10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Mempercepat Pertumbuhannya

Mengatasi Rambut Ronotok Dan Mempercepat Pertumbuhannya

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Kehilangan banyak rambut tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik Anda secara keseluruhan, tetapi juga dapat berdampak pada kondisi emosional Anda juga. Memiliki rambut yang banyak biasanya dikaitkan dengan kesehatan, dan keindahan terutama untuk wanita.

Rambut tumbuh memiliki siklus tersendiri dalam setiap helai demi helai rambut. Oleh karena itu, dari 100.000 helai rambut yang tumbuh dan berkembang pada kulit kepala orang dewasa yang sehat, 100 helai hilang setiap hari. Kehilangan 100 helai rambut dalam satu hari dapat menyebabkan kebotakan pada kulit kepala. Dalam kebanyakan kasus kerontokan rambut, penyebab utamanya adalah gen dan penuaan, tetapi penelitian ilmiah menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab lain yang mengakibatkan kerontokan rambut kepala adalah merokok, ketidakseimbangan hormon, stres, faktor lingkungan, infeksi kulit kepala, obat-obatan, diet dan kondisi medis tertentu seperti penyakit autoimun dan anemia defisiensi besi.

Rambut rontok dapat diobati dan dicegah dengan obat dan terapi. Tetapi ingat, jangan menggunakan obat-obatan dan bahan-bahan kimia karena obat-obat yang biasanya dijual dipasaran biasanya berpotensi berbahaya, disarankan untuk menggunakan tradisional. Solusi alami yang efektif untuk rambut rontok yang mudah diperoleh dan tidak memiliki efek samping dan sangat terjangkau.

Berikut adalah daftar 10 obat alami yang dapat mengurangi kerontokan pada rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

1. Santan

Santan adalah obat alami yang paling efektif untuk rambut rontok. Hal ini karena santan kaya akan banyak nutrisi penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Santan mengandung potasium, zat besi dan asam lemak. Selain memberikan nutrisi pada kulit kepala, bahan santan dapat menembus batang rambut dan dapat memberikan kelembaban pada rambut sehingga akan memberikan perlindungan terhadap panas dan polutan.

Asam lemak yang terdapat pada santan juga dapat mencegah kerusakan helai rambut dengan mengikat keratin yang membentuk dan memperkuat rambut. Gunakan santan dari kelapa segar pada kulit kepala Anda selama beberapa jam dalam sehari kemudian setelah itu bilas rambut dengan air merupakan salah satu cara yang efektif.

Santan adalah salah satu obat tradisional yang terbukti mencegah rambut rontok . Sebelumnya kami juga mengulas 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dengan menggunakan bahan tradisional .

2. Fenugreek atau Pasta Biji Methi

Fenugreek atau pasta biji methi adalah rempah-rempah India yang sangat populer biasanya rempah-rempah ini ditambahkan ke berbagai hidangan makanan karena bermanfaat untuk kesehatan. Ketika diaplikasikan pada kulit kepala dan rambut, pasta akan merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut dengan memperkuat poros rambut. Hal ini karena kandungan rempah-rempah tersebut yang kaya akan protein, asam nikotinat dan hormon.

Rempah-rempah tersebut juga mengandung lesitin, yang berfungsi untuk melembabkan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan. Untuk mendapatkan adonan pasta, Anda harus merendam biji fenugreek selama satu malam di dalam air kemudian giling untuk membuat adonan pasta. Kemudian aplikasikan adonan pasta yang sudah ada pada rambut dan kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan gunakan pasta dua kali seminggu secara teratur untuk meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

3. Masker Telur

Penggunaan masker telur ini sudah sangat lama dikenal masyarakat sebagai salah satu solusi alami untuk merawat dan mengurangi kerusakan rambut khususnya untuk rambut rontok. Mengapa telur dapat membantu memelihara kesehatan rambut? Hal ini terjadi karena sifat restoratif dari putih telur yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dengan kadar yodium, selenium, fosfor, besi, belerang dan seng yang tinggi, putih telur berfungsi untuk menjaga agar rambut menjadi berkilau, lembut dan sehat.

4. Jus Bawang

Jus bawang memiliki kandungan sulfur yang tinggi, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Sirkulasi darah dan oksigen yang tidak lancer akan menyebabkan kematian pada sel-sel kulit kepala, yang menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, mengaplikasikan jus bawang pada rambut dan kulit kepala, akan menghentikan kerontokan rambut dan akan meregenerasi folikel rambut.

Kandungan belerang pada bawang juga akan merangsang pembentukan kolagen, yang akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jus bawang juga memiliki sifat antibakteri, yang akan membunuh kuman pada kulit kepala yang mungkin menjadi salah satu penyeban kerontokan rambut Anda.

Aplikasikan jus bawang ke kepala dan kulit kepala seminggu sekali selama beberapa menit kemudian setelah itu lakukan pembilasan dengan air.

5. Aloe Vera

Aloe Vera memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya yang tinggi. Aloe Vera memiliki kemampuan untuk menghilangkan rambut rontok dan dalam beberapa kasus aloe vera bahkan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain memberikan gizi bagi rambut,ada beberapa sifat tambahan dari Aloe Vera dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit kepala dan rambut.

Enzim proteolitik yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala, membersihkan pori-pori dan dapat melakukan penyumbatan pada folikel rambut. Sifat alkalizing pada aloe vera berfungsi untuk mempertahankan pH kulit kepala agar tetap berada pada tingkat yang diinginkan.

6. Indian Gooseberry

Juga dikenal sebagai Alma, gooseberry India adalah obat ajaib yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain kandungan vitamin C yang terdaoat pada goosebery, gooseberry India juga memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, exfoliating dan sifat anti-inflamasi yang dapat menjadikan kulit kepala menjadi sehat dan kuat.

7. Jus Kentang

Rambut rontok dapat dipicu oleh nutrisi yang tidak memadai dari helai rambut. Jika rambut Anda kering, pecah atau tipis, Anda harus mencoba menggunakan jus kentang ini. Kentang sangat kaya vitamin seperti vitamin B6, vitamin A dan vitamin C. Kentang juga mengandung berbagai mineral seperti fosfor, mangan, kalsium dan Niacin. Ketika jus kentang segar diaplikasi langsung ke kulit kepala, ia akan memberikan nutrisi ke folikel rambut yang mencegah pengeringan rambut.

8 Jus Lemon

Beberapa dokter merekomendasikan menggunakan jus lemon daripada shampoo yang memiliki bahan kimia yang keras untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Kadar pH lemon yang rendah akan efektif untuk membersihkan minyak dan sel-sel mati dari kulit kepala, sementara kandungan vitamin yang terdapat pada lemon akan memberikan nutrisi ke folikel rambut, dan akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dengan mengaplikasikan jus lemon pada kulit kepala Anda akan berfungsi untuk menghilangkan ketombe, mengurangi minyak pada kulit kepala Anda dan mencegah kerontokan rambut.

9. Pijat Kepala Dengan Minyak Alami

Dengan melakukan pemijatan secara alami pada kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak alami sangat efektif dalam mencegah rambut rontok. Terdapat banyak pilihan yang dapat Anda gunakan untuk memijat seperti minyak Alma, minyak jarak, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak rosemary, minyak argan, emu oil, minyak gandum, minyak jojoba atau minyak mustard .Pemijatan dengan minyak pada kulit kepala Anda memberikan efek relaksasi dan aliran darah ke folikel akan menjadi lancer.

10. Akar manis (licorice)

Penggunaan pasta dari akar manis adalah obat yang sangat ampuh untuk masalah rambut dan kulit kepala. Akar manis berfungsi untuk menghilangkan ketombe sehingga akan pori-pori akan terbuka dan mencegah iritasi. Cara membuat akar manis adalah akar harus direndam semalam dalam susu kemudian ditumbuk menjadi pasta kental, yang kemudian langsung diaplikasikan pada daerah kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut. Diamkan pasta selama semalaman, kemudian bilas dengan air.

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Mempercepat Pertumbuhannya | Siopung | 4.5

Related Post

Arti Mimpi Saudara Kecelakaan Menurut Primbon Dan ... Gambar Ilustrasi Kecelakaan Via Pixabay.com Mengalami mimpi saudara kecelakaan merupakan pertanda adanya hubungan spesial yang terbina antara anda...
Arti dan Makna Mimpi Menangkap Burung Menurut Ahli... Mimpi Burung merupakan simbol dari tujuan hidup , aspirasi , dan bentuk harapan . Mendengar suara burung berkicau mewakili keseimbangan , sukacita , d...
Arti Mimpi Anting Hilang Sebelah Kanan atau Kiri Mimpi anting hilang sebelah merupakan pertanda bahwa diri anda merasakan sesuatu yang hilang . Kebiasaan yang anda sukai atau kebingungan batin terhad...
Penjelasan Batasan Minum Kopi Yang Diperbolehkan D... Foto Ilustrasi Kopi Via Pixabay.com Untuk kamu para penggemar kopi, artikel berikut ini tentunya akan membuatmu sedikit lebih fokus untuk menyimak...
5 Hal Yang Sering Dilakukan Remaja Indonesia Saat ... Gambar Ilustras Via Pixabay.com Malam minggu tentunya hari dimana kita dapat bersantai bersama keluarga maupun sahabat. Di Amerika dan kebanyakan ...
Arti Mimpi Suami Selingkuh Dan Pertandanya Bagi Ke... Mimpi suami selingkuh adalah pengalaman tidur yang sangat menakutkan dialami oleh banyak para istri di dunia . Apakah hal ini merupakan pertanda buruk...
Arti dan Makna Mimpi Pacaran Dengan Ulasan Lengkap Mimpi pacaran adalah simbol kasih sayang dan perhatian . Hal ini merefleksikan ketakutan , harapan atau keinginan anda . Jika anda adalah seseorang ya...
2 Jenis Batu Akik Indonesia Yang Mengalami Kenaika... Gambar Cincin dan Bongkahan Batu Akik Red Baron Pacitan Via Kompas.com Trend batu akik kini mulai kembali lagi . Dengan membaiknya kembali pereken...
10 Tips Browsing Di Internet Yang Aman Dari Virus ... Melakukan browsing internet mungkin menjadi kegiatan sehari-hari bagi kebanyakan dari kita. Namun, browsing internet sebenarnya menghadapkan kita pada...
Tips Perawatan Kecantikan Wajah,Bibir, dan Rambut ... Gambar Ilustrasi Diperankan Model Via Google.co.id Kebanyakan orang bilang cantik itu relatif, tetapi sebenarnya wanita yang disebut cantik itu pa...