6 Negara Tujuan Wisata Pilihan Para Backpacker Termurah Di Dunia

Negara Tujuan Wisata Termurah Di Dunia

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Seperti yang Anda tau, semakin murah biaya di tempat tujuan liburan Anda, semakin lama atau semakin maksimal Anda dapat menikmati liburan di tempat tersebut. Di beberapa negara dengan budget sekitar Rp 600.000 ada yang hanya cukup mendapatkan fasilitas kamar hostel namun ada juga yang cukup untuk mendapatkan penginapan di villa mewah.

Sebagai contoh di Canggu, Bali, Indonesia, Anda bisa mendapatkan 2 kamar di private pool villa dengan budget sekitar $50 (Rp. 675.000) per malam, sedangkan di Jepang dengan budget yang sama hanya bisa mendapatkan sebuah kamar kecil dengan double bed tanpa dipan.

Murahnya biaya di sebuah negara dalam dunia wisata bisa saja dipengaruhi oleh nilai kurs negara tersebut yang sedang turun atau karena faktor sepi wisatawan. Dalam tulisan ini tidak ingin membahas negara dengan tingkat ekonomi yang rendah, namun dengan mengunjungi negara-negara tersebut Anda dapat menikmati liburan dengan harga yang bersahabat sekaligus membantu penduduk setempat yang bergantung pada industri pariwisata.

Berikut adalah referensi beberapa negara termurah untuk dijadikan tujuan wisata.

1. Indonesia

Menampilkan pantai indah dengan pasir putihnya, destinasi surving dan scuba diving kelas dunia, dan pemandangan alam dengan hutan dan hamparan padi, Indonesia tidak diragukan lagi sebagai salah satu negara terfavorit di Bumi. Tentu saja berwisata di negeri sendiri lebih murah daripada ke luar negeri. Namun bagi wisatawan luar, Indonesia memang termasuk daerah tujuan wisata yang tidak mahal.

Indonesia menawarkan akomodasi, makanan, dan transportasi dengan harga yang menggiurkan. Anda bisa mendapatkan penginapan dengan Rp. 270.000 ($20) per malam. Anda juga dapat berkeliling dengan menyewa sepeda motor dengan anggaran sekitar Rp. 70.000-150.000 per hari tergantung dari jenis sepeda motor yang ditawarkan. Tujuan yang banyak menjadi incaran bagi wisatawan adalah Raja Ampat, Bali, Sumatra, Sumbawa, Lombok, Gili, Pulau Komodo, dan lain-lain.

Baca juga: 21 Tempat Wisata Unik Di Jepang Yang Wajib Kamu Datangi

2. Meksiko

Hidangan yang lezat dan beragam, warga lokal yang ramah, pantai-pantai kelas dunia, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang membuat wisatawan ingin kembali lagi dan lagi ke Meksiko. Meksiko adlah tempat yang layak untuk dikunjungi dan bahkan untuk menjadi tempat tinggal. Meksiko sangat terjangkau saat ini dikarenakan nilai peso yang sedang turun dan ditambah dengan biaya hidup yang memang tidak terlalu mahal ($1 = 19 peso).

Jika Anda mengunjungi Meksiko, Anda akan terkejut dengan murahnya makanan di sini. Namun demikian, hindari mengunjungi Meksiko pada peak season (November-Maret) terutama di bulan Desember karena tingginya permintaan maka harga pun akan menjadi sangat tinggi.

3.India

India mungkin saja adalah negara termurah untuk berwisata. Selain makanan dan akomodasi yang murah, hal yang menjadikan India menarik adlah suasananya. Anda dapat menyaksikan atau merasakan beragam hal di negara ini. Kekacauan dan ketenangan, suci dan kotor,  ramah dan marah, dan lain lain menjadikannya pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Anda bisa mendapatkan kamar dengan double bed sekitar $3 (Rp. 40.000) per malam.

Baca juga: 5 Pilihan Tas Keren yang Cocok untuk Dibawa ke Kabin Pesawat

4. Turki

Turki menarik pengunjung dengan ibukota yang indah dan menarik, yaitu Istanbul. Ditambah lagi negara ini menawarkan budaya Islam dan arsitektur serta apenduduk yang ramah. Di Turki Anda dapat menikmati hidangan tradisional Turki hanya dengan $5 (Rp. 67.500) dengan porsi yang biasanya masiv yang dapat dinikmati oleh beberapa orang. Di mayoritas kota, Anda juga bisa mendapatkan kamar dengan harga $20 (Rp. 270.000) per malam.

5. Yunani

Di sini Anda bisa mendapatkan penginapan berupa kamar apartemen studio dengan $20 (Rp. 270.000) per malam. Untuk makanan, hidangan yunani lezat dapat dinikmati dengan harga sekitar $8 (Rp. 108.000). Diluar dari itu, restoran di Yunani memiliki kebiasaan menawarkan layanan gratis di beberapa item seperti wine, hidangan pembuka, dan hidangan penutup. Dijamin Anda akan keluar dari restoran dengan perut kenyang tanpa menguras isi dompet Anda.

6. Thailand

Thailand selalu menjadi pilihan favorit untuk berwisata terutama bag backpacker. Penginapan di dekat pantai dapat diraih dengan biaya $15 (Rp.200.000) per malam, hidangan Thailand berharga sekitar $2 (Rp. 27.000) per porsi, dan scub adiving dibawah $20 yang membuat Thailand menjadi pesaing bagi negara-negara lain dalam bidang pariwisata.

Baca juga: 11 Tempat Makan Dan Wisata Menarik Jika Berkunjung Ke Thailand

Demikian beberapa negara tujuan wisata yang wajib kamu datangi tanpa membuatmu jadi bangkrut. Adapun berbagai tempat wisata yang kami sebutkan, dapat disesuaikan dengan selera wisata yang kamu miliki.

6 Negara Tujuan Wisata Pilihan Para Backpacker Termurah Di Dunia | Siopung | 4.5