998 dan digabung ke Super Duty. Kemudian, pada tahun 2000, Super Duty memperluas produksinya ke Ford medium-duty trucks.

Sampai sekarang, Ford F-Series telah meluncurkan generasi ketigabelasnya yang diperkenalkan pada tahun 2015. Desain bodinya semakin modern namun tetap mempertahankan sisi gagah ala mobil truk pick-up F-Series.

Kemudian, seri varian Ford F-150 di tahun 2018 berhasil menduduki rating teratas Top Safety Pick.

5. Volkswagen Golf

Volkswagen Golf

Volkswagen Golf

Volkswagen Golf merupakan mobil kecil yang cocok untuk mobil keluarga terpopular sejak pertama kali diproduksi, yakni pada tahun 1974 sampai sekarang.

Di tahun 2007, VW Golf sudah diproduksi lebih dari 25 juta unit. Mobil klasik ini juga termasuk mobil paling laris terutama di daerah Eropa.

Volkswagen Golf pada awalnya berbentuk sedan kotak. Akan tetapi, mobil ini mengalami pergantian model pada pertengah tahun 1990-an menjadi kurva.

VW Golf sendiri telah diproduksi dengan berbagai macam model dan nama yang berbeda, misalnya Volkswagen Rabbit di Amerika Serikat dan Kanada, serta Volkswagen Caribe di Meksiko.

Mobil ini telah memenangkan banyak penghargaan misalnya di tahun 1992 VW Golf tipe Mk3 terpilih sebagai pemenang dalam penghargaan European Car of the Year dan Golf Mk7 pada tahun 2013 serta menyabet pula penghargaan World Car of the Year.

6. Wuling Hongguang

Wuling Hongguang

Wuling Hongguang

Wuling Hongguan merupakan mobil bertipe MPV (Multi Purpose Vehicle) yang panjang, berbentuk kota dan tidak begitu mencolok.

Mobil ini sangatlah popular di Cina sejak diproduksi September 2010 lalu oleh SAIC-GM- Wuling, yakni perusahaan join-ventura dari berbagai perusahaan seperti Shanghai Automotive Industry Corporation, Liuzhou Wuling Motors Co dan GM Tiongkok.

Mobil ini pernah dipasarkan sebagai Chevrolet Enjoy pada tahun 2013 sampai 2017 oleh GM India. Di Indonesia sendiri, Wuling Hongguang mulai dipasarkan tahun 2017 oleh SAIC-GM-Wuling Motong Indonesia dengan nama Wuling Confero.

Wuling Hongguan varian S tertinggi yakni bermesin 1.5 Liter sudah ditambah opsi captain seat 7-seater. Dengan harga dibanderolnya yang tidak sampai 170 juta, Wuling Hongguan atau Wuling Confero mulai dilirik para pemburu otomotif untuk menjadikannya mobil favorit.

7. Honda Accord Dan Honda Civic

Honda Accord Dan Honda Civic

Honda Accord Dan Honda Civic

Selanjutnya yang berada di jajaran mobil paling laris di dunia ialah Honda Accord dan Honda Civic. Kedua mobil tersebut begitu popular di kalangan pengemudi dan juga para pengguna mobil keluarga. Honda Accord dan Honda Civic memang punya performa yang luar biasa.

Itulah yang menarik minat para pengemudi karena mobil – mobil ini dapat diandalkan apalagi untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh dalam kondisi apapun.

Fakta unik lainnya dari kedua mobil produksi Honda ini adalah kenyataan bahwa mobil tersebut tak hanya popular di kalangan para pecinta otomotif tetapi juga bagi para pencuri.

Hampir 50.000 unit dari masing – masing dua tipe mobil Honda ini dicuri setiap tahunnya di Amerika Serikat menurut Biro Kejahatan Asuransi Nasional.

Para pencuri sepertinya bukan mengincar mobil ini karena kemewahannya, melainkan para pengemudi banyak yang lalai dalam mengunci pintu mobil mereka.

Honda Accord sendiri yang mulai diproduksi tahun 1982 merupakan mobil Jepang pertama yang diproduksi di Amerika Serikat, yang kemudian turut diikuti di berbagai negara lain mulai dari Selandia Baru, Inggris, Cina dan Thailand.

Accord pernah masuk ke kategori mobil paling laris di Jepang selama lima belas tahun, yakni 10 juta unit terjual.

Sedangkan Honda Civic yang dirilis tahun 1972, menjadi sangat popular karena krisis minyak mentah pada saat itu. Civic mempunyai mesin CVCC di mana sistem pembakarannya begitu efisien.

Baca Juga10 Daftar Jalanan Paling Berbahaya Di Dunia Dan Banyak Memakan Korbann

Demikianlah artikel mengenai daftar 7 mobil terlaris di dunia. Mobil yang penjualannya laku di seluruh dunia memang terbukti punya daya tariknya masing – masing, mulai dari bentuknya yang unik sampai harganya yang terjangkau. Saking jadi mobil paling laris, deretan mobil tersebut diingat sepanjang masa!

7 Mobil Terlaris di Dunia Sepanjang Masa & Belum Terkalahkan | anarostiana | 4.5