5 Penyebab Kematian Mendadak Setelah Olahraga Dari Segi Medis

5 Penyebab Kematian Mendadak Setelah Olahraga Dari Segi Medis

Foto Aktifitas Olahraga Via Pixabay.com

Kasus meninggal mendadak setelah melakukan aktifitas olahraga sering kali kita dapatkan kabarnya. Kasus seperti ini semakin meningkat di indonesia. Bahkan pelawak senior Basuki mengalami insiden meninggal mendadak setelah bermain futsal bersama dengan sahabat-sahabatnya.

Berdasarkan kasus umum yang banyak terjadi selama ini, kematian yang ditimbulkan merupakan akibat berhentinya sistem kerja jantung secara mendadak. Ada banyak aspek yang menyebabkan seseorang mendapatkan hal tersebut. Mulai dari penyakit yang bersarang di tubuh hingga itensitas waktu berolahraga yang begitu lama.

Baca Juga 5 Tips Gaya Hidup Sehat Agar Awet Muda Dan Panjang Umur

Selain itu, ada banyak penyebab mengapa seseorang mengalami insiden kematian mendadak setelah berolahraga. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Adanya Kelainan Jantung Kongenital

Hal ini merupakan kondisi cacat jantung yang dibawa seseorang sejak lahir. Ini adalah kasus yang sangat langka dan sulit untuk dideteksi sejak dini. Kelainan ini menyebabkan sistem jantung tidak bekerja secara maksimal dan menyebabkan gangguan jika dipaksakan untuk melakukan aktifitas yang berat seperti berolaharga. Penyakit bawaan seperti ini, dapat disembuhkan dengan melakukan tindakan operasi pada area jantung.

2. Kelainan Otot Pada Jantung

Ini adalah kondisi dimata otot jantung mengalami pembengkakkan atau pembesaran yang berakibat sistem kerja jantung tidak berjalan secara normal. Berdasarkan data yang kami temukan, banyak atlet di dunia yang mengalami kematian setelah atau saat berolahraga disebabkan oleh hal ini.

Hampir sama dengan kelainan pada jantung kongenital, penyakit seperti ini merupakan faktor genetik bawaan yang sangat sulit untuk dicegah.

3. Aritmia

Aritmia atau dikenal dengan sebutan ketukan jantung. Ini adalah gangguan yang disebabkan oleh energi atau faktor lainnya yang ada disekitaran jantung, yang menyebabkan jantung berdetak lebih lambat daripada seharusnya, bahkan lebih parah lagi jantung berhenti bekerja. Merokok dan jarang mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan penyebab seseorang mendapatkan serangan ini.

4. Penyumbatan Pada Arteri Jantung

Ada banyak hal yang menjadi penyebab arteri pada jantung mengalami penyumbatan. Kadar kolstrol dalam darah yang begitu tinggi bisa menjadi penyebab yang paling dominan dari banyaknya kasus yang ditemui. Akibat adanya penyumbatan arteri pada jantung, menyebabkan kerja jantung mengalami masalah.

Jika tidak mendapatkan kejutan seperti batuk, penyumbatan tersebut dapat menyebabkan kematian.

5. Infeksi

Menghisap sesuatu yang kotor seperti rokok, asap kendaran, dapat menyebabkan area jantung mendapatkan pembengkakan. Virus dan bakteri yang menyerang memberikan infeksi pada organ-organ penting pada tubuh anda. Sehingga, jantung anda tidak bekerja secara maksimal. Pada tahap yang lebih parah, jantung akan mengalami kerusakan dan menyebabkan kematian mendadak.

Baca Juga 5 Kombinasi makanan dan Minuman Yang Berbahaya Dikonsumsi

Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, kamu sebenarnya dapat menghindari beberapa hal diatas menyerangmu. Jika kamu mendapati kondisi jantung yang bermasalah, sebaiknya periksakan sesegera mungkin ke dokter terdekat.

 

5 Penyebab Kematian Mendadak Setelah Olahraga Dari Segi Medis | Siopung | 4.5