7 Tempat Di Dunia Yang Terkenal Setelah Muncul Dalam Film

Tempat Di Dunia Yang Terkenal Setelah Muncul Dalam Film

Tempat Di Dunia Yang Terkenal Setelah Muncul Dalam Film

Demi menghasilkan visual film yang spektakuler, kadangkala sebuah rumah produksi sampai menjelajah seluruh dunia untuk menciptakan latar yang cocok. Keajaiban dan keindahan tempat yang ditunjukkan di sebuah film itu kemudian berimbas pada tempatnya di dunia nyata.

Banyak tempat di dunia yang jarang diketahui menjadi sangat popular setelah kemunculannya di layar lebar. Apalagi kalau filmnya masuk ke deretan film box office, tempat lokasi shooting film tersebut mendadak banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran.

Ada beberapa film yang sengaja menggunakan tempat yang sudah terkenal sebagai latar tempatnya, seperti Paris, Roma, atau New York, tetapi ada pula pembuat film mencari tempat yang otentik dan dirasa pas untuk cerita di film mereka. Dari situlah debut dari sebuah tempat yang tidak dikenal menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Berikut ini merupakan daftar 7 tempat yang menjadi terkenal setelah muncul di sebuah film.

1. Alnwick Castle (Hogwarts – Harry Potter)

Alnwick Castle

Alnwick Castle

Harry Potter merupakan salah satu film bergenre fantasi yang popular sepanjang masa. Serial yang diadaptasi dari novel karangan J.K. Rowling ini memberikan kesan yang sangat dalam bagi para penggemarnya.

Nah, kalau kamu mengikuti film Harry Potter, pasti tak asing dengan Kastil Hogwarts yakni sekolah sihir tempat Harry dan kawan – kawannya menimba ilmu. Setting Kastil Hogwarts sendiri berlokasi di kota Northumberland, Inggris, tempatnya di sebuah tempat penuh sejarah yang bernama Kastil Alnwick.

Kastil yang berada di timur laut Inggris tersebut menjadi begitu popular khususnya di kalangan pecinta Harry Potter. Per tahun 2012, Kastil Alnwick dikunjungi sebanyak 800.000 pengunjung setiap tahunnya. Suasananya agak kontras dengan kondisi di sekitar kastil yang hampir tidak berpenghuni.

Ternyata tidak hanya film Harry Potter yaitu di seri Harry Potter and the Sorcerer’s Stone dan Harry Potter and the Chamber of Secrets, Kastil Alnwick juga menjadi latar tempat di beberapa film terkenal lain, seperti film Elizabeth dan Robin Hood: Prince of Thieves.

Baca Dulu5 Negara Paling Terkenal Sebagai Destinasi Wisata Kuliner

Kastil Alnwick cocok dikunjungi di siang hari untuk berjalan – jalan sambil mengingat berbagai adegan sihir mengagumkan ala Harry Potter.

2. Grand Bahama (Pirates of Caribbean)

Grand Bahama

Grand Bahama

Serial film Pirates of the Caribbean masuk ke jajaran film box office. Pirates of the Caribbean bahkan dinobatkan sebagai film serial pertama yang menghasilkan lebih dari milyaran dolar di mana setiap filmnya mendapatkan $ 650 juta.

Seperti judulnya Karibia, beberapa adegan di film ini memang diambil di lokasi sekitar Kawasan Karibia. Salah satu adegannya mengambil setting di Grand Bahama, pulau paling utara Kepulauan Bahama yakni 84 km dari lepas Pantai Palm, Florida.

Seri Pirates of the Caribbean yang menjadikan Grand Bahama beberapa lokasi syuting adegannya ialah Dead Man’s Chest dan At World’s End.

Di bagian Bahama tepatnya pulau Exuma yang juga dipakai sebagai latar tempat film Pirates of Caribbean, merupakan sebuah pulau pribadi yang eksotis dengan keindahan alam menakjubkan. Wisatawan yang hendak menghabiskan waktunya di pulau ini perlu menyiapkan kocek sekitar $85 miliar.

Pulau pribadi yang kemudian diberi nama Little Pipe Cay memang punya pesona yang luar biasa indah dan tergolong langka. Bisa kita saksikan sendiri betapa indahnya di serial film Pirates of Caribbean.

3. Selandia Baru (The Lord of the Rings)

Gunung Ngauruhoe

Gunung Ngauruhoe

Film trilogi Lord of the Rings menjadi film box office di dunia dan digadang sebagai salah satu proyek film terbesar dan ambisius dengan menghabiskan dana hingga $ 330 juta.

Film yang diadaptasi dari novel karangan J.R.R. Tolkien tersebut disutradai oleh Peter Jackson dan seluruhnya berlokasi syuting di Selandia Baru.

Lord of the Rings mengambil latar tempat di kawasan konservasi dan taman nasional di Selandia Baru. Misalnya Gunung Ngauruhoe atau dikenal juga dengan nama Gunung Doom, tempat ini menjadi setting adegan Frodo dan Sam dalam petualangan mereka ke Mordor. Para pengunjung bisa melakukan aktivitas mendaki di sini.

Kemudian, desa para hobbit atau Hobbiton benar – benar ada yakni dijumpai di kota Matamata. Selanjutnya ada Gunung Sunday sebuah lokasi menakjubkan di Canterbury yang jadi latar belakang Edoras atau ibukota Rohan.

Wisatawan yang datang disajikan pemandangan pegunungan yang indah sambil membayangkan adegan film Lord of the Rings.

Para fans Lord of the Rings sejati wajib datang ke berbagai tempat ikonik tersebut. Mereka perlu merasakan sendiri sensasi set film trilogi popular ini!

4. Angkor Wat (Lara Croft: Tomb Raider)

Angkor Wat

Angkor Wat

Lara Croft: Tomb Raider yang dirilis 15 Juni 2001 sebagian besar menerima ulasan negatif dari para kritikus film. Hal tersebut karena film bergenre action ini dinilai justru adegan action-nya datar dan plotnya hambar. Meskipun begitu, bintang utama Tomb Raider yaitu Angelina Jolie banyak dipuji atas perannya.

Tak hanya melambungkan nama Angelina Jolie, film Tomb Raider turut membuat lokasi film tersebut dikenal dunia. Tomb Raider mengambil adegan di Angkor Wat, sebuah kompleks candi di Kamboja. Angkor Wat sendiri merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia yakni berukuran 162,6 hektar.

Di tahun 2004, setidaknya 561.000 wisatawan asing mengunjungi destinasi wisata di Kamboja tersebut terutama setelah film Tomb Raider masuk ke daftar box office. Bahkan di tahun 2013, angka pengunjung semakin meningkat, yaitu mencapai dua juta turis asing.

Kuil Angkor Wat tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan berperan dalam pembentukan konsep warisan budaya yag kini mulai dibangun secara modern serta bertahap global.

5. Fushimi-Inari, Kyoto (Memoirs of Geisha)

Fushimi-Inari, Kyoto

Fushimi-Inari, Kyoto

Memoirs of Geisha merupakan sebuah film drama yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Arthur Golden. Terlepas dari film ini yang berkisah tentang seorang Geisha, yakni wanita entertainer Jepang yang menghibur melalui seni tradisional Jepang, film Memoirs of Geisha sendiri diproduksi oleh rumah produksi Amerika. Hampir seluruh pengambilan gambarnya pun dilakukan di Amerika.

Namun demikian, ada beberapa adegan yang menggunakan latar tempat di negara asal Geisha, tepatnya di Provinsi Kansai. Salah satu tempat yang begitu berkesan di film adalah Kuil Fushimi-Inari. Kuil yang terletak di Kyoto tersebut muncul setelah 40 menit dan kembali muncul setelah 136 menit sebagai adegan kilas balik.

Fushimi-Inari bisa dicapai dengan jarak 30 menit dengan bus dari stasiun Mukomachi. Kuil ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan tentunya menghangatkan hati karena mengenang film Memoirs of Geisha.

6. Portland (Twilight)

Portland

Portland

Twilight merupakan sebuah film drama fantasi yang dirilis pada 21 November 2008. Diangkat dari novel terlaris karya Stephenie Meyer, film trilogi ini langsung memiliki banyak penggemar dan membuat Kristen Stewart serta Robert Pattison semakin naik daun.

Film yang bercerita tentang hubungan asmara seorang gadis remaja bernama Bella Swan (Kristen Stewart) dan vampir Edward Cullen (Robert Pattinson), Twilight menawarkan sajian drama percintaan yang menarik dengan intrik di dalamnya. Tak hanya itu, latar tempat film ini pun juga begitu berkesan berkat keindahannya.

Portland ialah salah satu lokasi set film Twilight Saga. Kota ini selamanya menjadi kota yang dikaitkan dengan film Twilight saking memorable-nya. Mulai dari rumah Bella Swan, sekolah, dan cafe yang ada di adegan film drama fantasi ini diambil di Portland.

7. Pulau Nami (Winter Sonata)

Pulau Nami

Pulau Nami

Tempat wisata selanjutnya yang terkenal setelah muncul di film adalah Pulau Nami. Tentu masih ingat salah satu serial drama popular asal Korea berjudul Winter Sonata, bukan? Pulau Nami menjadi salah tempat lokasi syuting drama tersebut.

Selain itu, Pulau Nami juga termasuk ke deretan destinasi wisata yang jangan sampai terlewatkan ketika mengunjungi Korea Selatan. Pulau Nami bisa dicapai dengan berkendara selama 1,5 jam dari kota Seoul. Tempat ini cocok dijadikan tempat pelarian untuk menghindari hiruk pikuk padatnya ibukota.

Gunung Gubongsan di pulau ini menawarkan pemadangan yang menakjubkan yang bisa dinikmati siang dan malam. Selanjutnya, terdapat observatorium di mana para wisatawan dapat melihat pemandangan malam yang indah Chuncheon.

Baca Juga8 Tempat Wisata Populer Yang Wajib Dikunjungi Di Eropa

Nah, itulah tadi 7 tempat wisata yang menjadi terkenal setelah muncul di film. Beberapa tempat di atas bisa dijadikan rekomendasi untuk liburan apalagi kalau mau sambil mengenang film kesukaan kamu. Dijamin akan jadi pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan!