Daftar 5 Negara Dunia Yang Paling Berpengaruh Di 2019

Negara Di Dunia Paling Berpengaruh

Negara Di Dunia Paling Berpengaruh

Setiap negara memiliki keunggulan mereka masing – masing. Ada yang memang unggul di bidang pertahanan militer ataupun terkenal karena ciri khas budayanya yang kuat. Hal – hal tersebut kemudian berkontribusi di ranah dunia internasional karena tentunya sebuah negara tidak bisa hidup sendiri tanpa negara lain.

Di dalam serangkaian nama negara yang ada di dunia, beberapa di antaranya diakui unggul khususnya bila dilihat dari segi seberapa besar negara tersebut berpengaruh di kancah global.

Kategori negara berpengaruh ini memang jika ditinjau mulai dari pimpinan negaranya, hubungan antar negara lain, persebaran budaya, sampai ke ranah politik begitu mendominasi pada aliansi internasional.

Berikut ini daftar 5 negara paling berpengaruh di 2019.

1. Amerika

Amerika Serikat memang tak diragukan menjadi urutan pertama negara paling berpengaruh. Negara Adidaya ini merupakan member tetap dari United Nations Security Council atau Dewan Keamanan PBB dan memegang peran besar di NATO dan World Bank.

Baca juga5 Negara Yang Memiliki Kota Paling Ekstrim Di Dunia Saat Ini

Bukan hanya dari segi politik saja, melainkan di berbagai bidang lain Amerika bisa dibilang unggul misalnya saja di bidang entertain. Mulai dari musik hingga film produksi Amerika digemari di seluruh dunia. Hal tersebut juga terdata oleh UNESCO yakni Amerika sebagai produser film terbaik di kancah internasional.

2. Rusia

Dilihat dari luasnya, Rusia termasuk negara terbesar di dunia jika dihitung berdasarkan daratannya. Apabila dibandingkan, luas negara Rusia hampir dua kali lebih besar dari daratan Kanada. Luas negara yang beribukota di Moskow ini mencakup seluruh wilayah Asia Utara serta sebagian besar Eropa Timur.

Sama seperti Amerika, Rusia juga memegang kursi permanen dan kekuasaan veto di U.N. Security Council. Selain itu, yang membuat Negeri Tirai Besi ini berpengaruh di dunia adalah berkat kekuatan ekonomi yang tergolong terbesar di dunia. Perekonomian Rusia memang ditunjang dengan sumber daya alamnya yang luas.

3. Cina

Cina terbilang bersaing ketat dengan negara – negara besar lain termasuk Amerika dalam urusan perekonomian. Tak tanggung – tanggung Negara Tirai Bambu ini menduduki peringkat kedua di dunia pada sektor ekonominya.

Sejak 1971 Cina pun sudah menjadi anggota tetap U. N. Security Council dan memiliki kekuatan militer yang besar nan modern. Negara yang menjadi tempat salah satu peradaban terbesar dan tertua di dunia ini memegang kunci penting pada perekonomian dunia sehingga termasuk menjadi negara paling berpengaruh.

4. Inggris

Kerajaan Inggris memiliki jejak budaya yang luas di seluruh dunia yakni membentang dari Benua Afrika ke Australia akibat kolonialismenya dahulu. Ditambah lagi karena statusnya sebagai pemenang di dalam Perang Dunia II, Inggris mendapat tempat penting di U.N. Security Council.

Tak hanya itu saja, negara ini juga tergabung di banyak organisasi internasional besar dan perannya sangatlah besar, yakni di World Trade Organization, World Bank, Nato, dan juga Group of 20.

5. Jerman

Selanjutnya yang termasuk ke dalam negara paling berpengaruh adalah Jerman. Negara ini termasuk pula ke dalam negara yang punya ekonomi terbesar di dunia. Di beberapa organisasi internasional Jerman menjadi anggota utama berhubungan dengan perannya, seperti di dalam PBB, Uni Eropa, Group of 20 dan NATO.

Salah satu Kanserlir Jerman, yakni Angela Merkel, sering disebutkan dalam daftar pemimpin dunia yang paling berpengaruh dan juga salah satu juara dari integrasi Eropa.

Baca juga10 Negara Adidaya Dengan Tentara Militer Terkuat di Dunia

Demikianlah daftar 5 negara paling berpengaruh di dunia pada tahun 2019. Penting untuk menjaga perdamaian setiap negara yang ada di dunia meskipun satu sama lain saling mengungguli karena berpengaruh langsung ke kehidupan masyarakat.