5 Spare Part Mobil Yang Harus Sering Diganti Meskipun Tidak Rusak

Spare Part Mobil Yang Harus Sering Diganti

Spare Part Mobil Yang Harus Sering Diganti

Umumnya pemilik kendaraan mengganti spare part karena mengalami kerusakan, aus atau karena masuk waktu untuk diganti. Penggantian spare part mobil ini dilakukan untuk menjaga performa mobil tetap baik untuk jangka waktu yang lama. Namun sebagian pemilik mobil melakukan penggantian spare part meskipun tidak mengalami kerusakan.

Bahkan sebagian dari mereka langsung melakukan penggantian bagian mobil beberapa saat setelah membeli mobil baru. Apa saja itu? Kenapa mereka melakukannya? Berikut ini penjelasannya.

1. Audio

Audio Mobil

Audio Mobil

Audio mobil adalah diantara bagian mobil yang paling sering diganti meskipun tidak pernah mengalami masalah. Penggantian atau modifikasi spare part mobil satu ini bisa bervariasi bentuknya. Ada yang melakukan penggantian speaker mobil untuk mendapatkan suara yang lebih keras. Ada juga yang memberikan tweeter tambahan untuk menghasilkan detail suara yang lebih tajam.

Hingga pada tahap yang lebih jauh yaitu merombak total konfigurasi audio pada mobil. Mulai dari memasang panel LCD kustom, menyetel ulang  tata letak speaker, menambahkan fitur audio canggih hingga menambahkan subwoofer berukuran jumbo beserta amplifiernya. Semua ini diaplikasikan baik pada mobil yang digunakan untuk keperluan modifikasi hingga yang dipakai sehari-hari.

2. Knalpot

Kanalpot Mobil

Kanalpot Mobil

Khusus mobil, penggantian knalpot biasanya banyak dilakukan untuk mobil-mobil lama. Hanya sedikit mobil baru yang mau mengganti knalpotnya dengan knalpot aftermarket atau modifikasi. Diantara alasannya, penggantian spare part mobil satu ini bisa mempengaruhi performa mobil secara langsung.

Untuk mobil-mobil baru, penggantian knalpot paling sering hanya menyentuh bagian muffler saja. Sistem pembuangan (exhaust) pada knalpot mobil baru dianggap sudah cukup baik sehingga jarang dilakukan penggantian. Sedangkan untuk mobil-mobil lama, penggantian knalpot dilakukan untuk mendapatkan performa yang lebih baik atau untuk mendapatkan suara dari knalpot yang diinginkan.

3. Velg

Velg Mobil

Velg Mobil

Baik untuk mobil baru maupun mobil lama, terkadang pemilik mobil merasa tidak cocok dengan jenis velg yang terpasang pada kendaraan. Inilah diantara hal yang menyebabkan velg mobil menjadi salah satu spare part mobil yang sering diganti meskipun masih dalam kondisi baik.

Banyak pemilik mobil menganggap “velg kaleng” adalah diantara jenis velg yang memiliki harga paling murah dan bentuk paling jelek. Sedangkan untuk mobil-mobil baru dengan tipe yang paling rendah banyak yang dijual dengan spesifikasi menggunakan velg jenis tersebut.

Sehingga modifikasi paling sederhana untuk velg jenis ini adalah dengan memberikan cover pada bagian terluar velg. Dan bagi yang tidak memiliki masalah dengan biaya, biasanya akan mengganti velg mobilnya dengan jenis-jenis lain yang lebih sporty atau elegan sesuai dengan jenis mobil yang dipakai.

4. Ban

Ban Mobil

Ban Mobil

Mungkin tidak banyak orang yang tahu atau ini adalah rahasia umum di kalangan orang-orang bengkel saja. Bahwa ternyata ada cukup banyak pemilik mobil yang gemar mengganti ban mobilnya meskipun belum mengalami aus. Untuk pemilik mobil jenis SUV dan minibus bahkan ada yang langsung mengganti ban mobilnya beberapa saat setelah membeli dari dealer.

Ban mobil bawaan dari dealer terkadang dianggap memiliki daya cengkram yang kurang bagus atau dianggap memiliki tekstur yang terlalu keras.

Khusus untuk mobil jenis pickup truck, penggantian ban yang masih dalam kondisi bagus biasanya menyesuaikan kebiasaan dari penggunaan. Mobil jenis pickup truck memiliki beberapa jenis ban yang secara khusus dibuat untuk kondisi jalan, apakah dia lebih banyak digunakan pada jalan beraspal atau kondisi jalan offroad.

5. Kaca Film

Kaca Film Mobil

Kaca Film Mobil

Beberapa mobil baru hari ini ada yang dijual tanpa tambahan kaca film. Ada juga yang menyertakan kaca film namun dengan fitur perlindungan standard. Hal ini yang menyebabkan banyak pemilik mobil mengganti atau menambah kaca film. Memilih Spare part mobil ini agak sedikit tricky bagi yang tidak begitu memahami teknologi kaca film. Jika hanya sekedar memilih berdasarkan pertimbangan harga, maka harga tertinggi belum tentu akan memberikan kaca film terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mobil.

Ada banyak hal teknis yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kaca mobil, seperti misalnya: persentase kegelapan kaca film yang dibolehkan secara legal, tingkat penyerapan cahaya matahari yang masuk ke dalam mobil hingga fitur tambahan seperti anti-UV. Semuanya ini sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu ahlinya agar tidak salah dalam mengaplikasikan kaca film untuk mobil.

Baca juga

Berbagai macam spare part mobil lainnya terkadang juga diganti meskipun tidak mengalami kerusakan. Semuanya ini kembali lagi pada preferensi pemilik mobil tentang bagaimana kondisi mobil yang mereka sukai. Apapun spare part yang diganti tersebut, pastikan spare part yang digunakan adalah spare part berkualitas. Diantara tempat terbaik hari ini untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, spare part dan aksesoris mobil adalah di Bukalapak. Berbagai produk otomotif mobil dan aksesoris berkualitas bisa kita dapatkan dengan lengkap dan mudah hanya di Bukalapak.

5 Spare Part Mobil Yang Harus Sering Diganti Meskipun Tidak Rusak | Siopung | 4.5