Kisah Mistis Pohon Bunut Bolong Yang Terkenal Angker

Pohon Bunut Bolong

Pohon Bunut Bolong

Ada berapa banyak tempat misterius yang kamu ketahui? Puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan?

Walaupun kamu hanya tahu beberapa, kamu tentu sadar bahwa ada ribuan tempat misterius di Indonesia. Beberapa tempat amatlah terkenal, tetapi lebih banyak tempat yang tersembunyi atau cuma diketahui oleh orang sekitar.

Salah satu contohnya adalah Bunut Bolong yang cukup terkenal di kalangan warga Bali dan pasangan yang ingin menikah, tapi sepertinya masih agak asing di telinga publik.

Pernahkah kamu mendengar tentangnya?

Profil Bunut Bolong

Kisah Mistis Pohon Bunut Bolong

Kisah Mistis Pohon Bunut Bolong

Bunut Bolong adalah wisata alam di Desa Manggisari, Jembrana, Bali. Wujudnya adalah pohon Bunut besar yang tumbuh dengan akar membentuk lengkungan, sehingga terbentuklah lorong (bolong) di bawah pohon.

Lorong tersebut tidak cukup tinggi, tetapi bisa dilewati oleh mobil dengan ketinggian tertentu maupun manusia yang berlalu lalang.

Baca jugaMisteri Rumah Kentang Yang Terkenal Angker Menyeramkan

Sampai saat ini, Bunut Bolong menjadi tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh para turis, baik turis domestik maupun turis mancanegara. Tidak cuma karena bentuknya yang estetik, tetapi juga karena keangkeran serta mitos-mitos yang dibawanya.

Asal-Muasal Keangkeran Bunut Bolong

Sebenarnya, tak ada legenda maupun kisah nyata yang menjadi tonggak lahirnya keangkeran Bunut Bolong. Kalaupun ada, terdapat beberapa versi yang masih simpang-siur kebenarannya.

Namun yang jelas, pada tahun 1928, bagian utara Desa Manggisari pernah dilanda oleh wabah penyakit yang aneh. Penyakit itu sulit disembuhkan, tetapi mudah menular.

Setelah para sesepuh Desa Manggisari bersemedi di pura, mereka mendapat petunjuk bahwa penyebab mewabahnya penyakit tersebut adalah letak perkampungan yang salah. Penduduk, yang saat itu banyak tinggal di wilayah Selatan, harus pindah ke wilayah Utara apabila tidak ingin terkena penyakit.

Ajaibnya, setelah warga menuruti wangsit tersebut, wabah penyakit itu berkurang secara drastis, lalu akhirnya benar-benar hilang.

Dihindari oleh Pasangan, Terutama yang Baru Menikah

Keangkeran Pohon Bunut Bolong

Keangkeran Pohon Bunut Bolong

Menurut mitos yang dipercayai oleh warga sekitar, apabila kamu dan pasangan berjalan melewati lorong di bawah pohon, hubungan kalian akan segera berakhir.

Baca jugaMengungkap Misteri Ritual Pesugihan Di Gunung Kemukus

Meskipun kebenarannya tidak bisa dipastikan oleh bukti maupun fakta, sudah banyak pasangan yang mencoba untuk mematahkan mitos itu, tetapi akhirnya justru berakhir pada perpisahan pahit.

Mitos lainnya menyatakan bahwa apabila ada salah satu pihak dari pasangan ingin bercerai, lalu sengaja melewati lorong di bawah pohon tersebut, salah satu pihak dari pasangan itu akan dipisahkan oleh ajal.

Itulah alasan mengapa warga sekitar selalu mengingatkan pasangan turis agar jangan sampai melewati lorong bawah pohon.

Bahkan, di sekitar wilayah Bunut Bolong, ada rambu-rambu yang mengatur agar pasangan maupun rombongan pengantin tidak melewati Bunut Bolong, lho! Warga sekitar menyediakan jalan memutar khusus yang dapat dilalui oleh para pasangan.

Namun, walaupun mitos tersebut belum terpatahkan, ternyata masih banyak, lho, pasangan yang memutuskan untuk mengambil foto pre-wedding di Bunut Bolong.

Baca juga6 Mitos Larangan Sebelum Menikah Menurut Adat Jawa

Entah karena mereka merasa tertantang dengan mitos yang ada, atau karena mereka suka dengan wujud Bunut Bolong yang menarik. Yang jelas, kebanyakan dari mereka tidak berani melintasi lorong di bawah pohon, tetapi hanya berfoto di depan Bunut Bolong.

Menimbulkan Kematian Para Pekerja

Mistis Bonut Bolong

Mistis Bonut Bolong

Menurut cerita warga sekitar, sudah banyak upaya untuk merapikan pohon Bunut Bolong. Upaya tersebut dilakukan agar pohon tersebut terlihat lebih rapi, juga agar tidak membahayakan orang-orang yang melintas di bawahnya.

Namun, setiap upaya merapikan pohon tersebut dilaksanakan, selalu saja ada pekerja yang meninggal secara misterius.

Oleh karena itu, upaya tersebut pun dihentikan. Sampai saat ini, Bunut Bolong dibiarkan saja sebagaimana mestinya.