5 Solusi Mengatasi Kekurangan Modal Dalam Memulai Bisnis

5 Solusi Mengatasi Kekurangan Modal Dalam Memulai Bisnis

Foto ilustrasi Via Pixabay.com

Modal adalah sejumlah harta atau keahlian yang digunakan untuk menjalankan usaha. Persiapan modal menjadi salah satu bagian terpenting dalam tahap merintis sebuah bisnis yang ingin kamu lakukan. Namun, walaupun modal adalah elemen terpenting, kamu tidak boleh terjebak dan tidak bisa berpikir kreatif jika ingin memiliki modal.

Sebagian dari kita mungkin akan melakukan pinjaman jangka panjang ke bank-bank lokal. Tindakan tersebut tentu saja tidak salah, namun sebelum anda benar-benar ingin meminjam uang ke bank, ada baiknya kamu simak beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kekurangan modal dalam memulai bisnis.

Simak penjelasannya sebagai berikut .

1. Pahami Model Bisnis Yang Kamu Jalankan

Hal yang terpenting dalam memulai sebuah bisnis adalah memahami model bisnis itu sendiri. Kamu tidak bisa serta merta menjalankan sebuah projek tanpa memahami dengan baik aspek-aspeknya. Oleh sebab itu, perlu pemahaman yang lebih mendalam lagi tentang usaha yang akan kamu jalankan itu.

Pada tahap ini, kamu bisa berpikir kreatif tanpa harus mengorbankan banyak uang untuk melakukannya. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Buatlah dirimu menjadi kreatif dan pahami usaha yang kamu jalankan. Kamu akan menemukan cara terbaik untuk memulai tanpa harus menggunakan uang terlebih dahulu.

2. Bekerja Sama Dengan Pemilik Dana

Hal ini bisa kamu terapkan jika kamu tidak memiliki modal uang untuk bisnismu. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki dana besar. Seperti keluarga, sahabat, atau partner bisnis. Tawarkan tujuanmu dan bagaimana cara kamu mencapainya. Jika tertarik, tentu saja mereka tidak akan segan untuk memberikan dananya kepadamu.

Jika ditarik berdasarkan kisah Mark Zuckernberg dalam memulai facebook dengan bekerja sama dengan sahabat satu kamarnya yaitu Eduardo Saverin. Eduardo sendiri adalah sang pemilik modal dan Mark adalah orang yang menjalankan bisnis tersebut. Kamu bisa mengadopsinya untuk kisah bisnismu.

3. Sistem Barter

Jika kamu tidak memiliki uang untuk diberikan, kamu bisa memberikan jasa atau barang yang kamu miliki. Orang akan memberikan uangnya jika kamu mampu untuk memecahkan masalahnya. Dalam mencari modal, kamu tidak harus langsung meminjam uang ke bank, kamu bisa barter kebutuhan produk dan jasa yang kamu miliki.

Ini adalah cara terbaik dimana kamu akan memiliki partner bisnis yang saling mengisi kekurangan satu sama lain.

4. Percaya Diri

Walaupun pada saat ini kamu belum memiliki dana, jangan pernah kehilangan rasa percaya diri dalam memulai usaha. Pastikan bahwa kamu tetap berada pada semangat tertinggi untuk memulainya. Sikap positif tersebut akan memberikanmu jalan terbaik untuk mendapatkan dana tanpa harus melakukan pinjaman ke bank.

Berpikir positif terhadap sesuatu akan membuatmu mampu menangkap sinyal dan peluang yang ada di depan mata. Pastikan bahwa dirimu berada pada kondisi emosional yang baik.

5. Pinjaman Ke Bank

Jika kamu tidak banyak menemukan solusi untuk mendapatkan modal tanpa melakukan pinjaman ke bank. Maka ada berkunjung ke bank adalah pilihan satu-satunya. Pada saat ini, kamu dapat melakukan pinjaman dengan bunga yang sangat ringan dengan persyaratan yang cukup mudah. Kamu juga dapat memberikan BPKB atau surat berharga lainnya sebagai jaminan.

Baca Dulu 5 Strategi Mengembangkan Bisnis Untuk Kamu Yang Masih Pemula

Meminjam dana ke bank adalah pilihan terakhir bagimu jika tidak kunjung menemukan solusi. Bank merupakan lembaga yang khusus menyalurkan kredit ke masyarakat. Terutama pebisnis kecil dan juga menengah. Dan inilah cara terakhir yang bisa anda terapkan untuk mengatasi kekurangan modal dalam menjalankan usaha.

5 Solusi Mengatasi Kekurangan Modal Dalam Memulai Bisnis | Siopung | 4.5