5 Pola Hidup Sehat Yang Bermanfaat Untuk Memperpanjang Usia

Pola Hidup Sehat Yang Dapat Memperpanjang Usia

Gambar Ilustrasi Menjalankan Pola Hidup Sehat Via Pixabay.com

Saat sudah terlalu fokus pada kesibukan dan kegiatan sehari – hari, anda cenderung menomor duakan kesehatan anda. Padahal, jika anda tidak benar – benar menjaga keadaan sehat, anda sendiri bahkan tidak dapat bersikap fokus terhadap sesuatu yang sedang anda kerjakan. Maka dari itu, sangatlah penting menjaga kesehatan anda agar segala kegiatan dan dateline anda dapat segera terselesaikan.

Kesehatan itu sendiri juga merupakan aset penting yang harus anda perhatikan, karena apabila anda sudah sakit, akan cukup menyita waktu anda dalam masa penyembuhan, bahkan tak sedikit uang anda yang akan terkuras. Mulai dari sekarang, berniatlah untuk menerapkan hidup sehat dan selalu ingat, bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobatin. Yuk, simak beberapa penjelasan pola hidup sehat dibawah ini.

1.Tidur Yang Cukup dan Berkualitas

Hanya sekedar tidur yang cukup, tidaklah menjamin kesehatan anda akan terjaga dengan baik. Lakukanlah tidur anda dengan nyenyak dan berkualitas. Perhatikan kasur anda dan kepadatan bantal anda. Gunakan yang cocok untuk usia anda, postur anda, dan tentunya budget yang anda miliki. Intinya anda tidak perlu memaksakan untuk membeli air springbed atau bantal pemijat.

Cukup beli yang sesuai kebutuhan anda dan yang nyaman untuk anda. Selain itu, tidur tidak hanya dijadikan kebutuhan kesehatan saja, melainkan waktu tidur dapat berpengaruh pada penaikan dan penurunan berat badan anda bahkan resiko kematian di masa yang akan datang. Banyak waktu tidur yang dianjurkan dokter dan para ilmuwan untuk orang dewasa adalah 7.7 – 8 jam pada malam hari.

Namun, penellitian yang telah dilakukan di Universitas Wincosin, Amerika Serikat menjelaskan bahwa tidur yang baik dan sehat adalah tidur yang cukup yaitu sekitar 7 jam sehari. Bila anda merasa sulit tidur dikarenakan faktor kebiasaan dan stress, maka lakukanlah kegiatan – kegiatan yang sealamiah mungkin, seperti meminum secangkir green tea hangat atau membaca bacaan – bacaan ringan karena berefek merelaxkan otot – otot tubuh anda sehingga lebih mudah untuk tidur.

Sedangkan untuk siang hari, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk mengistirahatkan mata anda selama 10 – 30 menit, karena istirahat siang dalam hitungan menit seperti itu lebih baik daripada tidur selama 1 jam.

2. Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu itu terbilang hal yang cukup sulit bagi anda yang memiliki kesibukan yang padat. Terlebih lagi makanan yang anda konsumsi itu haruslah sehat, bersih, dan mencukupi kebutuhan anda. Makanan 4 sehat 5 sempurna selalu dianjurkan, tetapi bisa makan tepat waktu saja sulit, apalagi memperoleh lauk pauk sesempurna itu. Maka dari itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk makan teratur.

Pastikan kesehatan anda lebih penting dari apapun. Karena jika anda sudah sakit, semua dateline anda akan sangat berantakan dan harus membuat pekerjaan anda bertumpuk – tumpuk. Dimulai dari tidak meninggalkan waktu sarapan, karena dari tiga jadwal makan sehari – hari, sarapan adalah jadwal terpenting.

Bagaimana bisa anda tahan tidak makan selama 8 jam dalam masa anda tidur, lalu kemudian anda belanjut mengerjakan aktivitas anda tanpa sarapan sedikit pun? Penulis sendiri bersyukur tidak pernah sekalipun meninggalkan sarapan, bahkan sarapan saja tidak cukup karena tetap harus dibarengin dengan makan snack disekitar pukul 10 pagi.

Terlebih lagi yang berniat diet sehingga mengabaikan waktu makan malamnya. Padahal resko gangguan penyerapan gizi dan gangguan pencernaan (maag) akan sangat menganggu kesehatan anda. Maka pastikan setelah membaca artikel ini, anda dapat membiasakan diri untuk makan tepat waktu.

3. Minum Air Putih Hangat

Minum air mineral yang sudah dimasak sangatlah baik untuk kesehatan, karena sudah terbebas dari mikroorganisme dan zat besi – besian kasar yang terkandung di dalamnya. Tetapi akan jauh lebih baik bagi anda bila mengkonsumsi air mineral dalam keadaan hangat yang telah dimatangkan tersebut.

Kenapa harus air hangat? Saat anda meminum air hangat, rasa haus anda akan serasa berkurang drastis, detak jantung lebih stabil, peredaran darah lancar, tubuh terasa lebih hangat, membersihkan sistem pencernaan, mengatasi sembelit, mengurangi rasa nyeri, menjaga keseimbangan tubuh dan menetralisir bakteri dalam tubuh anda. Selain itu, air hangat akan bagus untuk organ dalam anda dalam membantu proses penyerapan nutrisi.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur memang harus dilakukan secara rutin. Usahakan anda menyempatkan waktu beberapa hari sekali dalam seminggu agar otot badan anda terbiasa dan dapat membantu anda dalam meningkatkan imun tubuh. Terkadang anda sudah terlalu puas apabila sudah melakukan olahraga dalam satu bulan tertentu dan merasa enggan melakukannya lagi di bulan kedua.

Itu karena anda belum membiasakan diri anda menikmatin kegiatan yang banyak membuang keringat ini. Ajak dan paksa diri anda agar tidak bermalas – malasan dengan tetap semangat menjalankan olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat – berat, cukup lakukan olahraga pemanasan biasa seperti push up, sit up, atau sekedar berjalan 1000 langkah perhari saja sudah terbilang cukup untuk anda yang memiliki waktu minim untuk berolahraga.

Jika anda memiliki waktu luang, lakukanlah olahraga – olahraga yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi anda seperti renang, badminton, atau karate.

5. Jangan Menunda Mandi Apabila sudah Gerah

Saat berada di luar rumah, anda cukup bersemangat dan menyebabkan tubuh anda terasa keringetan, gerah, basah, dan gatal. Tetapi sesampainya di rumah, anda merasa cukup malas untuk bergegas ke kamar mandi dan memutuskan untuk sekedar rebahan di sofa anda. Malah, anda memilih bermain – main sejenak dengan hewan peliharaan anda dan memutuskan untuk mandi setelah benar – benar mengotori pakaian dan badan anda.

Hal ini sebaiknya jangan dibiasakan, karena bakteri dan kuman yang sudah menempal di tubuh kita akan melakukan pekerjaannya saat itu juga. Jadi, jika anda menunda – nunda waktu mandi anda, maka bakteri dan kuman tersebut akan menyebar dalam jumlah besar dan akhirnya terlanjur menginfeksi anda bahkan saat anda mandi, bibit virus yang menyebabkan penyakit sudah berada di sel kulit anda.

Oiya, Baca Juga 5 Cara Berhenti Merokok Meski Anda Adalah Pecandu Berat

Beberapa sumber menyebutkan agar dalam sehari jangan terlalu sering mandi karena menyebabkan kelembaban kulit anda berkurang dan menyebabkan warna kekusaman pada kulit. Selain itu, saat cuaca sedang dingin, anda malah memutuskan untuk berlama – lama tidur di kasur dan malas mandi. Padahal saat anda berlama – lama di kasur, panas tubuh dari anda menyebabkan rasa hangat dan anda keringatan, maka kasur anda menjadi lembab, dan sarang kuman berkumpul disitu.

5 Pola Hidup Sehat Yang Bermanfaat Untuk Memperpanjang Usia | Siopung | 4.5

Related Post

Mengetahui Tua Muda Usia Batu Akik Secara Sederhan... Geliat batu akik di indonesia mengalami kenaikan meski sempat mengalami penurunan . Namun, untuk para gemslover yang sudah terlanjur cinta dengan hobi...
Arti dan Makna Mimpi Wajah Berjerawat Banyak Mimpi wajah berjerawat merupakan pertanda bahwa anda mendapati situasi tidak percaya diri tehadap apa yang anda kerjakan . Selain itu , mimpi ini bisa...
Tips Mengatasi Sering Buang Air Kecil Tengah Malam Sangat tidak nyaman ketika kita dibangunkan tengah malam hanya untuk buang air kecil . Jika terjadi setiap malam , tentu hal ini akan sangat menggangg...
Rahasia Memulai Awal Tahun Agar Lebih Sukses Menca... Gambar Ilustrasi Via Pixabay Anda pasti sudah menyambut tahun ini dengan antusias yang cukup baik. Setidaknya, anda memiliki semangat untuk creat ...
7 Manfaat Perasan Jeruk Lemon Untuk Bau Mulut dan ... Gambar Lemon Hijau Via Pixabay Jika Anda adalah tipe orang yang selalu ingin merawat tubuh Anda tetapi Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk ruti...
5 Penyebab Kamu Sudah Tidur Lama Tapi Masih Mengan... Foto Ilustrasi Tidur Via Pixabay.com Kesehatan tubuh tentu saja menjadi sangat penting di era dengan tingkat mobilitas yang tinggi pada saat ini. ...
Arti Mimpi Pencuri Masuk Rumah Menurut Islam, Prim... Gambar Ilustrasi Pencuri Via Tribunnews.com Mimpi pencuri masuk rumah merupakan simbol pertahanan, pengendalian diri, ancaman, marabahaya, dan seg...
Cara Mengobati Sakit Gigi Sembuh Dalam 3 Hari Mengobati sakit gigi dapat dilakukan dengan berbagai cara tradisional . Metode pengobatan turun temurun ini ternyata sangat manjur untuk dapat meredah...
Bacan Jahanam: Melihat Khasiat Si Hitam Super Dari... Bacan Jahanam atau sering disebut Black Stone / Jahanam Stone adalah sebuah batu yang berasal dari Loloda , sebuah kecamatan di Kabuten Halmahera Bara...
Apa Itu Flat Earth Society Dan Siapakah Pendirinya... Flat Earth Society adalah sebuah komunitas yang terbentuk dari sebuah kesadaran kelompok ( mereka menyebutnya sebagai gerakan moral )  sebagai bentuk ...