Mengontrol Pribadi Pisces dan Virgo Yang Mudah Baperan

Tips Mengatasi Pribadi Pisces Yang Mudah Baper

Pisces Sangat Sensitif Dengan Perasaan

Beberapa zodiak, seperti Pisces dan Virgo, terlahir natural sebagai seseorang yang sensitif. Perasaan mereka mudah tersentuh oleh banyak hal, bahkan hal-hal kecil sekali pun.

Selain itu, mereka juga dibekali oleh kesadaran yang tinggi dan kemampuan memahami sesuatu melalui emosi, tanpa perlu pemikiran rasional atau logika. 

Memiliki sifat sensitif tentu bukan hal yang salah. Hal tersebut justru sering menimbulkan keuntungan di beberapa kondisi. Namun, jika tidak dikontrol dengan baik, kesensitifan itu tentu dapat berpengaruh terhadap beberapa hal, seperti penilaian orang lain terhadap Anda.

Anda tentu tidak mau, kan, dicap sebagai orang yang berlebihan dan terlalu emosional?

Maka dari itu, yuk, kenali cara mengontrol dan mengatasi kesensitifan!

1. Telusuri Penyebab Kesensitifan Anda

Pemicu kesensitifan setiap orang seringkali berbeda. Beberapa orang sensitif terhadap topik kematian, beberapa orang sensitif terhadap topik keluarga yang sedang jauh, dan masih banyak lagi.

Yang jelas, hanya Anda sendirilah yang bisa menelusuri pemicu-pemicu tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengingat-ingat kembali peristiwa yang membuat Anda tertekan, atau bahkan mencatatnya di sebuah kertas.

2. Ciptakan Sugesti

Perlu Anda ketahui, ketika Anda sedang menghadapi pemicu kesensitifan Anda, otak Anda sebenarnya sedang mengirimkan reaksi otomatis. Reaksi itu, lama-kelamaan, akan menjadi respons yang berulang dan dianggap ”wajar” oleh tubuh. Tubuh akan langsung mengeluarkannya tanpa berpikir lebih dulu.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menciptakan sugesti baik. Hal ini dilakukan agar otak Anda bisa membuat reaksi berulang yang baru.

Mungkin, ketika Anda sedang dihadapkan dengan pemicu kesensitifan Anda, Anda bisa memikirkan hal lain yang lebih menyenangkan, atau mengambil napas panjang berulang kali sambil berkata dalam hati, ”Saya baik-baik saja.”

3. Jangan Menghakimi Diri Sendiri

Menghakimi diri sendiri, seperti mengatai diri sendiri ”cengeng” atau ”lemah”, seringkali justru membuat keadaan bertambah buruk. Selain karena hal itu tidak berpengaruh apa-apa terhadap kontrol kesensitifan Anda, kepercayaan diri Anda justru ikut turun.

Anda akan berubah jadi pribadi yang pesimis dan kehilangan berbagai macam potensi diri.

Yang perlu Anda lakukan adalah senantiasa mengingat bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Manusia punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing, begitu pun Anda.

Artikel zodiak lainnya

Jangan pernah merasa rendah diri karena sesekali menangis atau pun merasa lemah adalah hal yang wajar. Setiap manusia pasti pernah mengalaminya.

4. Bersikap Proaktif

Ketika sedang dihadapkan oleh pemicu kesensitifan, sebaiknya Anda tidak langsung merasa cemas atau takut. Akan jauh lebih baik jika Anda menghentikan segala kegiatan Anda sejenak, lalu berpikir dengan tenang, ”Sekarang, apa solusinya? Apa yang harus saya lakukan untuk membuat keadaan jadi lebih baik?”

Buanglah segala kecemasan dan ketakutan yang tidak perlu, serta manfaatkanlah waktu yang tersisa untuk mencari solusi dan mengontrol emosi diri.

5. Bersikap Lebih Terbuka

Seringkali, rasa sensitif seperti rasa tidak enakan muncul karena kurang jelasnya komunikasi. Pernahkah teman Anda tersinggung karena ucapan Anda, walaupun sebenarnya Anda tidak bermaksud mengatakan hal yang buruk?

Walaupun Indonesia terkenal dengan budaya basa-basi, kadang-kadang Anda juga harus bertutur kata dengan jelas. Terutama ketika sedang menyampaikan sesuatu yang penting. Cobalah mengatakan segala sesuatunya dengan runtut, jelas, dan sesuai dengan fakta.

Jangan lupa katakan pula perasaan Anda yang sejujur-jujurnya demi menghindari rasa tidak enakan yang mungkin muncul.

6. Jangan Mendengarkan Lagu Mellow

Walaupun banyak orang memilih untuk mendengarkan lagu mellow saat sedih demi meluapkan perasaan mereka, sebenarnya hal itu bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Secara psikologis, nada-nada sedih justru akan membuat perasaan Anda memburuk.

Artikel zodiak lainnya

Yang harus Anda lakukan adalah mendengarkan lagu-lagu bernada riang demi membuat mood Anda stabil kembali. Cara lain yang juga bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi cokelat. Menurut penelitian, saat manusia mengonsumsi cokelat, tubuh manusia tersebut memproduksi serotonin dan dopamine yang mampu menciptakan rasa bahagia, sehingga mood membaik.

Bagaimana, Pisces? Sudah siap menjalani hari-hari yang lebih baik dan menyenangkan?

Mengontrol Pribadi Pisces dan Virgo Yang Mudah Baperan | Siopung | 4.5