7 Negara Di Dunia Yang Tercatat Memiliki Pajak Tertinggi

Negara Dengan Pajak Tertinggi

Negara Dengan Pajak Tertinggi

Setiap warga negara diwajibkan membayar pajak sebagai bentuk kontribusi mereka untuk negaranya. Dari pajak tersebut kemudian akan dilakukan berbagai pembangunan dan penyediaan fasilitas baik sarana dan prasana yang tentunya akan berguna juga untuk warga negara itu sendiri.

Peraturan pajak antara negara yang satu dengan yang lain berbeda. Negara di seluruh dunia biasanya menerapkan salah satu dari tiga jenis sistem pajak, yaitu perpajakan perumahan, perpajakan berbasis kewarganegaraan, atau perpajakan teritorial.

Di beberapa negara di bawah ini, mereka menetapkan pajak untuk warga negaranya sangat tinggi. Apa sajakah negara – negara tersebut? Berikut ini daftar 7 negara yang pajaknya tertinggi di dunia.

1. Swedia

Swedia termasuk ke dalam negara terkaya lebih tepatnya berada di posisi ke-7 di dunia dalam hal PDB per kapita. Standar hidup dan peringkat harapan hidup Swedia adalah yang tertinggi di dunia dan memiliki kesenjangan sosial yang sangat rendah.

Tingkat pajak penghasilan Swedia pun tertinggi di dunia yakni mencapai 57,1% dikurangkan dari pendapatan tahunan. Sistem perpajakan negara makmur ini menggabungkan pajak penghasilan (dibayar oleh karyawan) dengan kontribusi jaminan sosial (kontribusi pengusaha) yang dibayarkan oleh pemberi kerja.

Baca jugaPerbandingan Harga Paket Internet Di Indonesia Dengan Negara Lain

Meskipun orang Swedia dikenakan pajak yang berat, penjualan properti tempat tinggal dibebaskan dari pajak.

2. Portugal

Portugal menetapkan tingkat pajak sebesar 56,5% untuk para warganya. Negara maju ini menggunakan kontribusi pajak orang – orangnya untuk membangun kesetaraan antar warga agar tidak ada ketimpangan.

Semua pekerja yang bergerak di bidang apapun di negara dengan ekonomi terbesar ke-45 di dunia ini  dikenakan pajak penghasilan progresif.

3. Jepang

Negara dengan pajak tertinggi selanjutnya datang dari Asia yaitu Jepang. Negara Sakura memiliki perekonomian terbesar ke-3 di dunia bersaing dengan Amerika dan Cina dan banyak perusahaan di sana yang menyumbangkan berbagai teknologi canggih ke kancah internasional.

Tingkat pajak penghasilan di Jepang mencapai 55,95% yang menjadi tertinggi di Asia.

4. Denmark

Denmark memiliki pajak yang tinggi sebesar 55,8%. Namun demikian, para warga negara di sana tidaklah keberatan atas peraturan tersebut karena pemerintah mengalokasikan pajaknya sesuai dengan kebutuhan rakyat.

Negara maju yang sejahtera ini banyak membangun layanan dan juga meningkatkan aksesibilitas program sosial bagi para warga negaranya. Kemakmuran di Denmark membuat dunia memandang orang – orangnya sebagai orang paling bahagia.

5. Austria

Sebagai salah satu negara paling maju di dunia Austria menetapkan pajak pada warga negaranya sebesar 55%. Austria memiliki standar hidup yang tinggi. Hal tersebut berhubungan pula dengan pajak yang telah dibayarkan warganya karena terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati.

6. Belgia

Belgia memiliki ekonomi yang mengglobal terutama karena letak negara maju ini yang berada di jantung kawasan industri di Eropa. Negara yang warganya terbagi menjadi dua kelompok bahasa tersebut, yakni Belanda dan Perancis, mematok pajak dengan tarif 53,7%. Nilai pajaknya tersebut merupakan yang tertinggi di Eropa Barat.

7. Belanda

Belanda telah memainkan peran khusus dalam perekonomian Eropa selama berabad – abad. Lokasi Belanda memberikan keuntungan sebagai akses utama ke pasar di Inggris dan Jerman, dengan pelabuhan Rotterdam menjadi pelabuhan terbesar di Eropa.

Tarif pajak penghasilan di Belanda adalah sebesar 52%. Selain pajak penghasilan, ditetapkan juga pajak lainnya seperti pajak capital gain 25%, pajak transfer tanah 2%, dan pajak warisan hingga 40%.

Baca jugaDaftar 5 Negara Dunia Yang Paling Berpengaruh Di 2019

Demikianlah daftar 7 negara dengan pajak tertinggi di dunia. Meskipun pajak yang harus dibayarkan sangatlah tinggi, para warga negaranya tersebut menikmati fasilitas yang sepadan dan terbukti dengan kualitas hidup yang baik.