10 Ritual Pemakaman Paling Aneh dan Menyeramkan Di Dunia

Ritual Pemakaman Paling Aneh di Dunia

Ritual Pemakaman Paling Aneh di Dunia

Suasana pemakaman menjadi sebuah situasi yang mengharukan. Momen di mana orang – orang harus dengan sabar, tabah dan ikhlas merelakan kepergian mereka yang disayangi untuk kembali ke pangkuan Tuhan sebagai Sang Pencipta.

Prosesi pemakaman biasanya berbeda yang seringnya tergantung dari latar belakang seseorang. Misalnya saja, pemakaman antar kepercayaan yang satu dengan lainnya bisa saja terdapat perbedaan atau bisa juga dari budaya tempat mereka berasal.

Sangat berbeda dengan prosesi pemakaman pada umumnya, di berbagai belahan dunia sendiri ada beberapa ritual pemakaman yang aneh. Saking anehnya, hal tersebut justru menarik dan unik bagi masyarakat awam karena benar – benar mampu membuat terkejut.

Di bawah ini terdapat rangkuman daftar 10 ritual pemakaman paling aneh di dunia. Simak selengkapnya untuk mengetahui pemakaman apa sajakah itu dan berasal dari mana!

10. Famadihana

Ritual Pemakaman Famadihana

Ritual Pemakaman Famadihana

Famadihana merupakan sebuah tradisi pemakaman dari orang – orang Malagasi di Madagaskar. Dikenal sebagai pergantian tulang, masyarakat membawa keluar mayat leluhur mereka dari ruang bawah tanah keluarga.

Setelah tulang belulang dimunculkan, mereka membungkusnya kembali dengan kain yang baru kemudian menari dengan mayat – mayat di sekitar makam menjadi seperti live music.

Ini adalah cara orang Malagasi untuk mengingat orang tersayang yang sudah meninggal mulai dari anggota keluarga, kerabat, dan orang terkasih dari waktu ke waktu.

Masyarakat Malagasi menggali sisa – sisa tubuh orang yang sudah mati secara berkala dan membungkusnya dengan kain baru. Setelah itu, mereka mengubur mayat tersebut kembali setelah membawanya berkeliling di sekitar desa.

9. Tree-Bound

Ritual Pemakaman Tree-Bound

Ritual Pemakaman Tree-Bound

Tradisi Tree-Bound adalah ritual pemakaman paling aneh di dunia yakni dengan mengikat orang mati ke pohon – pohon kuno yang ditemukan di antara desa yang tidak ditinggali. Ritual ini kemungkinan masih dilakukan oleh orang – orang yang ateis dan tidak mengikuti tradisi dan budaya tertentu.

Tujuan dari prosesi pemakaman ini sebenarnya untuk memastikan bahwa orang mati akan selalu ada di hati orang yang mereka tinggalkan.

Baca Juga : 7 Tempat Di Dunia Yang Terkenal Setelah Muncul Dalam Film

Selain itu, ritual Tree-Bound juga diyakini sebagai cara untuk mengingatkan orang lain bahwa mereka harus bersiap untuk kematian dan kehidupan setelahnya.

8. Hanging of Coffins

Ritual Pemakaman Hanging of Coffins

Ritual Pemakaman Hanging of Coffins

Ritual pemakaman kuno yang dipraktekkan oleh Dinasti Tiongkok lama ini dilakuan dengan cara memajang peti mati di tebing batu yang tinggi makanya disebut Hanging of Coffins atau Penggantungan Peti Mati.

Pada waktu itu mereka percaya bahwa peti mati harus berada dekat dengan langit sehingga orang yang telah mati mereka bisa lebih dekat ke surga. Peti mati yang digantung tersebut sebenarnya ditemukan oleh para arkeolog di antara sisa – sisa peradaban kuno ini.

Pengaturan peti mati yang demikian dapat diartikan pula bahwa orang mati ada di posisi yang sangat terhormat dan arwah mereka bebas berkeliaran di sekitar bukit dan bebatuan.

7. Mass Scavenging

Ritual Mass Scavenging

Ritual Mass Scavenging

Praktik ritual kuno Mass Scavenging dilakukan oleh penduduk asli Pantai Pasifik Barat Laut, Amerika Utara. Ritual pemakaman paling aneh di dunia yang satu ini melibatkan pembuangan semua orang mati di sekitar kota atau desa di satu lubang. Kemudian, mereka membiarkan hewan liar memakan mayat – mayat tersebut.

Hal tersebut konon dilakukan agar para kerabat orang yang telah meninggal tidak perlu melakukan metode lain seperti penguburan dan kremasi.

Membuang mayat melalui ritual pemakaman ini dipercaya memungkinkan orang mati hidup hanya dalam satu bentuk di akhirat dan mereka tidak memiliki barang – barang di dunia nyata bahkan tubuh mereka sendiri.

6. Exposing Dead to Vultures

Exposing Dead to Vultures

Exposing Dead to Vultures

Ritual pemakaman paling aneh di dunia selanjutnya datang dari tradisi aneh oleh komunitas Parsi di Mumbai. Exposing Dead to Vultures atau menunjukkan para mayat ke burung nasar, yakni burung pemakan bangkai, dipraktikkan oleh agama Zoroaster.

Pertama – tama mereka mempersiapkan terlebih dahulu orang yang sudah meninggal dengan cara membersihkan dan memandikan mereka. Setelah itu, mereka menempatkan mayat – mayat di menara kuil agama mereka untuk dipersembahkan kepada burung nasar.

Gagasan di balik tradisi ini sendiri adalah bahwa orang mati harus menyingkirkan bentuk fisik mereka dan hanya perlu bertahan hidup dalam satu wujud, yaitu roh atau diri spiritual mereka.

5. Kremasi

Kremasi

Kremasi

Kalau prosesi pemakaman yang satu ini tampaknya masih dipraktikkan di dunia modern, yakni cara yang melibatkan pembakaran orang yang telah meninggal.

Tubuh mayat yang sudah dikremasi kemudian dimasukkan ke dalam toples untuk dijaga agar tetap dekat dengan orang – orang terkasih dari almarhum. Beberapa orang mati, dalam kehidupan mereka sendiri, mempunyai keinginan bagaimana mereka ingin abunya dibuang.

Ada mereka yang memutuskan untuk dikremasi setelah mati berharap agar diri mereka dibebaskan di ruang angkasa atau berharap agar diterbangkan ke Sungai Gangga dan lautan lainnya. Akan tetapi, ada juga yang berharap agar mereka tetap dekat dengan kerabat mereka.

4. Strangulation

Strangulation

Strangulation

Praktek Strangulation atau pencekikan ini dihasilkan dari turunan ide – ide dari ritual kuno Sati. Upacara pemakaman tradisional di Pulau Pasifik Selatan, Fiji melibatkan pembunuhan orang – orang yang dekat dan tersayang dengan orang yang meninggal yang dilakukan dengan cara dicekik sampai mati.

Ritual pemakaman paling aneh di dunia yang satu ini menyiratkan bahwa orang mati tidak boleh dibiarkan sendirian di dunia lain dan harus ditemani oleh orang yang dicintai.

Masyarakat penganut ajaran tersebut percaya kalau itu membuat proses kematian tidak terlalu menyakitkan.

3. Cannibalism

Cannibalism

Cannibalism

Cannibalism atau Kanibalisme meruapakn salah satu ritual pemakaman paling aneh di dunia yang berasal dari Papua Nugini dan Brasil. Masyarakat setempat melakukan pesta pora di atas kematian seseorang. Sama seperti namanya, ritual pemakaman Kanibalisme berhubungan dengan praktik kanibalisme atau memakan daging manusia.

Meskipun sudah jarang dipraktikkan, praktik tidak manusiawi ini kemungkinan bermula dari negara – negara yang kekurangan gizi demi mencari cara agar tetap bisa makan. Ritual Kanibalisme yang dilakukan dapat memberikan kebutuhan mereka akan hal itu.

Keluarga dari orang yang sudah meninggal biasanya berkumpul di sekitar mayat dan menggunakan api dan alat – alat masak lainnya untuk membuat mayat dapat dimakan. Ritual pemakaman aneh ini diketahui dipraktikkan juga di negara – negara yang terutama bertahan di hutan di mana tidak terlalu banyak bahan makan kecuali tumbuh – tumbuhan.

2. Sky Burial

Sky Burial

Sky Burial

Salah satu ritual pemakaman paling aneh di dunia dan masih dilakukan hingga kini adalah sebuah ritual yang disebut Sky Burial atau Pemakaman Langit. Sky Burial merupakan sebuah prosesi penguburan yang ada di berbagai provinsi di Cina seperti Tibet, Qinghai, dan Mongolia Dalam.

Mayat manusia dipotong kecil – kecil kemudian ditempatkan di puncak gunung agar memperlihatkannya pada unsur  -unsur (mahabhuta) dan juga hewan terutama burung predator. Tujuan dari prosesi pemakaman aneh ini hanyalah untuk membuang mayat dengan cara yang murah hati.

Mayoritas orang Tibet dan banyak orang Mongolia yang menganut Buddhisme Vajrayana mengajarkan tentang transmigrasi roh. Mereka percaya bahwa tidak perlu menjaga tubuh ketika sudah mati karena hanya sebuah kapal kosong. Burung dapat memakannya atau alam dapat membusukannya.

1. Sati

Sati, Ritual Pembakaran Diri

Sati, Ritual Pembakaran Diri

Sati merupakan sebuah tradisi yang sangat tua dari agama Hindu meskipun di zaman sekarang hal ini jarang dipraktikkan. Sati adalah semacam hukuman yang diberikan kepada seorang wanita yang suaminya telah meninggal atau pada dasarnya melibatkan para janda.

Bukan hanya orang beragama Hindu, melainkan beberapa budaya lain ternyata juga dikenal mempraktikkan tradisi ini. Para janda yang kehilangan suaminya dipaksa untuk membakar dirinya sendiri.

Hal itu tampak dilakukan sebagai cara untuk mengorbankan dirinya kepada kekuatan besar sehubungan dengan kematian suaminya yang lebih dahulu.

Tujuan dari ritual aneh ini adalah bahwa seorang wanita yang sendirian tidak memiliki tempat di dunia ini setelah kematian suaminya dan dia harus mengorbankan dirinya dengan sukarela.

Baca Juga9 Pemimpin Paling Kejam Sepanjang Sejarah di Dunia

Demikianlah daftar 10 ritual pemakaman yang paling aneh di dunia.

Prosesi pemakaman pada dasarnya bertujuan mengantarkan mereka yang telah tiada ke tempat peristirahat terakhir mereka. Oleh karena itu, kita semua yang masih hidup perlu menghargainya.

Meskipun berbagai ritual pemakaman di atas tampak aneh, namun demikian itu merupakan sebuah tradisi dan pastilah punya tujuan yang baik menurut kepercayaan mereka masing – masing.

10 Ritual Pemakaman Paling Aneh dan Menyeramkan Di Dunia | anarostiana | 4.5