8 Pekerjaan Paling Berbahaya dan Menakutkan Di Dunia

Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia

Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia

Seseorang perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di masa sekarang tak dipungkiri segala sesuatu serba mahal sehingga beberapa orang rela melakukan pekerjaan apa saja demi mendapatkan penghasilan.

Tak terkecuali pekerjaan yang bisa membahayakan diri sendiri. Kemungkinan tidak semua orang beruntung dapat bekerja di balik meja dengan berbagai tunjangan yang menyokong hidupnya. Meskipun begitu, walaupun sulit dan berbahaya sekali pun sebagian orang tetap memilih pekerjaan yang ekstrim.

Tidak main – main, nyawa adalah taruhannya dari beberapa pekerjaan yang akan di bahas di artikel ini. Selain fisik, mental pun harus dipersiapkan saking tidak mudahnya pekerjaan mereka.

Apa sajakah daftar 8 pekerjaan paling berbahaya di dunia? Berikut ini rangkumannya!

1. Tukang Listrik

Pekerjaan Tukang Listrik

Pekerjaan Tukang Listrik

Pekerjaan paling berbahaya dan mengancam jiwa para pekerjanya salah satunya adalah tukang listrik. Setiap harinya mereka harus memanjat tiang – tiang listrik bertegangan tinggi untuk mengontrol tidak ada kerusakan atau dalam keadaan baik.

Itu tentu sangat berbahaya karena paparan kabel listrik bahkan bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya. Para pekerja terlibat pada rakitan rangkaian listrik, kabel listrik overhead, dan kabel harness.

Kekhawatiran dari akibat sengatan listrik berada di pikiran mereka, mulai dari jatuh dari ketinggian, kebakaran, keracunan karbon monoksida, dan ledakan. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, pasti ingin pulang dengan selamat ke rumah setiap harinya.

Baca Juga10 Ritual Pemakaman Paling Aneh dan Menyeramkan Di Dunia

Bukan hanya keadaan kabel listriknya saja, melainkan peralatan yang mereka gunakan jika sudah tidak mumpuni juga bisa menyebabkan kematian, misalnya kejutan spontan dalam bentuk getaran atau suara yang ekstrim.

2. Pemanjat Menara Komunikasi

Pemanjat Menara Komunikasi

Pemanjat Menara Komunikasi

Tertulis di artikel di RCR Wireless News, pekerja pemanjat menara komunikasi merupakan salah satu pekerjaan paling mematikan di Amerika Serikat. Di balik mudahnya sistem komunikasi kini, ada fakta yang gelap.

Edwin Foulke Jr., kepala Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, menyatakan bahwa banyak pekerja yang meninggal selama menara ereksi, proses penguatan atau pembongkaran, dan juga akibat pendaki yang tidak terikat pada titik jangkar yang aman serta alat perlindungan mereka rusak.

Seperti yang sudah kita ketahui berkomunikasi via telepon semakin mudah dilakukan kapan dan di mana saja. Kenyataannya hal tersebut didukung oleh para pekerja penantang maut dan dapat disebut mereka berjasa dalam sistem komunikasi ini.

Para pemanjat yang menjaga infrastruktur menara komunikasi setiap hari waspada karena kematian bisa datang tiba – tiba apabila mereka ceroboh. Semua orang benar – benar berhutang terima kasih pada mereka!

3. Pemadam Kebakaran

Pemadam Kebakaran

Pemadam Kebakaran

Pasti banyak di antara kita yang menjadikan pemadam kebakaran sebagai cita – cita di masa kecil. Hal itu karena pemadam kebakaran terlihat keren apalagi saat beraksi memadamkan api dan menyelematkan orang – orang yang terjebak di dalamnya.

Para pemadam kebakaran memang seorang penyelamat sejati. Mereka dengan berani menantang maut demi keselamatan orang – orang yang membutuhkan. Pemadam kebakaran sudah terlatih secara luas untuk hal tersebut.

Mereka mengerti tidak hanya caranya memadamkan kobaran api yang berbahaya tapi juga teknik – teknik penyelamatan penduduk sipil baik yang menjadi korban kebakaran atau bencana lain. Sebisa mungkin para pemadam kebakaran mendahulukan korban dibandingkan dirinya sendiri.

Ketika ada gedung yang runtuh atau terbakar, mereka berusaha menyelamatkan anak-anak, orang dewasa, dan properti tanpa berpikir keselamatan mereka sendiri.

Bangunan yang terbakar tersebut memiliki kandungan asbes di dalamnya dan bisa sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Partikel – partikel asbes terbakar secara bebas menyerang udara di sekitarnya yang menyebabkan bahaya kesehatan.

Tubuh dapat menjadi inang bahan kimia, debu, puing-puing, dan asap yang mengarah ke penyakit berbahaya seperti mesothelioma dan mesothelioma pleura. Itulah yang setiap hari dihadapi oleh para pemadam kebarakan.

4. Nelayan Alaska

Nelayan Alaska

Nelayan Alaska

Pekerjaan sebagai nelayan merupakan salah satu yang termasuk pekerjaan paling berbahaya di dunia. Betapa tidak, mereka harus melaut pada malam hari yang gelap dan terombang – ambing di ombak. Bisa saja saat ada sesuatu yang tidak diinginkan kapal mereka tenggelam dan mereka terseret ombak.

Bukan sekadar nelayan biasa, yang lebih berbahaya lagi ialah nelayan di Alaska. Para nelayan Alaska biasanya memancing kepiting dan itu dapat menjadi hal yang paling berbahaya di dunia. Tercatat para nelayan Alaska punya jumlat kematian tertinggi sampai hari ini.

Hal tersebut pula yang membuat harga jual kepiting sangatlah mahal karena para nelayannya menantang maut demi memancingnya. Nelayan baik pria maupun wanita mempertaruhkan nyawa mereka untuk menangkap kepiting di perairan dingin.

5. Pengemudi Truk

Pengemudi Truk

Pengemudi Truk

Siapa sangka supir truk adalah salah satu pekerjaan yang paling berbahaya di dunia. Ketika berkendara di jalanan, kita sering menjumpai truk – truk melintas dan sedikit mengetahui bahaya apa yang mereka bisa temui.

Pengemudi truk tergolong individu – individu istimewa yang tinggal di jalan dan bepergian tanpa henti dalam pekerjaan mereka untuk mengirimkan barang ke seluruh dunia. Mereka setiap harinya menghadapi kondisi jalan yang sulit, pengemudi yang ugal – ugalan dan melalui banyak malam tanpa tidur.

Tentu saja jam kerja yang demikian dapat menuntun pada keadaan yang tragis, seperti kecelakaan yang banyak menimpa pengemuid truk. Itu sebabnya pengemudi truk termasuk salah satu pekerjaan paling berbahaya.

6. Penebang Pohon

Penebang Pohon

Penebang Pohon

Penebangan adalah hal yang berbahaya dilakukan sepanjang tahun tetapi bahaya musiman paling memuncak pada akhir musim panas dan gugur. Tercatat kematian terbanyak di bidang penebangan terjadi pada bulan Juli, September dan Oktober.

Banyak orang menilai profesi penebangan telah menjadi pilihan teratas dalam daftar pekerjaan berbahaya di dunia. Para penebang pohon harus berbaris di luar rumah dalam cuaca yang sangat dingin.

Selain itu, mereka memiliki pertumbuhan lapangan kerja yang sangat rendah. Mereka bekerja sampai batasnya untuk memanen kayu dari hutan untuk industri komersial. Pohon itu ditebang, dipotong, diseret, dimuat ke truk dan selanjutnya diambil untuk dipotong menjadi potongan – potongan kecil.

6. Mandor Situs Konstruksi

Mandor Situs Konstruksi

Mandor Situs Konstruksi

Konstruksi adalah salah satu bidang pekerjaan yang paling sulit di industri. Mandor konstruksi bertanggung jawab atas penyederhanaan keseluruhan proyek.

Ada kecelakaan fatal yang terjadi setiap hari di lokasi konstruksi dan seorang mandor mengemban amanah tertinggi dalam hal tersebut.

Banyak kejadian pekerja jatuh ketinggian atau hal fatal lain seperti tertimpa reruntuhan bangunan, tersengat listrik atau terpapar bahan kimia berbahaya, asbes, pelarut industri beracun, asap dan debu saat berada di tempat kerja.

Bukan hanya pekerja konstruksinya saja, melainkan mandor yang bertanggung jawab atas semua itu juga menghadapi hal yang sama setiap harinya. Apalagi dengan tuntutan pekerjaan saat kurang istirahat atau kurang fokus hal berbahaya bisa menimpanya.

7. Penambang

Penambang

Penambang

Masyarakat Amerika telah bergeser dari sektor industri ke sektor berorientasi layanan, sehingga “penambang” kurang disebutkan dalam daftar pekerjaan paling berbahaya.

Akan tetapi, ini tidak mengubah fakta bahwa penambang meruapakn satu profesi yang menimbulkan banyak masalah kesehatan bahkan merenggut nyawa terutama saat kecelakaan terjadi. Mereka harus berhati – hati setiap harinya.

Penambang yang bekerja di pertambangan terkena debu Silika dalam jumlah besar yang menyebabkan silikosis atau pembusukan Potter. Ini menyebabkan peradangan dan lesi nodular di organ paru – paru.

8. Bodyguard

Bodyguard

Bodyguard

Selanjutnya yang tergolong pekerjaan paling berbahaya di dunia dan juga paling berat adalah menjadi seorang bodyguard. Seperti yang kita tahu, bodyguard bertugas menjadi kliennya agar tetap aman.

Banyak yang menggunakan jasa bodyguard mulai dari para selebriti, pengusaha, politisi bahkan seorang presiden yang notabene merupakan orang paling penting untuk sebuah negara. Para bodygoard harus selalu siap siaga dan memastikan kliennya aman dari bahaya apapun di bawah perlindungan mereka.

Biasanya para pengawal pribadi ini menjaga kliennya dari tindak kriminal seperti pencurian, penyerangan, penculikan, pembunuhan, pelecehan, kehilangan informasi rahasia, ancaman, atau pelanggaran pidana lainnya.

Itu merupakan tugas yang berat karena mereka mementingkan keselamatan kliennya terlebih dahulu dibandingkan diri sendiri. Tak jarang hal berbahaya yang mengintai mereka tersebut berujung pada kematian.

Baca Juga6 Catatan Sejarah Bencana Alam Paling Mematikan Di Dunia

Demikianlah daftar 8 pekerjaan paling berbahaya di dunia yang mengancam nyawa orang – orang yang melakukannya.

Tentu saja semua orang pasti ingin tetap sehat dan selamat dalam melakukan pekerjaan apapun. Kunci utamanya adalah selalu berhati – hati dalam melakukan setiap pekerjaan dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain yang terlibat.