10 Peribahasa Jepang Ini Membantumu Mencapai Resolusi Di 2017

10 Peribahasa Jepang Ini Membantumu Mencapai Resolusi Di 2017

Gambar Ilustrasi Resolusi Di Tahun 2017 Via Pixabay.com

Negara dengan sebutan matahari terbit ini memiliki kekhasan tersendiri dan cukup mencolok khususnya untuk kawasan di Asia. Bagaimana tidak, negara yang terkenal akan kedisiplinan waktunya ini memiliki kebiasaan dan standar pekerjaan tinggi. Maka dari itu, Jepang merupakan salah satu negara yang patut kita contoh.

Berikut 10 kata-kata dalam peribahasa Jepang yang akan membantumu untuk mengakhiri tahun 2016 ini dengan semangat penyambutan datangnya tahun 2017.

1. Tabi no haji wa ‘KAKI’ sute / Miliki Rasa Malu Dimanapun Dirimu Berada

Pernahkah anda tertawa lepas dimuka umum? Atau gemar bertingkah konyol bersama teman – teman anda? Hal ini sebaiknya dibatasin, karena memilki rasa malu sudah cukup membuat anda membatasi perilaku yang memang anda miliki namun tidak untuk dibiasakan.

Jika anda memang seorang yang humoris, maka tertawalah seadanya, atau jika anda mudah tersinggung maka tariklah nafas yang panjang dan segera redam amarah anda dengan mencairkannya dengan cara berdiskusi.

2. Wazawai ten jite ‘fuku’ to naasu / Selalu Ada Jalan Didalam Ketidakberuntungan

Mengeluh sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Walau pada dasarnya hanya ingin sekedar memberitahu keadaan anda, namun hal itu malah terdengar seperti curhatan anda yang paling memalukan. Kunci agar tidak mengeluh adalah bersyukur, namun beberapa orang masih belum mengerti manfaat dan lega nya hati karena bersyukur.

Beberapa orang ingin ditenangkan dengan nasehat, bantuan, atau malah penyemangat yang sebenarnya malah bertindak lebih buruk. Maka dari itu, cukup berfikiran positif & jangan tamak, karena ketidak beruntungan anda tersebut bisa jadi memanglah jalannya untuk mendapatkan hal yang jauh lebih baik dari yang anda targetkan.

3. Sho-nen yo ‘Taishi’ wo idake / Pria Haru Berambisi

Objek adalah pria, maka maksud dari peribahasa jepang tersebut adalah seorang pria haruslah memiliki keinginan yang kekeuh. Saat pria sudah tertarik pada satu hal, maka ia harus mampu menguasainya. Begitu juga dengan ketertarikannya terhadap hal – hal yang lain, karena pria yang berambisilah yang dibutuhkan oleh siapa saja. Maksud berambisi ini bukanlah ‘memaksa’.

Namun, berambisi yang dimaksud ini adalah harus memiliki ‘motto’ atau tujuan hidup yang luas sehingga pria dapat memenuhi tanggung jawabnya untuk menjadi objek yang hebat dalam mengubah dunia.

4. suki koso mono no ‘Jo – Zu’ nare / Segala Sesuatu Akan Mudah Jika Dilakukan Dengan Sukarela

Dalam kitab apapun, dipelajari dan dianjurkan pada setiap umat agar bersikap ikhlas.Hal ini sangat mempengaruhi keseharian anda dalam bertindak dan berperilaku. Bagaimana tidak? Rasa sukarela seperti ini membuat anda menjadi tenang dan lebih bahagia.

Jika anda menilai sesuatu dari prosesnya, coba lihat hasil dan tujuan atas pencapaian proses tersebut. Namun jika sebaliknya, maka proses yang tidak anda pikirkan, sebaiknya dijalanin dan dinikmati walau bagaimanapun keadaanya, karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.

5. Sode suri au mo tashou no ‘En’ / Bahkan Sebuah Kesempatan pun Ditakdirkan

Jika anda sering kecewa, mengeluh, dan mengumpatin hasil dari sebuah proses yang sudah anda jalanin, maka lekaslah berpikir positif. Anda tentu sudah sering mendengar ‘Jodoh, Maut, Rezeki, sudah ada yang Mengatur’. Namun, beberapa orang sudah terlanjur beranggapan Penciptanya tidaklah adil. Jika dipikir – pikir suatu hal kecil yang anda pernah lupakan, sebenarnya itu adalah salah satu dari hal yang besar yang sebenarnya bisa membantu anda.

Sebuah kesempatan merupakan pilihan – pilihan yang telah diberikan untuk anda. Maka pilihan anda, adalah jalannya anda. Tidak perlu menyesal untuk memulai atau takut untuk mengakhiri, jika anda merasa sesuatu itu harus dijalanin, maka jalaninlah dengan senang hati.

6. Tatake yo saraba ‘Hirakaren’ / Ketuklah, Maka Akan Terbuka Untukmu

Berusaha adalah kunci dari keberhasilan. Sedangkan berdoa, adalah kunci untuk memuluskan jalan anda meraih keberhasilan. Maka berusahalah pada apa yang anda tuju. Biasakanlah hal – hal baik disekitar anda untuk ikut campur dalam kesusahan anda. Jika anda gagal, kenapa tidak anda coba lagi? Bagaiamana jika masih gagal? Coba anda renungkan kegagalan anda, dan pikirkan baik – baik tindakan salah seperti apa yang sudah anda lakukan? Jika anda sudah mengerti maka jangan takut untuk mencobanya lagi.

Jika anda masih gagal, mungkin sebenarnya kesalahan tidak terletak pada anda, tetapi pada apa yang anda tuju.

7. Au wa ‘wakare’ no hajime / Pertemuan adalah Awal Perpisahan

Tak terasa sudah di penghujung tahun. Bukankah kemarin juga rasanya seperti sedang menikmati ‘euforia’ penyambutan tahun ini? Lantas sudah hampir setahun berlalu, momen apa yang telah berhasil anda ciptakan? Siapa saja orang baru yang sudah anda temui? .

Seberapa dalam akhirnya anda mengenal teman lama anda? Dan, hal apa yang sudah anda capai di tahun ini? Pertanyaan – pertanyaan seperti ini kadang sontak saja membuat kita merenung, namun sudah saatnya anda berpisah dengan beberapa target yang sudah anda tuju dan perbarui lagi target tersebut dengan hal yang jauh lebih positif yang pasti bisa anda raih.

Jangan menyesali pertemuan jika pada akhirnya harus berpisah karena ada proses dibaliknya yang harus anda jaga dan jadikan pengalaman berharga.

8. Anzuru yori ‘Umu’ ga yasushi / Terkadang, Ketakutan Terasa Lebih Mencekam Daripada Bahaya

Hal yang berasal dari diri anda sendiri yang sebenarnya merugikan anda. Anda mungkin sudah terlalu jauh dalam memikirkan sesuatu, atau mungkin anda tidak ingin merasakan suatu pengalaman tertentu? Sebaiknya jangan terlalu melebih – lebihkan, juga jangan teralu naif. Anda bisa meminta secuil advice atau bahkan bantuan dari seseorang yang sudah ahlinya.

Belajar itu penting untuk mengawali pengalaman yang tidak ingin gagal, tetapi menghadapi rasa ketakutan itu sendiri membuat anda lebih percaya diri akan kualitas diri anda. Percaya diri itu baik untuk anda.

9. Nasake wa hito no ‘Tame’ narazu / Balas Kebaikan Orang Yang Membantumu

Balas budi bisa jadi menjadi sebuah beban untuk anda. Cenderung memikirkan apa yang setara dengan kebaikan orang tersebut itu bukanlah hal yang baik. Suatu bantuan sebesar apapun dari anda terhadap orang yang dulunya pernah membantu anda, jangan pernah mengharapkan pamrih darinya lagi, atau sekecil apapun bantuan itu, anda jangan berpikir rendah terhadap diri anda sendiri. S

uatu bantuan adalah kebutuhan lain tersendiri untuk seseorang. Maka dari itu, jangan bermalas – malasan, dan teruslah berusaha menjadi lebih baik berkat bantuan seseorang tersebut. Tidak ada yang sia – sia jika itu adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan yang bermanfaat.

10. Koukai ‘Saki’ ni Tatazu / Tak Ada Guna Menangisi Susu Yang Tumpah

Mirip sekali dengan pribahasa dari negeri sendiri, ‘nasi sudah menjadi bubur’. Ya, pribahasa bermakna sama seperti ini memanglah dijadikan kalimat motivasi di semua tempat. Lantas, masihkah anda terngiang – ngiang akan kesalahan yang telah anda perbuat di tahun ini? Mungkin beberapa orang lupa, tetapi hal itu sesuatu yang pernah terjadi bukan? Anda sudah mengalaminya, maka anda pasti akan mengingatnya. Jadikanlah semua itu sebagai pelajaran.

Simpelnya, anggap saja memang anda sedang sial dan tidak melihat ada batu diantara aspal yang bersih. Menyesal itu perlu, tapi apa manfaatnya jika penyesalan itu sudah berlarut – larut? Sepertinya anda membutuhkan cermin yang lebih besar, atau cahaya lampu yang lebih terang agar anda memahami diri anda, mensyukuri jalan hidup anda, memperbanyak lawan bicara anda, dan meningkatkan rasa percaya diri anda.

Pada dasarnya anda tidak perlu terfokus pada orang lain yang lebih hebat atau lebih sederhana dari anda. Yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana cara mencapai kebahagiaan. Kebahagiaan seperti apa yang anda butuhkan? Kebahagiaan seperti apa yang anda inginkan? Apakah anda menggemari kesedihan, keputus asaan, ketakutan, dan sebuah penyesalan? Banyak sekali jurang yang harus anda lewati hanya demi kebahagiaan.

Itu artinya usaha anda harus lebih banyak dan semangat anda harus lebih besar. Semuanya diawali dari diri sendiri, jangan mengharap orang lain karena sadarilah sedikit, sebenarnya sendiri itu memilikimakna kebanggaan didalamnya.

10 Peribahasa Jepang Ini Membantumu Mencapai Resolusi Di 2017 | Siopung | 4.5

Related Post

Monumen Nasional ( Monas ) Hari Ini Ulang Tahun Ke... Jika anda membuka halaman Google Indonesia , maka hari ini anda dapat melihat adanya Gambar Doodle yang memperingati ulang tahun monumen nasional atau...
Treatment: Cara Merawat Warna Batu Solar Solok Sel... Batu solar solok selatan adalah mineral kuarsa atau lebih dikenal dengan sebutan Smoky Quartz . Kuarsa adalah salah satu komponen mineral yang banyak ...
Arti Mimpi Melihat Ular Besar Dan Kecil Menurut Is... Gambar Ilustrasi Mimpi Melihat Ular Via Tribunnews.com Mimpi melihat ular merupakan salah pengalaman tidur yang paling banyak dialami oleh banyak ...
Daftar Negara Di Dunia Yang Memiliki Hutan Terluas Hutan adalah area luas yang ditunbuhi oleh pehonan dan tumbuh-tumbuhan yang lebat dan memiliki fungsi penting bagi kehidupan di bumi ini . Salah satu ...
Arti Mimpi Saudara Pindah Rumah Menurut Primbon Da... Gambar Ilustrasi Pindah Rumah Via Pixabay.com Mimpi saudara pindah rumah merupakan simbol bahwa anda memiliki sebuah kecurigaan, kekhawatiran, per...
Arti dan Makna Mimpi Melihat Kotoran Manusia / Hew... Mimpi melihat kotoran merupakan pertanda bahwa anda berada pada situasi yang tidak nyaman dalam kehidupan . Pada saat ini anda diresahkan oleh sesuatu...
Arti dan Makna Mimpi Menyusui Bayi Laki-Laki/Perem... Mimpi adalah pengalaman yang terjadi di area alam bawah sadar dan melibatkan seluruh indera seperti penglihatan , pendengaran , dan lain-lain . Jika a...
10 Daftar Jalanan Paling Berbahaya Di Dunia Dan Ba... Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com Anda yang hobby travelling dan memang seorang traveler sejati, pasti pernah memikirkan jalanan yang akan anda lin...
Arti Mimpi Keramas dan Mandi Menurut Para Ahli Taf... Mimpi keramas merupakan simbol pembersihan dan kepribadian diri . Mendapati pengalaman tidur seperti ini tentu membuat anda penasaran dan ingin menget...
Beberapa Mitos Terkait Suara Burung di Malam Hari Apakah anda pernah mendengar suara burung di malam hari ? . Hati-hati , bisa jadi burung tersebut membawa pertanda baik maupun pertanda buruk . Menden...