Wow, 7 Negara Dengan Biaya Hidup Termurah Di Dunia

Negara Dengan Biaya Hidup Terendah

Negara Dengan Biaya Hidup Terendah

Pandangan kebanyakan orang ketika membayangkan mengenai hidup di luar negeri tak jauh dari anggapan akan betapa mahalnya uang yang dikeluarkan. Semua perlu dipertimbangkan mulai dari sewa apartemen, biaya makan dan keperluan sehari – hari, ongkos transportasi, sampai biaya asuransi.

Ya, itu akan jadi sangat mahal apalagi jika tidak ada persiapan sebelumnya. Namun demikian, beberapa negara ada yang memiliki tingkat biaya hidup yang bisa dikatakan rendah sehingga terjangkau untuk berbagai kalangan.

Biaya hidup yang rendah menjadi daya tarik terbesar orang – orang untuk pindah dan bekerja di sini. Dengan gaji yang moderat, sudah mendapatkan kehidupan yang layak. Selain itu, pengalaman internasional memberikan pengalaman istimewa dibandingkan terjebak di rutinitas yang membosankan. Siapa yang tak berminat, bukan?

Nah, berikut ini daftar 7 negara dengan biaya hidup rendah di dunia.

1. Vietnam

Biaya Hidup Di Vietnam

Biaya Hidup Di Vietnam

Bagi mereka yang punya rencana tinggal di tempat eksotis dengan biaya hidup yang tidak mahal, Vietnam merupakan negara yang sempurna. Vietnam termasuk salah satu negara terbaik dan termurah untuk menetap khususnya bagi para ekspatriat.

Ditambah lagi, negara yang dijuluki dengan Vietnam Rose ini memiliki pemandangan yang menakjubkan untuk dijelajahi serta tak ketinggalan masakan lokal yang lezat. Kota – kota utama di sini adalah kota Ho Chi Minh, Hanoi dan Da Nang. Sebagian besar pekerjaan mudah ditemukan di berbagai kota tersebut.

Mata uang negara ini, yakni Dong Vietnam, saat ini bernilai sekitar VND23.000 hingga $ 1 dan merupakan salah satu dari daftar mata uang yang telah melemah terhadap dolar dalam beberapa tahun terakhir.

Biaya hidup di Vietnam sebenarnya tergantung pada wilayah, seperti Ho Chi Minh dan Hanoi, tentu saja lebih mahal hidup di kota daripada lokasi pedesaan.

Baca Dulu7 Tempat Di Dunia Yang Terkenal Setelah Muncul Dalam Film

Sebuah apartemen di Vietnam dapat disewa sekitar $ 250 sebulan. Sementara itu, biaya makan sekitar $ 1-3 jika makan di warung lokal atau kaki lima dan sekitar $ 10 di restoran bergaya Barat. Transportasi juga sangat murah yakni angkutan umum lokal sekitar $ 0,30 dan taksi hanya $ 0,50 per kilometer.

2. Costa Rica

Biaya Hidup Di Costa Rica

Biaya Hidup Di Costa Rica

Costa Rica kemungkinan adalah negara paling populer di Amerika Tengah di mana salah satu alasannya karena termasuk negara dengan biaya hidup rendah. Hutan yang rindang, pantai tropis, dan penduduk lokal yang ramah akan membuat siapa saja jatuh cinta dengan negara ini.

Tak hanya menjadi salah satu negara termurah untuk ditinggali oleh orang Amerika, tiket penerbangan dari AS ke Costa Rica cukup terjangkau.

Mungkin negara lain di kawasan ini, seperti Guatemala atau Nikaragua, biaya hidupnya agak lebih rendah. Tetapi, perbedaannya ada pada gaji sebab di Costa Rica cenderung lebih tinggi.

Biaya makan per hari di restoran lokal adalah sekitar $ 3-6. Kemudian biaya sewa apartemen berada di kisaran $ 300 – 800 per bulan tergantung ukuran dan lokasinya.

Biaya transportasi di sini pun murah, hanya memakan biaya $ 0,70 per perjalanan menggunakan transportasi lokal.

3. Bulgaria

Biaya Hidup Di Bulgaria

Biaya Hidup Di Bulgaria

Pasti sebagian orang terkejut menemukan Bulgaria di daftar negara termurah untuk tinggal. Terutama untuk mereka yang bermimpi tinggal di Eropa, Bulgaria dapat menjadi pilihan. Saat itu juga pandangan kamu akan berubah soal label negara di Eropa biaya hidupnya sangat tinggi.

Bulgaria menjadi salah satu favorit di antara para pelancong karena hal tersebut. Dengan biaya yang minim sudah bisa melakukan perjalanan sepuasnya.

Selain itu, Bulgaria dikelilingi negara yang juga menarik untuk dijelajahi, seperti seperti Yunani, Turki, dan Rumania. Bulgaria sendiri memiliki sejarah yang kaya sejak 8.000 tahun yang lalu jadi tidak akan membuat kunjungan kamu membosankan.

Biaya sewa apartemen dengan satu kamar tidur di Bulgaria rata – rata $ 230 per bulan. Untuk biaya makan, cukup terjangkau yakni sekitar $ 5 dan perjalanan dengan transportasi umum hanya $ 1.

4. Meksiko

Biaya Hidup Di Meksiko

Biaya Hidup Di Meksiko

Siapa sangka Meksiko masuk ke daftar negara dengan biaya hidup rendah? Meksiko memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada dunia, misalnya menenangkan pikiran di hutan tempat reruntuhan suku Maya, perairan indah Karibia yang biru kehijauan, dan pantai yang tenang di Samudra Pasifik.

Negara yang berada di antara Amerika Serikat dan Amerika Tengah ini memang punya bentang alam yang beragam mulai dari pegunungan, padang pasir, sampai hutan. Terdapat reruntuhan kuno seperti Teotihuacán. Perjalanan sejarah akan jadi sangat mengagumkan di Meksiko.

Terlebih lagi, Meksiko punya makanan pinggir jalan yang nikmat, mulai dari taco hingga tamale, ceviche hingga aguas frescas dan yang pasti harganya super murah. Biaya hidup di Meksiko lumayan rendah jikan dibandingkan negara barat lainnya.

Sebut saja biaya sewa apartemen satu kamar sekitar $ 200- $ 500 per bulan, makanan $ 1 per makan, dan tiket transportasi lokal mulai dari $ 16. Nikmati liburan di Meksiko yang penuh pesona dan tak membuat kantong jebol!

5. Afrika Selatan

Biaya Hidup Di Afrika Selatan

Biaya Hidup Di Afrika Selatan

Ingin tinggal di negara dengan biaya hidup murah tanpa takut tidak mengerti bahasanya? Afrika Selatan adalah pilihan yang tepat. Termasuk ke daftar negara terbaik dan termura untuk ditinggali, di Afrika Selatan banyak penutur bahasa Inggris sehingga kamu tidak perlu khawatir tersesat.

Meskipun tergolong murah, standar hidup di Afrika Selatan cukup tinggi mirip dengan kota di negara barat lainnya.

Selain itu, pesona alam negara ini begitu eksotis misalnya saja wisata safari pedalaman Taman Nasional Kruger di mana bisa menyaksikan langsung hewan liar di habitatnya. Keberagaman di negara ini juga ada secara alami.

Negara yang berada di ujung paling selatan benua Afrika ini ditandai oleh beberapa ekosistem yang berbeda. Tanjung Barat menawarkan keindahan pantai dan di sisi lain ada winelands yang subur di sekitar Stellenbosch dan Paarl.

Kemudian, tebing terjal di Tanjung Good Hope, hutan serta laguna di sepanjang Garden Route, dan juga kota Cape Town, di bawah Gunung Table.

Biaya sewa apartemen satu kamar sekitar $ 350-500 per bulan, minuman bir domestik sekitar $ 1,70 dan makan di restoran lokal mulai dari $ 8.

6. Thailand

Biaya Hidup Di Thailand

Biaya Hidup Di Thailand

Negara dengan biaya hidup rendah yang terbaik dan terlengkap bisa jadi adalah Thailand. Biaya hidup di negara ini sangat rendah bahkan di kota – kota besar seperti Bangkok dan Chiang Mai.

Meskipun resor pantai sedikit lebih mahalseperti Pattaya yang ramai dan Hua Hin yang modis, tetapi masih murah apabila dibandingkan dengan resor pantai lainnya di seluruh dunia.

Perairan jernih, budaya yang unik dan makanan yang sangat lezat membuat Thailand sebagai tempat yang sempurna untuk tinggal dan bekerja.

Di Bangkok sebagai ibukotanya pemandangan kota begitu modern tetapi masih ada sentuhan tradisional, seperti adanya kuil – kuil ikonik Wat Arun, Wat Pho dan Kuil Buddha Zamrud (Wat Phra Kaew).

Untuk kualitas hidup yang sudah sangat baik, diperlukan sekitar $ 600 saja di kawasan kota Chiang Mai.

Kemudian, makan sehari – hari cukup mengeluarkan $ 1 untuk makan di warung, pasar, bahkan tempat makan di mall. Sewa apartemen studio sekitar $ 150 per bulan dan tarif bus umum hanya sekitar $ 0,30.

7. Peru

Biaya Hidup Di Peru

Biaya Hidup Di Peru

Jika kamu menyukai petualangan sekali seumur hidup dengan anggaran terbatas, Peru bisa menjadi salah satu daftar negara yang perlu disinggahi dan ditinggali selama beberapa lama. Itu karena Peru merupakan jajaran dari negara dengan biaya hidup rendah untuk hidup dan bekerja.

Diberi peringkat sebagai salah satu negara termurah di dunia, nilai dolar yang kamu punya akan jauh lebih berkembang di Peru dibandingkan dengan negara – negara Amerika Selatan lainnya.

Aktivitas yang patut dicoba mulai dari mendaki Inca Trail,mengunjungi Machu Picchu, dan masih banyak ‘permata’ lain yang meskipun kurang terkenal akan menyenangkan untuk dijelajahi juga.

Selain itu, tinggal dan bekerja di Peru akan memberikan banyak waktu untuk menjelajahi Kerajaan Inca, dari bukit pasir di Ica hingga hutan hujan Amazon. Jiwa petualang kamu pas untuk disalurkan di Peru dan hidup tidak akan membosankan.

Biaya sewa apartemen di Peru termasuk satu tempat tidur paling rendah ada di kisaran $ 250. Kemudian, biaya makan jika mengunjungi pasar lokal cukup menghabiskan sekitar $ 1 – 3 saja.

Baca Juga11 Negara Di Dunia Yang Memperbolehkan Prostitusi atau Pelacuran

Nah, itulah tadi 7 daftar negara dengan biaya hidup rendah di dunia. Tak hanya terkenal sebagai negara termurah, tetapi kualitas hidup yang ditawarkan berbagai negara tersebut sudah sangat mumpuni. Bisa dijadikan referensi jika punya keinginan tinggal di luar negeri dengan biaya terjangkau!

Wow, 7 Negara Dengan Biaya Hidup Termurah Di Dunia | anarostiana | 4.5