9 Pemimpin Paling Kejam Sepanjang Sejarah di Dunia

Pemimpin Paling Kejam Di Dunia

Pemimpin Paling Kejam Di Dunia

Sejarah mencatat sampai hari ini bahwa kekuasaan telah menghasilkan beberapa pemimpin terbaik dan beberapa pemimpin paling kejam yang dikenal. Terlepas dari kewajiban pemimpin untuk mengayomi orang – orang yang mengikutinya, itu kembali lagi pada kepribadian mereka masing – masing.

Ada pemimpin bijaksana yang mewujudkan kualitas hidup yang baik untuk rakyatnya, sedangkan di bagian dunia lain ada mereka yang hanya haus akan kekuasaan.

Keegoisan sebagian pemimpin tersebut menyebabkan penyalahgunaan kekuasaan yang sangat besar hingga mengakibatkan pembunuhan dan kehancuran kehidupan yang tak terhitung jumlahnya. Bukannya makmur, rakyatnya justru malah menderita.

Berbicara soal hal itu, di bawah ini terangkum mengenai daftar rezim pemimpin paling kejam sepanjang sejarah.

1. Kim Jong il

Kim Jong il

Kim Jong il

Kim Jong Il dianggap sebagai salah satu pemimpin kejam yang paling sukses di Korea Utara. Mulai berkuasa pada tahun 1994, Kim mewarisi Korea Utara yang miskin dan sangat kelaparan dari rezim sebelumnya.

Alih – alih membantu mereka, Kim justru mengalirkan uang negara untuk membangun militer terbesar kelima di dunia yang kemudian mengakibatkan jutaan rakyatnya mati kelaparan. Ia menipu Amerika Serikat agar memberinya teknologi untuk bisa membangun senjata nuklir.

Baca Dulu6 Kasus Hoax Yang Berakibat Fatal Sepanjang Sejarah Dunia

Senjata nuklir tersebut kemudian digunakan pemerintahan Kim untuk meneror Korea Selatan dengan ancaman, serangan bom di Myanmar, membunuh para pejabat Korea Selatan, dan bahkan menenggelamkan salah satu kapal selamnya.

2. Vladimir Lenin

Vladimir Lenin

Vladimir Lenin

Vladimir Lenin merupakan pemimpin pertama dan revolusioner Uni Soviet, menggulingkan monarki dan mengubah Rusia menjadi negara totaliter. Namun, rezim yang disebut juga The Red Terror atau Teror Merah adalah klaim yang menggiring pada keburukan.

Kampanye besar – besaran oleh Vladimir Lenin tersebut di bawah pemerintahan Bolshevik untuk memenjarakan dan mengeksekusi mereka yang sebelumnya berkuasa.

Selain para petinggi, rezim ini juga mengancam petani, pekerja industri, pendeta dan siapa saja yang menentang pemerintah Bolshevik.

Dalam beberapa bulan pertama Vladimir Lenin berkuasa, setidaknya sudah ada 15.000 orang meninggal, para pendeta dan biarawati disalib, dan menjadi hal yang umum ketika polisi menculik seorang pria kemduian istri dari orang tersebut akan datang dan membelinya dengan tubuh sang wanita.

3. King Leopold II

King Leopold II

King Leopold II

Leopold II merupakan seorang Raja Belgia. Sang Raja Belgia tersebut memiliki nama julukan terkenal yaitu The Butcher of Congo atau Tukang Daging Kongo.

Leopold II mendapatkan sebutan itu karena kepemimpinannya yang sadis dan ia ingin mengeksploitasi daerah yang dipimpinnya.

Dia memerintah dengan menyebarkan teror di koloni dengan pasukannya. Meskipun sebagai seorang raja ia sendiri tidak pernah menginjakkan kaki di Kongo, Rezim Leopold membantai sampai 10 juta orang Kongo.

Raja Leopold II sering memerintahkan pasukannya untuk memotong tangan para pemberontak sebagai bukti kekuasaannya. Akhirnya, kabar tentang rezimya yang kejam dan sadis tersebut pun tersebar. Hal tersebut membuat banyak tekanan dari luar untuk Leopold II turun jabatan.

Pemerintahan Raja Leopold II ketika itu benar – benar menghancurkan negara dan memberikan penderitaan bagi rakyatnya selama beberapa dekade.

4. Pol Pot

Pol Pot, Pol Pot, Pemimpi Kamboja Paling Kejam Di Dunia

Pol Pot

Memimpin pemerintah Komunis Khmer Merah di Kamboja, Pol Pot mengumpulkan para akademisi, ilmuwan, guru, penduduk kota, pemimpin agama dan hampir semua orang berpendidikan dan menempatkan mereka di sebuah perkemahan yang kemudian menjadi tempat mereka dieksekusi secara massal.

Pol Pot memimpin sebuah kediktatoran totaliter. Pemerintahnya memaksa para penduduk kota pindah ke pedesaan untuk bekerja di pertanian dan proyek kerja paksa.

Akibat dari eksekusi, kondisi kerja yang berat, kekurangan gizi dan perawatan medis rendah kemudian menewaskan sekitar 25 persen dari populasi penduduk Kamboja.

Selama masa pemerintahan Pol Pot, diperkirakan dua juta orang meninggal karena kelaparan, eksekusi, atau penyakit yakni dari tahun 1975 hingga 1979. Setelah kematian Pol Pot, banyak rumor yang beredar bahwa ia bunuh diri atau ada juga kabar yang menyebutkan ia diracun.

5. Mao Zedong

Mao Zedong, Pemimpin Revolusi Komunis China Yang Paling Kejam

Mao Zedong, Pemimpin Revolusi Komunis China Yang Paling Kejam

Mao Zedong merupakan seorang revolusioner komunis yang memimpin dan mengambil alih Tiongkok menjadi sebuah pemerintahan komunis.

Teori Marxis-Leninis, strategi militer, dan kebijakan politiknya yang dikenal juga sebagai Marxisme-Leninisme-Maoisme atau Pemikiran Mao Zedong membuatnya menjadi sosok penting dalam sejarah modern Tiongkok

Di bawah kepemimpinannya, Mao melembagakan reformasi tanah besar – besaran. Ia tak segan mencuri sebidang besar tanah dari pemilik tanah melalui kekerasan dan teror.

Ketika ada kritik yang ditujukan kepadanya, Mao Zedong dengan cepat menghancurkan sumber ‘pertikaian’ tersebut. Yang paling kejam dari rezim Mao Zedong adalah kampanye “Lompatan Jauh ke Depan” yang menyebabkan kelaparan hebat dari tahun 1959 hingga 1961 dan mengakibatkan kematian 40 juta orang.

6. Osama Bin Laden

Osama Bin Laden, Pemimpin Teroris Paling Kejam Di Dunia

Osama Bin Laden

Sebagai salah satu teroris paling terkenal sepanjang sejarah, Osama Bin Laden adalah pendiri Al Qaeda yang kemudian melakukan beberapa serangan teroris terhadap Amerika Serikat. Pada tahun 1998, Osama bin Laden memerintahkan pemboman kedutaan AS di Kenya dan menewaskan 300 orang.

Tak hanya itu saja, peristiwa serangan bersejarah yakni 11 September 2001 yang menewaskan 3.000 warga sipil tak berdosa ini juga aktivitas terorisme dari Al Qaeda yang dipimpin Osama bin Laden.

Banyak dari perintahnya juga menewaskan pasukannya sendiri misalnya perintah tindakan untuk melakukan aksi bom bunuh diri.

Pada 2 Mei 2011 Osama bin Laden berhasil tertangkap dan tewas dalam serangan militer Amerika Serikat di Abbottãbad, Pakistan yang menjadi tempat persembunyiannya selama ini.

Setelah kematiannya muncul teori konspirasi seperti bahwa Osama telah meninggal pada pada Desember 2001 dan ada juga yang menyebutkan ia meninggal karena sakit pada tahun 2006.

7. Emperor Hirohito

Emperor Hirohito, Kaisar Jepang Yang Paling Kejam

Emperor Hirohito

Kaisar Hirohito yang dikenal di Jepang dengan Kaisar Showa merupakan seorang pemimpin Jepang dengan citra kekejaman serta kejahatan perang terburuk dalam sejarah manusia. Salah satu di antaranya adalah Pembantaian Nanking di mana ribuan diperkosa dan dibunuh ke Unit 731.

Itu merupakan tindakan mereka dalam melakukan eksperimen biologis yang mengerikan pada orang yang mengakibatkan 300.000 orang meninggal. Meskipun Kaisar memiliki kekuatan untuk menghentikannya, kenyataannya dia tidak melakukan apa pun.

Pada masa kekaisaran Hirohito, Jepang tercatat terlibat dalam berbagai peperangan di antaranya Manchuria (1931), Nangking (1937), dan Perang Dunia II dengan menyerang Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour.

8. Joseph Stalin

Joseph Stalin, Diktator Paling Kejam

Joseph Stalin

Selama rezim pemerintahan Stalin di A.S.R., ia mengambil alih sebidang tanah yang luas. Jutaan petani menolak menyerahkan tanah mereka yang kemudian mereka semua dieksekusi oleh Joseph Stalin.

Hal tersebut turut menyebabkan kelaparan di seluruh Rusia dan mengakibatkan jutaan orang meninggal.

Di bawah pemerintahan totaliternya, ia memperluas polisi rahasia, mendorong warga untuk saling memata – matai, dan jutaan orang terbunuh atau dikirim ke Gulag. Totalnya ada dua puluh juta orang meninggal di bawah pemerintahannya yang brutal dan kejam.

Sebagian orang yang memuja Stalin menganggap ia adalah pahlawan sebagai seorang pemimpin yang berjasa membangun Uni Soviet menjadi sebuah kekuatan besar di mata dunia. Namun demikian, sebagian besar mengutuk rezim totaliter Joseph Stalin karena berbagai tindakan penindasan massal, genosida, eksekusi atau hukuman mati, dan bencana kelaparan yang merenggut jutaan korban jiwa.

9. Adolf Hitler

Adolf Hitler, Pemimpin Jerman Paling Kejam

Adolf Hitler

Pemimpin paling kejam selanjutnya adalah Adolf Hitler. Namanya dikenal di seluruh dunia sebagai pemimpin paling jahat dan destruktif dalam sejarah manusia. Hitler merupakan tokoh utama dari kelompok Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Dengan pidato penuh amarah dan kebencian, perintahnya atas Kristallnacht, mereka melakukan invasi sewenang – wenangnya ke negara – negara Eropa dan Afrika.

Yang paling terkenal dari kekejaman rezim Adolf Hitler ialah perintahnya atas pembunuhan jutaan orang Yahudi yang disiksa, diperkosa, dan dieksekusi di kamp – kamp konsentrasi, ditambah kekejaman lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang diketahui dan tidak diketahui.

Kebijakan Adolf Hitler mengakibatkan kematian sekitar 50 juta orang selama berjalannya Perang Dunia II, termasuk 6 juta kaum Yahudi dan 5 juta etnis “non-Arya”.

Hitler yang menikahi kekasih, Eva Braun, tanggal 30 April 1945 kemudian dua hari setelahnya ditemukan tewas karena bunuh diri untuk menghindari pengejaran oleh Angkatan Darat Merah. Mayat mereka berdua pun lalu dibakar.

Baca Juga10 Negara Adidaya Dengan Tentara Militer Terkuat di Dunia

Demikianlah rangkuman soal 9 pemimpin rezim paling kejam sepanjang sejarah. Meskipun beberapa pemimpin kejam tersebut membuat rakyatnya menderita, tak dipungkiri sebagian berhasil menorehkan prestasi bagi negaranya maupun sejarah di ranah politik.

Akan tetapi, sebaiknya sebagai pemimpin yang baik perlu mengayomi rakyatnya sehingga mereka hidup makmur dan negara berjalan damai sebagaimana mestinya.