Cara Membuat Rebusan Daun Sirih Untuk Obat Batuk Anak/Dewasa

Cara Membuat Rebusan Daun Sirih Untuk Obat Batuk Anak/Dewasa

Daun Sirih Untuk Obat Batuk Via Google.co.id

Daun sirih mengandung senyawa kavikol yang berfungsi untuk mematikan kuman penyebab batuk yang anda derita. Umumnya, batuk dsebabkan oleh senyawa bebas dan infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan bagian atas maupun bawah.

Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan untuk menghentikan atau mengobati masalah batuk yang kamu alami. Mulai dari pemakaian obat-obatan yang sesuai dengan anjuran medis, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk pengobatan herbal atau tradisional.

Salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirih. Umumnya, daun sirih yang sangat baik digunakan untuk pengobatan seperti ini adalah yang berwarna merah. Berikut ini cara pengelolaan dan pembuatan rebusan daun sirih untuk obat batuk.

Cara Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Obat Batuk Anak dan Orang Dewasa

Ada dua cara yang bisa anda terapkan dalam menggunakan daun sirih sebagai obat batuk. Yang pertama adalah melalui pengobatan bagian dalam dan kedua adalah pengobatan melalui bagian luar. Untuk anda para orang tua yang saat ini mengalami permasalahaan batuk pada anak, anda dapat mencoba tips berikut ini.

Persiapkan Daun Sirih

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, tipe daun sirih yang sangat ampuh untuk obat batuk adalah jenis yang berdaun merah. Anda dapat menemukannya di pasar tradisional yang menjual berbagai macam tumbuhan herbal. Siapkan beberapa lembar atau sebanyak yang anda bisa untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan.

Rebus Daun Sirih

Untuk cara yang pertama, anda dapat merebus daun sirih yang kemudian diminum airnya. Air rebusan daun sirih sangat ampuh untuk mengobati saluran pernapasan yang bermasalah. Kandungan yang terdapat pada daun sirih dapat digunakan untuk membersihkan kuman yang melekat pada saluran pernapasan.

Membakar Daun Sirih

Cara kedua adalah dengan membakar daun sirih . Cara kedua dapat membantu pengobatan dari bagian luar . Siapkan beberapa lembar untuk dibakar, setelah daun cukup layu, oleskan pada area daun dengan balsem aroma mint yang tidak terlalu panas untuk anak.

Baca Juga: Cara Membuat Ramuan Daun Sirih Untuk Menghilangkan Jerawat

Kemudian, letakkan daun pada bagian dada paru-paru pada anak untuk memberikan sensasi nyaman dan batuk tidak akan mengulah pada tengah malam.

Tips Pengobatan Batuk Berdasarkan Rekomendasi Dari Dokter

Kesehatan Paru-Paru

Gambar Ilustrasi Yang Merusak Paru-Paru Via Pixabay.com

Umumnya, batuk akan sembuh dengan sendirinya setelah sistem kekebalan tubuh kita bekerja untuk menghilangkannya. Batuk dianggap serius jika anda mengalami lebih dari seminggu bahkan berbulan-bulan. Sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Pada umumnya, orang yang sering mendapatkan permasalahaan seperti ini adalah para perokok, pekerja rekonstruksi, supir, atau orang-orang yang biasannya beraktifitas di lingkungan dengan udara yang yang buruk. Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobatinya adalah sebagai berikut.

Mengkonsumsi Air Madu Bercampur Lemon

Air madu sangat baik untuk memberikan kelembaban pada area tenggorokan. Selain itu, madu dapat meringankan iritasi atau luka yang terjadi pada saluran pernapasan. Namun, pastikan bahwa anda tidak memberikan madu pada bayi yang berusia dibawah 1 tahun.

Mengkonsumsi Air Putih

Pada saat kita mengalami masalah pada pernapasan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi cairan dengan jumlah yang banyak. Hal ini sangat membantu tubuh kita untuk menghilangkan racun atau virus yang menjadi penyebab anda mengalami masalah batuk.

Tinggikan Bantal Pada Saat Tidur

Cara ini sangat membantu anda untuk bernafas dengan cara yang baik. Pada saat bantal ditinggikan, anda tidak akan mengalami kesulitan bernafas. Dahak atau cairan yang umumnya ada disaat terjadi batuk, tidak akan mengumpul dan menghambat pernafasan.

Baca Juga: Daun Sirih Efektif Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Demikian beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk meredahkan atau mengobati batuk. Pastikan bahwa anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki waktu tidur yang cukup. Hentikan kebiasaan seperti merokok agar masalah tersebut tidak terulang kembali.

Cara Membuat Rebusan Daun Sirih Untuk Obat Batuk Anak/Dewasa | Siopung | 4.5