11 Hal Yang Dilakukan Dalam Pengembangan Diri Mencapai Sukses

Pengembangan Diri

Foto Ilustrasi Pengembangan Diri Dalam Mencapai Kesuksesan Hidup Via Pixabay.com

Pengembangan diri adalah suatu hal yang wajib kamu lakukan untuk mendapatkan kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya . Faktanya, jika kamu berdiam diri dan hanya mengandalkan kemampuanmu saat ini, tentu saja kamu akan jauh tertinggal dari orang-orang yang lain . Didalam bisnis, inovasi sangat diperlukan, didalam kepribadian, pengembangan diri wajib kamu lakukan .

Untuk mendapatkan dirimu lebih berkembang daripada sebelumnya, kamu tidak harus jauh-jauh untuk belajar atau hanya sekedar keluar negeri untuk menambah pengalaman dan pengetahuan dirimu terhadap segala hal . Faktanya, mereka yang mencapai sukses luar biasa memperhatikan hal-hal yang sangat sederhana .

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pengembangan diri yang labih baik lagi.

1. Membaca Buku Setiap Hari

Ini adalah kegiatan yang sangat jarang digemari . Namun tahukah kamu, membaca dapat memperluas sudut pandangmu terhadap segala hal . Termasuk dalam mencapai kesuksesan yang kamu inginkan . Kesuksesan sendiri tergantung apa yang kamu inginkan . Jika sudut pandang dan pemikiranmu menjadi luas setelah membaca, maka kesuksesanmu sendiri memiliki makna yang lebih luas lagi .

Membaca adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang sukses . Salah satunya adalah Bill Gates . Ia mengakui bahwa dirinya adalah seorang yang sangat kutu buku . Bahkan ia dapat menghabiskan waktu seharian hanya untuk membaca buku . Apakah dia orang sukses ? satu harian hanya untuk membaca ? Lihat dirinya yang saat ini . Ia dinobatkan sebagi orang tersukses di dunia .

Kesuksesan yang ingin kamu capai bukan dilihat dari segi kuantitas . Tapi kualitas dari tindakanmu mempengaruhi kesuksesan seperti apa yang ingin kamu raih . Dengan membaca, kamu membuka cakrawala dan pengetahuanmu lebih luas dan lebih dalam lagi .

2. Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing melatih otakmu untuk bekerja secara kreatif . Orang-orang sukses memiliki pengetahuan bahasa diluar bahasa ibu yang lebih banyak lagi . Ini menunjukkan bahwa mempelajari bahasa asing memberi indikasi yang baik bagi kesuksesan kehidupan seseorang . Untuk hal sederhana, mengetahui bahasa inggris akan membuat dirimu mampu mengetahui banyak hal .

Baca Dulu 5 Cara Kreatif Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

Pada saat ini, berbagai jenis pekerjaan yang ditawarkan sudah menuntut kita untuk mengetahui setidaknya satu bahasa asing . Contoh nya saja adalah perusahaan internasional yang mewajibkan karyawannya untuk menguasai bahasa asing . Hal ini sangat diperlukan dalam berkomunikasi . Mereka yang mengetahui bahasa asing memiliki wawasan yang lebih luas .

3. Berolahraga

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat . Pepatah cukup mewakili apa yang kita bahas kali ini . Orang-orang yang sukses memiliki pemikiran dan mental yang kuat . Kamu tidak akan mendapatkan hal tersebut jika kondisi tubuhmu tidak memungkinkan . Berolahraga adalah salah satu aktifitas yang dapat menyehatkan tubuh .

Pastikan dirimu menyempatkan setidaknya 3-2 kali dalam berolahraga dalam seminggu . Hal ini akan membantumu mendapatkan kondisi tubuh yang fit setiap hari . Untuk menjadi sukses, kamu perlu bekerja keras, untuk dapat bekerja keras, kamu perlu tubuh yang sehat .

4. Membuat Sebuah Target Dalam 5 Tahun, Dan Tuliskan Cara Merealisasikannya

Untuk bergerak, kamu memerlukan sebuah perencanaan dan target yang ingin kamu tuju . Hal ini sangat penting mengingat orang-orang yang sukses tidak bergerak tanpa tujuan . Tujuan merupakan sebuah hal yang dasar untuk kamu melakukan pengembangan diri . Kamu melakukan pengembangan diri karena kamu memahami apa yang menjadi tujuannya .

Membuat target kecil bulanan, tahunan, atau 5 tahunan membuat dirimu tidak akan menyia-nyiakan banyak waktu. Pastikan bahwa kamu memiliki tekad yang kuat untuk mencapai apa yang menjadi target dalam hidupmu . Jika target dalam hidup terasa lebih luas, kamu bisa membuat target dalam pekerjaan .

5. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Mulailah saat ini untuk meninggalkan kebiasaan buruk . Kenapa kebiasaan buruk sulit dihentikan ? . Suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan memang sangat normal jika sulit ditinggalkan . Diperlukan kemauan yang kuat dari dalam diri anda untuk meninggalkan hal-hal yang buruk . Jika dahulu kamu menghabiskan waktu terlalu lama untuk hal yang sia-sia, kini kamu harus meninggalkannya . Mulailah bekerja dan mengejar apa yang kamu cita-cita kan .

Pengembangan diri tidak akan berhasil jika kamu masih hidup dengan cara yang lama . Sebuah kebiasaan yang buruk dalam hidup akan membuat dirimu terhambat . Mulai saat ini, pastikan kebiasaan tersebut kamu hilangkan agar dapat memuluskan jalanmu menuju kesuksesan.

6. Menghindari Orang-Orang Negatif

Lingkungan adalah hal yang paling dominan membentuk karakter dan kepribadianmu . Mendekati orang-orang yang memiliki jiwa positif dan meninggalkan orang-orang negatif merupakan usaha yang dapat kamu terapkan dalam membantu dirimu mencapai kemajuan hidup . Seperti halnya kamu mejauhi orang-orang yang malas atau tidak memiliki misi dalam hidupnya .

Sebuah kalimat dari motivator yang mengatakan bahwa “Untuk menjadi baik kamu harus mendekati orang baik, untuk menjadi sukses kamu harus mendekati orang-orang sukses”, ini adalah konsep dasar dimana lingkungan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupanmu .

7. Berhenti Menonton Televisi

Menonton televisi merupakan tindakan yang baik bagi diri jika tayangannya memiliki tujuan yang baik . Namun faktanya pada saat ini hanya sedikit tayangan televisi yang benar-benar mendidik. Adapun sebaiknya hindari atau berhenti untuk menyaksikan televisi. Mulailah cari kegiatan yang benar-benar bermanfaat untuk dirimu .

Melalui sebuah penelitian terbaru, menonton televisi memberikan efek malas bahkan dapat memperlambat pengembangan diri. Kecenderungan mereka yang suka menonton televisi mengklaim bahwa dirinya mendapatkan banyak pengetahuan, ternyata sebaliknya .

Mereka yang terlalu lama menghabiskan waktu menonton televisi memiliki kecendrungan tersingkir atau kalah dari persaingan . Hal ini dikarenakan ia hanya memiliki sedikit waktu untuk menciptakan pengalaman baru bagi dirinya .

8. Melepaskan Masa Lalu

“Terjebak Nostalgia” mungkin anda mengetahui makna dari lagu Raisya tersebut . Terjabak pada masa lalu atau hanya melihat masa lalu membuat anda lupa terhadap masa depan . Hal ini lah yang membuat dirimu menjadi tidak berkembang . Memandang masa depan adalah tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang mengubah dunia . Mereka cenderung melihat masa depan dan hanya sedikit melihat masa lalu .

Melihat masa lalu membuatmu hidup di masa lalu . Melihat masa depan membuatmu hidup di masa depan . Sekarang, kamu mau hidup dimana ?

9. Memulai Hobi Baru Dan Mempelajari Hal Baru

Daripada hanya menonton televisi, sebaiknya kamu cari suatu hal yang diluar pengetahuanmu sebelumnya . Hal ini akan membuat wawasan dan pengetahuanmu lebih luas daripada sebelumnya . Hobi adalah kegiatan dimana seseorang menghabiskan banyak waktu untuk itu . Jadi, jika anda tahu bahwa hobi dapat menghabiskan waktu yang banyak dalam hidup anda, maka carilah hobi yang benar-benar memiliki manfaat .

Tidak hanya untuk kesenangan saja, kamu dapat memanfaatkan hobi untuk mencari rupiah. Seperti hobi melukis, mendesain sesuatu, atau hanya sekedar hobi memotret manusia, bisa kamu manfaatkan untuk dapat memberikan keuntungan darimu dari segi materi . Hati-hati, hobi seringkali membuat seseorang tidak berkembang, pahami hobimu dan carilah hobi baru yang bermanfaat untukmu .

10. Belajar Menghadapi Orang-Orang Yang Sulit

Belajar menghadapi orang-orang yang sulit seperti bos, konsumen, atau apapun itu, membantumu untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi . Tidak hanya akan membantumu menjadi orang yang siap untuk itu, kamu juga akan menjadi orang yang lebih berani menghadapi masalah apapun itu .

Mental merupakan suatu hal yang harus kamu perhatikan dari dirimu . Menjadi orang yang berwawasan hebat tidak akan mengubahmu jika kamu bukanlah orang yang memiliki mental yang kuat . Dari segi mental, kamu haru melatih diri untuk menjadi sosok yang lebih berani .

11. Pahami Kekuarangan Dan Kelebihanmu

Ini adalah hal yang sangat jarang diperhatikan oleh banyak orang . Introspeksi diri adalah hal wajib yang kamu lakukan untuk mengetahui sejauh mana progres yang sudah kamu dapatkan . Untuk dapat melakukan pengembangan diri lebih baik daripada sebelumnya, kamu harus tahu hal-hal apa saja yang ada pada dirimu .

Baca Juga 10 Kebiasaan Yang Membuat Pikiran Anda Menjadi Tidak Bahagia

Jika kamu mengetahui kelebihanmu, kamu akan berusaha untuk memanfaatkannya . Jika kamu pahami kekuranganmu, kamu akan berusaha untuk menghilangkannya atau memperbaikinya . Hal-hal diatas merupakan langkah-langkah yang dapat kamu terapkan dalam pengembangan diri setiap hari .

11 Hal Yang Dilakukan Dalam Pengembangan Diri Mencapai Sukses | Siopung | 4.5

Related Post

Cara Mendapatkan Voucher Lazada Terbaru Di Shopbac... Ingat Cashback Ingat Shopback Indonesia Jika kamu berbelanja di situs e-commerce pasti mengeluarkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan harus perg...
Inilah Mimpi Yang Menjadi Pertanda Rezeki Kamu Aka... Mimpi adalah sebuah misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan . Ilusi visualisasi dari pikiran yang terjadi disaat kita sedang tidur, ternyata me...
Duke Kahanamoku: Penemu Olahraga Selancar ( Surfin... Duke Kahanamoku adalah seorang pria yang pernah mendapatkan medali emas di Olimpiade dan lebih dikenal sebagai penemu olahraga surfing atau selancar ....
Cara Mengobati Sakit Gigi Sembuh Dalam 3 Hari Mengobati sakit gigi dapat dilakukan dengan berbagai cara tradisional . Metode pengobatan turun temurun ini ternyata sangat manjur untuk dapat meredah...
Pertanyaan Umum dan Jawaban Seputar 4G Lengkap 4G adalah salah satu teknologi standar keempat dari jaringan telepon seluler yang menggunakan jaringan pita lebar ultra, yang mampu memberikan kecepat...
10 Cara Ampuh Membuat Rambut Tebal, Hitam Dan Cepa... Gambar Ilustrasi Rambut Yang Sehat Via Pixabay.com Mendapatkan rambut sehat adalah impian setiap wanita dimanapun berada. Dengan kondisi tersebut,...
5 Makanan Indonesia Yang Disukai Turis dan Terkena... Gambar Makanan Indonesia Via Google.co.id Anda sudah banyak menyaksikan siaran dan berita mengenai kuliner – kuliner Indonesia yang sudah sangat m...
Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu AS 2017 Masa aktif kartu as hanya dibatasi selama 30 hari saja . Hal ini tentu saja merupakan kebijakan yang dikeluarkan langsung oleh pihak Telkomsel kepada ...
Cara Membuat Batu Akik Cepat Tua Dengan Air Kelapa Batu akik disebut tua oleh para gemslover apabila sudah dalam bentuk kristal sempurna dan memiliki teksutur yang kuat . Bentuk kristal dari batu akik ...
Penyebab Batu Black Jade Tidak Tembus Cahaya Batu black jade mengandung beberapa kandungan dari senyawa logam besi oksidasi , dan mengalami perubahaan yang sangat lama . Beberapa kandungan logam ...