Tips Untuk Pekerja Usia Muda Agar Betah Dengan Pekerjaan Saat Ini

Tips Untuk Pekerja Usia Muda Agar Betah Bertahan Ditempat Kerja

Gambar Ilustrasi Pekerja Usia Muda Via Google.co.id

Usia muda bukanlah alasan untuk takut mencoba memasuki dunia kerja bahkan melarangnya, namun sebenarnya bekerja di usia yang muda itu memiliki beberapa resiko karena tahapan perkembangan psikologis yang cukup menghambat kinerja para pekerja usia muda. Diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU No. 20 Tahun 1999 Ratifikasi Konvensi ILO (International Labour Organization) No. 138 Tahun 1973 mengenai batas usia minimum diperbolehkan bekerja.

Yaitu 13 tahun untuk pekerjaan yang ringan pada negara yang memiliki standar pendidikan rendah, 15 tahun untuk pemula, dan untuk jenis pekerjaan yang merugikan kesehatan, moral, dan keselamatan anak adalah minimal berusia 18 tahun. Jika anda sudah tamat sekolah dalam usia belasan tahun dan sudah resmi menjadi karyawan sebelum memiliki KTP, maka berikut tips untuk anda agar betah di tempat kerja.

1. Lingkungan Pekerjaan

Lingkungan kerja sangat berpengaruh dalam kinerja anda. Apakah anda dituntut bekerja untuk berhadapan dengan konsumen atau berada dibalik layar untuk menyusun laporan dan memanage suatu aktivitas perusahaan, atau malah keduanya harus anda lakukan secara bersamaan? Yang harus anda lakukan adalah cukup berpenampilan rapi dan menarik, serta bersikap ramah kepada siapa saja.

Mungkin tidak mudah, tapi setidaknya anda cukup berbicara hal – hal seperlunya. Jika anda mampu, cari topik pembicaraan yang menarik, dan lucu tetapi bisa jadi topik yang bercabang. Bisa mengenai trend, hobi atau kebiasaan dan pandangan mayoritas orang terhadap suatu hal. Usahakan tetap menjaga rahasia pribadi anda dan teman sepekerjaan atau yang seruangan dengan anda tidak perlu tahu kebiasaan, kekerungan, maupun keluhan dari mulut anda sendiri.

Oiya, Baca Juga 5 Jenis Pekerjaan Pria Yang Banyak Disukai Wanita

Yang mereka perhatikan dan perlu tahu adalah tindakan anda dalam mengerjakan sesuatu. Jika anda sudah memiliki orang yang anda percaya, maka pstikanlah dia bukan orang yang memiliki sifat negatif yang dapat merugikan anda. Banyak kasus sepertinya menunjukkan hal ini merupakan penyebab utama seorang pekerja yang hanya beberapa bulan sudah memutuskan untuk resign, Maka dari itu, untuk anda berusia muda yang baru memasuki dunia kerja, pastikan pekerjaan tersebut bisa anda jalanin dengan baik.

2. Tingkah Laku Pimpinan / Jabatan yang Lebih Tinggi.

Bagaimanapun cermatnya anda, kayanya keluarga anda, disiplinnya anda, jeniusnya anda atau menariknya tampilan fisik anda, jangan merasa hal – hal itu membuat anda tidak menghargai dan menghormatin pimpinan anda. Memang pasti ada suatu hal yang membuat anda kehilangan rasa respect terhadap Bos anda. Namun, yang namanya bekerja tetaplah harus dijalanin secara profesional. Apapun perintah yang bertujuan untuk berjalannya aktivitas kantor dengan baik haruslah dikerjakan.

Jika anda belum menguasainya, pastikan pimpinan anda tahu sehingga ia bisa memberitahu anda hal – hal penting mengenai pekerjaan anda. Jangan karena anda ingin disayang dan dipuji oleh Pimpinan, anda merasa bisa melakukan segala hal yang padahal anda sendiri belum memahaminya. Kesalahan dalam dunia kerja yang anda perbuat jika sudah diketahui oleh Pimpinan, maka akan berakibat buruk pada karir anda.

Selain itu, sikap dan cara bicara yang anda lakukan saat berhadapan dengan Pimpinan juga menjadi penilaian tersendiri terhadap anda. Pimpinan anda adalah seorang yang berpengalaman, jadi berikanlah kesan yang baik agar anda masuk dalam daftar karyawan muda yang diperhitungkan oleh bos anda.

3. Mulai Merasakan Lembur dan Menganggu Aktivitas Penting yang Lain

Hal ini biasanya terjadi pada anda yang bekerja sambil kuliah. Terkadang anda harus pintar memilih mana yang lebih penting/prioritas anda. Jika keduanya penting, maka pintarlah dalam memanage waktu. Jika itu juga tidak banyak membantu, maka anda harus pintar dalam bekerja sama. Pasalnya, suara dari satu orang tidak akan berpengaruh.

Tetapi jika beberapa teman anda merasakan hal yang sama, maka kemungkinan besar suara tersebut akan dipertimbankan oleh Pimpinan anda. Suara yang dimaksud disini bukanlah protes atau beramai – ramai bermalas – malasan, tetapi suara yang dimaksud adalah menunjukkan kegiatan sama yang secara bersamaan pula harus anda dan teman – teman anda kerjakan dalam limit waktu sangat terbatas. Sehingga melakukan kerjasama seperti teamwork tidak masalah bagi perusahaan anda.

Jika sudah menyelesaikannya lebih cepat dari waktu yang ditentukan, maka usahakan tidak menerima alasan apapun untuk anda mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan tambahan lainnya.

4. Penghasilan Terlalu Kecil

Jika anda merasakan hal ini, sebenarnya berapa gaji yang anda perlukan? Jika anda masih digaji ratusan perbulan, anda pasti membutuhkan gaji 1 – 2 jutaan perbulan. Nah, untuk seseorang berusia muda seperti anda, penghasilan seperti itu memang terbilang wajar. Tidak masalah mengharap gaji lebih.

Anda pasti berniat meringankan beban orang tua anda, walau tidak bisa memberi setidaknya sudah berusaha keras agar tidak meminta. Maka, anda cukup bekerja sesuai penghasilan yang anda terima. Disini anda juga harus bekerja cerdas dan cermat agar bisa mendapat tip atau penghasilan tambahan.

Namun, seberapa kecil penghasilan anda, tetaplah bekerja berbarengan dengan rasa ikhlas. Siapa tahu makan siang anda hari ini diajak makan ayam bakar dan ditraktir hingga perut kenyang, lalu sorenya diberi snack atau uang jajan tambahan. Intinya tetap syukurin berapapun yang kamu terima. Intinya, kembali kepada pemikiran anda sendiri yang mau berusaha lebih untuk mencari jalan keluar dari masalah finansial anda tersebut.

Sedikit tips kecil, untuk mengurangi pengeluaran anda, bawalah bekal makan siang anda ke tempat kerja, biasakan sarapan, dan carilah sumber snack gratisan yang tersedia.

5. Pekerjaan Terlalu Berat

Untuk hal yang satu ini, sebaiknya anda jangan memaksakan diri anda untuk bertahan. Karena bisa jadi akan menimbulkan biaya yang lebih besar untuk diri anda. Setidaknya bertahan sampai anda mendapatkan pekerjaan yang lebih baik adalah tindakan yang tepat menurut saya. Mungkin anda berpikir untuk apa membahayakan diri sendiri lebih lama lagi? Ya, tentu benar.

Maka dari itu carilah pekerjaan yang lebih baik secepatnya. Setidaknya dalam beberapa waktu, anda mendapatkan relasi dan pengalaman tambahan daripada menjadi seorang pengangguran.

6. Bosan

Usia yang masih muda memang rentan pada rasa bosan. Ingin mencoba hal – hal yang baru memang menyenangkan dan masa muda adalah kesempatan emas untuk mencoba. Tetapi, jika anda terlalu cepat bosan dan gemar berpindah – pindah tempat kerja, sebaiknya itu tidak menjadikan kebanggaan untuk anda. Memang dari segi pengalaman sepertinya anda tidak bisa diragukan, namun pendapat orang terhadap anda belum tentu sepositif itu.

Bisa lebih parah jika orang yang membutuhkan tenaga anda akan memberikan penilaian negatif terhadap anda. Maka dari itu, jangan dibiasakan memiliki kegemaran seperti ini karena berdampak merusak citra cara anda bekerja. Sebaiknya, anda memiliki lebih dari 1 pekerjaan yang pada akhirnya membuat anda menjadi lebih fokus terhadap pekerjaan – pekerjaan anda tersebut.

7. Kendala Larangan Orang Tua

Anda menyukai pekerjaan anda saat ini namun orang tua anda melarangnya karena banyak hal? Untuk yang satu ini memang agak berat, pasalnya mungkin anda seseorang yang masih tinggal bersama orang tua anda yang mana tingkah laku dan perkembangan anda masih sangat dipantau. Namun, jika sudah dilarang seperti itu, sebaiknya anda tunjukkan dampak positif apa yang akhirnya timbul dalam diri anda semenjak menjalanin pekerjaan tersebut.

Ceritakan keluh kesahnya lebih sedikit daripada kebahagaiannya. Jika kamu berhasil membuat orang tua merasa tenang dan sudah percaya kepada anda, maka kesuksesan yang anda impikan di bidang tersebut dapat anda raih.

Tips Untuk Pekerja Usia Muda Agar Betah Dengan Pekerjaan Saat Ini | Siopung | 4.5

Related Post

Misteri Penyebab Harga Uang 100 Rupiah Lama Gambar... Gambar Uang Kuno Rp 100 Perahu Pinisi Via Google.co.id Untuk kamu  yang sekarang usia nya diatas 24 atau 25, pasti sudah tidak asing dengan uang r...
Jenis Batu Akik Solar Dari Berbagai Daerah Di Indo... Batu solar adalah jenis bebatuan dengan ciri khas warna coklat kekuningan , kehitaman , dan abu-abu . Batu Akik Solar bukanlah merujuk kepada batuan t...
Arti Mimpi Katak Menurut Primbon Dan Psikolog Foto Ilustrasi Katak Via Pixabay.com Mimpi katak merupakan pertanda bahwa diri anda memiliki potensi perubahan yang tidak terduga. Jika anda melih...
Melihat Kandungan Batu Giok Salju Aceh ( Nephrite ... Aceh adalah daerah destinasi bagi anda yang sangat gemar dengan jenis batu kelas giok , idocrase , dan nephrite . Berbagai jenis batu akik lainnya jug...
Arti Mimpi Ular Putih Menurut Psikolog Primbon dan... Mimpi ular putih menandakan energi yang sangat penting dalam kehidupan anda . Ular putih menurut mitosnya bisa berarti banyak hal . Dalam berbagai bud...
Bongkar Rahasia Unik Menjadi Orang Kaya Dengan Cep... Menjadi orang kaya secara finansial adalah dambaan kita semua . Namun, banyak hal yang sudah kita lakukan tetap saja kita tidak mendapatkan kekayaan s...
Arti Mimpi Bertemu Artis Menurut Primbon Dan Psiko... Gambar Bertemu Artis Via Pixabay.com Mimpi bertemu artis adalah simbol kebahagiaan, tujuan, impian, dan berkaitan erat dengan harapan anda. Para p...
Benarkah Pil Vitamin Bermanfaat Atau Justru Berbah... Gambar Berbagai Macam Suplemen Vitamin Via Google.co.id Apakah kamu sedang mencoba untuk mulai mengkonsumsi lebih banyak suplemen vitamin? Kamu mu...
8 Tips Rahasia Mendapatkan Pacar Dari Facebook Den... Gambar Facebook Via Pixabay.com Facebook merupakan situs jejaring sosial yang dibuat khusus untuk tetap terhubung dengan semua orang. Selain menca...
5 Website Di Indonesia Yang Menyediakan Tempat Bag... Penulis Via Pexel Menulis sebenarnya merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan. Dengan menulis, kamu dapat berkontribusi memberikan inpirasi da...