9 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pemikir Rasional Tingkat Tinggi

9 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pemikir Rasional Tingkat Tinggi

Gambar Ilustrasi Pemikir Rasional

Dalam melakukan sesuatu dalam kehidupan, apakah anda lebih mengutamakan rasional ? . Rasional adalah kondisi dimana anda lebih mengutamakan pertimbangan yang logis atau menggunakan akal sehat dalam mengambil suatu keputusan. Lalu apa tanda bahwa anda adalah orang yang lebih mengutamakan rasional ?

Dikutip dari lifehack, berikut ini adalah 10 tanda bahwa anda cenderung lebih mengutamakan akal sehat ketimbang emosi dalam mengambil suatu sikap.

1. Kamu Lebih Sering Memandang Masa Depan Ketimbang Masa Lalu

Orang-orang yang selalu berpikir kedepan adalah orang yang cenderung menggunakan akal sehatnya dalam memandang kehidupannya. Jika kamu memiliki sesuatu yang buruk di masa lalu, kamu seharusnya tidak berkecil hati dan memiliki kekhawatiran yang berlebih. Pasalnya ada masa depan yang masih suci dan kamu tuju.

2. Kamu Cenderung Menanyakan Sebuah Alasan

Jika ada seseorang yang tidak datang ke pesta anda, anda sangat penasaran alasan mengapa ia tidak datang. Ini adalah cara berpikir rasional yang cenderung mencari penyebab suatu kejadian. Anda tidak langsung berpikir negatif jika mendapati suatu peristiwa seperti ini. Umumnya, orang-orang yang menggunakan mood atau emosinya, akan menyalahkan tanpa mencari alasan.

3. Kamu Sering Membuat Rencana

Orang-orang yang menggunakan logika cenderung sering membuat suatu rencana dan mengerjakannya. Dalam mengerjakan sesuatu, anda membutuhkan sebuah rencana yang kuat dan persiapan yang matang. Kamu adalah tipe yang tidak bisa instan dalam melakukan sesuatu. Kamu tentu saja membutuhkan persiapan.

Baca Juga: 11 Hal Yang Dilakukan Dalam Pengembangan Diri Mencapai Sukses

4. Kamu Sering Kali Mencatat atau Mengingat Kekurangan atau Kelebihan Saat Mengambil Keputusan

Karena cenderung menggunakan rasional, kamu seringkali melihat kearah dua sisi yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan menjadi seorang pengambil keputusan yang lambat. Kamu sangat memikirkan kedua hal dari suatu masalah. Baik itu dampak baik atau buruk dari keputusanmu.

5. Bagimu Tidak Ada Yang Tidak Mungkin Asalkan Memiliki Cara Yang Tepat

Pemikir rasional adalah orang-orang optimis terhadap apa yang dilakukannya. Ia menyadari bahwa dengan suatu metode yang tepat, maka misi yang ingin dicapi akan lebih mudah didapatkan. Mungkin orang lain berkata bahwa kamu tidak melakukan itu, tetapi kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

6. Kamu Sangat Cepat Dalam Mencari Informasi

Kamu adalah orang yang ahli dalam mencari sebuah informasi. Dengan kemampuan logika tingkat tinggi, kamu adalah orang yang tepat jika ditugaskan mencari suatu informasi. Jika kamu merasa bahwa kamu memiliki kemampuan ini, maka kamu adalah tipikal manusia dengan tingkat rasional yang tingg.

7. Kamu Tidak Memikirkan Suatu Hal Terlalu Lama

Kamu adalah orang yang cepat dalam melupakan sesuatu. Tanpa menggunakan emosi, kamu cenderung cepat melupakan sesuatu yang telah usai. Orang-orang yang memiliki tingkat rasional yang tinggi, akan sangat sulit untuk sedih terlalu lama atau galau akibat putus cinta

8. Kamu Suka Catur Dan Permainan Logika

Catur adalah game dengan tingkat logika yang tinggi. Hanya orang-orang dengan tingkat rasional yang tinggi bisa memainkan game ini dengan maksimal. Selain itu, kamu sangat suka terhadap suatu problematika dan berusaha memecahkannya. Ini adalah salah satu kelebihan dari pemikir rasional.

9. Kamu Tidak Akan Membiarkan Emosi Menguasaimu

Emosi membuat kita berpikir tidak rasional dan tidak tenang. Kamu adalah orang yang sangat pintar dalam mengendalikan hal ini. Kamu tidak akan membiarkan emosi mengacaukan keputusan yang kamu ambil. Sebagai manusia biasa, tentu saja kita memiliki emosi, namun orang-orang yang memiliki tingkat rasional yang tinggi, tidak akan terganggu oleh hal-hal tersebut.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Yang Membuat Pikiran Anda Menjadi Tidak Bahagia

Demikian beberapa tanda bahwa kamu adalah orang yang memiliki tingkat rasional yang tinggi. Walaupun sering dianggap buruk karena tidak punya hati, tetapi ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki sifat dan karakter tersebut.

9 Tanda Bahwa Kamu Adalah Pemikir Rasional Tingkat Tinggi | Siopung | 4.5