8 Rahasia Cara Menjalani Hidup Sehat Meski Sering Begadang

8 Rahasia Cara Menjalani Hidup Sehat Meski Sering Begadang

Gambar Pria Sehat Via Pixabay.com

Begadang adalah aktifitas yang dilakukan oleh seseorang dimana ia menghindari waktu tidur untuk beraktifitas . Aktifitas seperti ini tentunya memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh . Ada berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya berpotensi menyerang bagi siapa saja yang memiliki gaya hidup seperti ini.

Lantas, jika anda merupakan salah seorang yang terpaksa menjalani kehidupan seperti ini, tentu anda harus ekstra hati-hati dan rutin untuk mengecek kondisi tubuh anda . Lalu apa saja hal-hal yang bisa anda terapkan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh meski sering begadang ? . Sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu efek negatif dari begadang .

1. Dampak Negatif Sering Begadang Bagi Kesehatan

Kami akan memberikan gambaran nyata kepada anda berbagai gangguan kesehatan yang cenderung dapat menyerang jika kamu suka begadang .

Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Ini adalah dampak yang sangat serius untuk anda perhatikan jika rutin begadang. Pada saat anda melawan rasa kantuk untuk tetap beraktifitas, anda seperti memaksakan tubuh anda untuk tetap bekerja dimana pada waktu tersebut tubuh anda membutuhkan istirahat . Seperti sebuah HP yang memiliki batrei lemah, sewajarnya anda membiarkan tubuh dalam keadaan tidur untuk kembali mendapatkan daya.

Baca Dulu 7 Daftar Makanan Sehat Yang Membuat Tubuh Tidak Mudah Sakit

Kebiasaan begadang ternyata mampu membuat perubahan pada siklus tubuh . Sewajarnya tubuh akan kembali mendapatkan energi penuh di pagi hari dan menurun di malam hari . Namun dengan melakukan aktifitas begadang, anda menciptakan energi yang besar pada malam hari namun menurun disaat pagi atau siang hari . Hal ini tentunya tidak sangatlah tidak baik .

Pada saat tidur, tubuh akan melakukan kerja alami dengan mengembalikan energi dan membuang racun yang tidak diperlukan . Jika anda mendapati jam tidur yang tidak cukup, maka sistem imun atau kekebalan tubuh anda tidak akan bekerja secara maksimal . Oleh sebab itu, anda akan berpotensi untuk terserang berbagai macam penyakit.

Berdasarkan penelitian, mereka yang terlalu keras bekerja di malam hari, beresiko mengidap penyakit kanker . Oleh sebab itu, ada baiknya kebiasaan begadang seperti ini anda hindari . Jika anda terpaksa dikarenakan pekerjaan, cobalah cari pekerjaan yang lebih baik lagi, jika tidak memungkinkan, mungkin anda harus lebih ekstra keras memperhatikan kesehatan anda .

Diabetes

Dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh, memungkinkan berbagai macam organ yang ada pada tubuh anda tidak bekerja secara maksimal . Salah satunya adalah kadar gula darah juga akan mengalami masalah . Pasalnya, pada saat seseorang kurang tidur, kemampan sel lemak dalam merospon insulin juga akan terganggu . Hal ini akan menyebabkan tubuh anda terasa lebih mudah lelah .

Mereka yang mendapatkan waktu tidur yang sangat sedikit, beresiko mengidap penyakit diabetes tipe 2 . Selain beberapa penyakit diatas, sebenarnya masih banyak lagi potensi penyakit yang dihasilkan dari bagadang. Ada baiknya, coba dipikirkan kembali kebiasaan begadang tersebut . Lalu bagaimana cara agar tubuh tetap sehat meski sering begadang ? .

2. Tips Memembuat Tubuh Tetap Sehat Meski Sering Begadang

Tubuh Tetap Sehat Meski Sering Begadang

Gambar Ilustrasi Via Pixabay

Adapun strategi yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan tubuh sehat meski begadang adalah sebagai berikut . Strategi ini hanyalah sedikit upaya yang bisa anda terapkan agar tubuh tetap dalam kondisi prima . Namun, sewajarnya kita akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat jika memiliki jam tidur yang teratur . Berikut beberapa hal yang bisa anda terapkan .

1. Tidur Minimal 6 Jam Sehari

Walaupun anda begadang, pastikan bahwa tubuh anda mendapatkan waktu tidur setidaknya 6 jam dalam sehari . Pastikan bahwa kamu tidak memiliki jam tidur yang berubah-ubah . Hal ini dikarenakan tubuh akan berusaha untuk beradaptasi dengan jam tidur yang kamu miliki . Walaupun begadang, pastikan kamu tidur di waktu yang tepat .

Jika kamu memiliki jam tidur yang berubah-ubah, tubuhmu mungkin akan sulit beradaptasi . Tubuh manusia memiliki sistem kekebalan tubuh alami yang jika dibiasakan, ia akan beradaptasi dengan gaya hidupmu .

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Sayur dan buah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu .  Jadi, jika kamu melakukan aktifitas yang sangat beresiko menurunkan sistem imun, maka kamu harus mengimbanginya dengan makanan yang dapat memperbaikinya . Kandungan mineral vitamin yang terdapat pada sayur dan buah terutama kandungan vitamin C didalamnya mampu membuat tubuhmu tidak gampang sakit .

3. Sempatkan Berolahrga

Hal ini adalah salah satu yang sangat sulit untuk dilakukan . Melakukan senam dan olahraga ringan mampu membuat tubuhmu menjadi lebih kuat dan sehat . Salah satu kebiasaan oran-orang yang suka begadang adalah sedikit menjalankan aktifitas olahraga . Padahal, hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan mengontrol lemak tetap stabil .

4. Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Salah satu  efek negatif dari kurangnya waktu tidur adalah wajah akan terlihat kusam dan membuat anda terlihat lebih cepat tua . Hal ini dikarenakan kurangnya peremajaan kulit alami yang dilakukan saat tubuh dalam fase tidur . Untuk mendapatkan hal itu, ada baiknya jika kamu rajin mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya .

Selain sangat baik untuk kulit, air putih juga sangat baik untuk pencernaan anda. Mereka yang suka begadang sering kali mengalami masalah dengan pencernaan. Cenderung disebabkan oleh virus-virus dan racun yang masuk kedalam tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh menurun, menyebabkan virus dan racun berkembang biak di tubuh anda.

Untuk membuang racun-racun tersebut, kamu membutuhkan air yang cukup . Dengan mengkonsumi air putih, kamu membantu tubuh membuang racun dengan proses sirkulasi alami yang terjadi.

5. Rajin Mengkonsumsi Air Kelapa

Ternyata, air putih saja tidak cukup . Ini adalah kalimat yang mungkin pernah anda dengar . Pada saat begadang, kamu akan kehilangan sangat banyak ion tubuh . Untuk menggantinya, air putih saja ternyata tidak cukup . Kamu memerlukan minuman yang dapat memberikan energi . Salah satunya adalah air kelapa .

Air kelapa sendiri memberikan manfaat yang baik untuk kamu yang suka begadang. Dengan mengkonsumsinya, kamu akan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih bertenaga. Ini masalah yang sering terjadi jika kamu kurang tidur. Kamu akan mendapatkan kondisi tubuh yang kurang bertenaga .

6. Mengkonsumsi Kafein

Kopi atau apa saja yang mengandung kafein ternyata sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang kurang waktu tidurnya . Namun, kondisikan dosisnya agar anda mendapatkan asupakan energi yang tepat . Dengan mengkonsumsi kafein, setidaknya anda dapat tetap terjaga kurang dari 4-5 jam .

Salah satu dampak negatif dari begadang adalah depresi atau kurangnya rasa humor . Dengan mengkonsumi kafein, anda dapat meningkatkannya kembali .

7. Tidur Siang

Mereka yang tidak melakukan aktifitas begadang juga dianjurkan untuk tidur siang setidaknya 30-60 menit . Hal ini dapat membuat tubuhmu bekerja dengan lebih maksimal setelahnya . Untuk kamu yang suka begadang, tentu tidur siang adalah hal yang sangat kamu perlukan untuk mendapatkan tubuh tetap fit sepanjang hari . Pastikan bahwa dirimu tidak melewati hal ini.

8. Mengkonsumsi Susu Kunyit

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat setiap harinya, tips yang bisa anda terapkan adalah mengkonsumi minuman penambah energi seperti susu kunyit yang berasal dari india . Minuman ini terbukti mampu membuat tubuh terhindar dari resiko terserang berbagai virus dan bakteri .

Susu yang terkandung didalam minuman ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan racun yang ada pada tubuhmu. Selain itu juga dapat memberikan asupan kalsium bagi kesehatan tulang . Mereka yang kurang tidur cenderung mendapati permasalahan dengan persendian .

Baca Dulu 8 Manfaat Dan Cara Membuat Minuman Susu Kunyit Khas India

Dengan rajin mengkonsumsi minuman tersebut, kamu akan mendapatkan kondisi tubuh yang tetap bugar sepanjang hari . Tetapi, ada baiknya kebiasaan tidur seperti itu anda hindari . Pasalnya tubuh kita sudah diprogram memiliki kemampuan yang lemah dikala malam hari .

8 Rahasia Cara Menjalani Hidup Sehat Meski Sering Begadang | Siopung | 4.5

Related Post

3 Jenis Batu Akik Yang Bagus Untuk Usaha dan Karir Batu akik selain digunakan untuk perhiasan , ternyata dipercaya dapat memberikan khasiat dan efek yang baik untuk bisnis dan usaha . Hal ini tidak han...
Penyebab Batu Black Jade Tidak Tembus Cahaya Batu black jade mengandung beberapa kandungan dari senyawa logam besi oksidasi , dan mengalami perubahaan yang sangat lama . Beberapa kandungan logam ...
6 Hal Karakter Dan Sifat Yang Harus Dimiliki Seora... Gambar Ilustrasi Seorang Pemimpi Via Pixabay.com Menjadi seorang pemimpin merupakan suatu perkara yang tidak mudah. Baik itu didalam sebuah perusa...
3 Cara Menghentikan Kebiasaan Bermain Facebook Men... Gambar Facebook Via Pixabay.com Facebook adalah sebuah situs jajaring sosial diaman kamu banyak mendapatkan informasi tentang kabar terbaru dari t...
7 Langkah Rahasia Mengajari Anak Membaca Dengan Ce... Gambar Ilustrasi Anak Via Pixabay.com Sebagai orang tua tentu anda menginginkan bahwa anak anda mampu membaca saat tk atau masih beranjak di usia ...
Batu Akik Fosil Kayu Ulasan Lengkap Harga dan Khas... Batu Akik Fosil Kayu adalah jenis zat organik yang telah berubah menjadi mineral dalam kurun waktu kurang lebih seratus ribu tahun . Negara-negara sep...
Melihat Perbedaan Batu Black Jade Dengan Badar Bes... Ada sebuah polemik diantara para penggemar batu black jade aceh . Pasalnya , jenis ini memiliki kesamaan dengan badar besi . Yaitu sama-sama lengket d...
5 Tips Pemasaran Agar Sukses Meraup Uang Melalui B... Tips Bisnis Online Via Pixabay.com Pemasaran adalah aktifitas memperkenalkan produk ke banyak orang. Salah satu tujuan pemasaran dalam bisnis onli...
5 Hal Yang Sering Dilakukan Remaja Indonesia Saat ... Gambar Ilustras Via Pixabay.com Malam minggu tentunya hari dimana kita dapat bersantai bersama keluarga maupun sahabat. Di Amerika dan kebanyakan ...
Jenis Batu Akik Sungai Dareh Terbaik dan Termahal ... Batu sungai dareh adalah jenis Idocrase yang saat ini memiliki peminat yang cukup tinggi di pasaran batu mulia . Jenis batu akik sungai dareh yang ber...