9 Tempat Wisata Angker Paling Mengerikan di Indonesia

Tempat Wisata Angker di Indonesia

Tempat Wisata Angker di Indonesia

Indonesia menyimpan keberagaman di setiap pelosok negerinya mulai dari Sabang sampai Marauke. Bukan hanya menawarkan keindahan alam yang eksotis, banyak dari tempat di tanah air diliputi legenda dan kisah – kisah misteri.

Saking menyeramkannya sebuah tempat, beberapa di antaranya sudah terkenal seantero negeri karena kengeriannya tersebut. Itu menjadi bahan perbincangan yang tak berkesudahan bagi semua orang.

Dimulai dari tempat bersejarah, pemakaman, hingga tempat wisata popular pun tak terlepas dari misteri yang ada di masyarakat. Akan tetapi, kadangkala hal ini malah membuat tempat yang konon angker lebih ramai berkat rasa penasaran para pengunjungnya.

Nah, berikut ini terdapat rangkuman mengenai tempat-tempat wisata paling angker di Indonesia. Berani mengunjunginya?

1. Lawang Sewu

Misteri Lawang Sewu

Misteri Lawang Sewu

Lawang Sewu yang terletak di Semarang, Jawa Tengah tadinya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 sampai 1907.

Masyarakat daerah setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan bersejarah ini memiliki pintu yang sangat banyak meskipun pada kenyataannya jumlah pintu tidaklah mencapai seribu. Kemudian, pasca Indonesia merdeka bangunan ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Namun demikian, setelah akhirnya bertahun – tahun ditinggalkan, mulailah bermunculan kisah angker. Misteri tempat ini yang menyeramkan mengundang perhatian banyak orang untuk merasakan sendiri suasananya.

Baca DuluKisah Mistis Pohon Bunut Bolong Yang Terkenal Angker

Salah satu yang paling terkenal adalah pada waktu sebuah acara televisi menayangkan aksi uji nyali di Lawang Sewu. Pada episode tersebut, terekam jelas sosok makhluk halus yang terlihat seperti kuntilanak berlalu di depan kamera.

2. Komplek Kota Tua Jakarta

Misteri Kota Tua Jakarta

Misteri Kota Tua Jakarta

Komplek Kota Tua atau yang dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jakarta. Wilayah Kota Tua memiliki luas 1,3 kilometer persegi dan melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat, yakni tepatnya Pinangsia, Taman Sari, dan Roa Malaka.

Sebagai salah satu peninggalan dari pemerintah Hindia – Belanda, terdapat berbagai bangunan khas zaman dulu yang masih berdiri kokoh. Yang paling terkenal di antaranya adalah Museum Fatahilah.

Pada zaman kolonialisme, lapangan di depan Museum Fatahilah ternyata digunakan oleh pemerintah Belanda sebagai tempat pelaksanaan hukuman mati terhadapa para tahanan.

Entah karena latar belakang mengerikan tersebut atau tidak, banyak orang yang mengaku melihat penampakan aneh di sekitar area Kota Tua. Misalnya saja yang disebut – sebut sering muncul ialah sosok makhluk halus tanpa kepala dan hantu Noni Belanda dengan gaun khasnya.

3. TPU Jeruk Purut

Misteri TPU Jeruk Perut Yang Terkenal Angker

Misteri TPU Jeruk Perut

Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut dengan luas 9,12 hektare ini terdapat di Jakarta Selatan. Banyak cerita misteri yang menyelimuti tempat pemakaman ini dan menjadi bahan perbincangan khalayak ramai.

Kepercayaan warga setempat mengatakan bahwa TPU Jeruk Purut ada penunggunya yaitu seorang pastor yang kepalanya dipenggal. Sosok makhluk halus tersebut konon membawa kepalanya sendiri di tangan dan diikuti anjing hitam besar.

Menurut surat kabar The Jakarta Post, legenda pastor tanpa kepala itu sudah ada sejak puluhan tahun. Itu juga yang menjadi perhatian banyak orang sehingga pada malam hari tempat pemakaman ini sering dijadikan ajang ‘uji nyali’.

Saking popularnya legenda di TPU Jeruk Purut ini, pada tahun 2006 dibuat sebuah film horror dengan judul Hantu Jeruk Purut. Kemudian, pada tahun 2011, TPU Jeruk Purut terpilih sebagai tempat paling angker di Jakarta oleh Prambors.

4. Pantai Parangtritis

Misteri Pantai Parangtritis Yang Angker

Misteri Pantai Parangtritis Yang Angker

Pantai Parangtritis termasuk salah satu obyek wisata yang terkenal di Yogyakarta. Pantai ini mempunyai keunikan pemandangan tersendiri yang berbeda daripada objek wisata lainnya, misalnya ombak yang besar dan adanya gunung – gunung pasir di sekitar pantai atau disebut gumuk.

Selain karena keindahan pantainya, Parangtritis juga terkenal akan berbagai cerita mistis yang mengikutinya. Cerita mistis di Pantai Parangtritis ini sering dikaitkan dengan kerajaan Nyai Roro Kidul sang Penguasa Pantai Selatan.

Kepercayaan lain dari warga setempat adalah sebisa mungkin janganlah mengunjungi Parangtritis bersama kekasih karena hubungan akan kandas. Terlepas dari benar atau tidaknya, mitos tersebut masih terdengar hingga sekarang.

5. Pelabuhan Ratu

Misteri Pelabuhan Ratu

Misteri Pelabuhan Ratu

Masih berhubungan dengan Nyi Roro Kidul, apabila tadi ada Pantai Parangtritis di Yogyakarta, selanjutnya yang juga diliputi misteri yang mirip adalah Pantai Pelabuhan Ratu di Provinsi Jawa Barat.

Mitos di kedua pantai itu memang mirip karena terletak di garis pantai yang sama yakni terletak di selatan Pulau Jawa. Ada yang unik dari misteri yang ada di Pantai Pelabuhan Ratu ini, yakni salah satunya pakaian yang perlu digunakan para pengunjung.

Konon kalau berwisata ke pantai ini dilarang menggunakan baju berwarna hijau dan berenang sebab bisa tenggelam. Tak hanya tenggelam, kemungkinan mereka akan memasui istana Nyi Roro Kidul dan tidak akan pernah kembali.

6. Hotel Terbengkalai Bedugul

Misteri Hotel Terbengkalai Bedugul

Misteri Hotel Terbengkalai Bedugul

Bali menjadi destinasi popular tak hanya di nusantara tetapi namanya telah mendunia. Teryata selain menawarkan keindahan alam yang eksotis, ada beberapa sudut di pulau ini yang penuh dengan misteri.

Salah satunya adalah hotel terbengkalai yang terletak di daerah Bedugul. Meskipun kurang familiar, ternyata tempat ini sendiri terkenal di kalangan para turis yang melakukan perjalanan wisata ke Bali.

Hotel terbengkalai ini dikenal juga dengan nama lain yaitu ‘Istana Hantu’. Alasannya karena begitu luasnya bangunan hotel ini tetapi konon dihuni oleh beragam makhluk halus.

Isu yang beredar soal hotel tak berpenghuni dimulai ketika konon pemilik hotel kehabisan modal dan kemudian saat bangunan hotel sudah hampir selesai justru ditinggalkan begitu saja.

Channel Youtube terkenal Exploring With Josh bahkan pernah mengabadikan momen dan suasana mengerikan hotel ini.

7. Rumah Pondok Indah

Miteri Rumah Pondok Indah Yang Horor

Miteri Rumah Pondok Indah Yang Horor

Kawasan perumahan elit di Jakarta yakni Pondok Indah pastinya sudah tak asing jika dikaitkan dengan cerita mistis. Banyak beredar rumor soal angkernya komplek perumahan ini yang begitu menarik untuk disimak.

Saking penuh misterinya, tempat angker kawasan Pondok Indah diangkat ke sebuah film dengan judul yang sama pada tahun 2006 dan menuai sukses. Berkat film tersebut Pondok Indah pun semakin erat dengan kengeriannya.

Salah satu cerita horor yang ada mengenai kawasan Pondok Indah adalah pernah hilangnya seorang tukang nasi goreng keliling. Tukang nasi goreng tersebut hilang konon setelah ada pembeli memanggilnya dari sebuah rumah. Yang ngerinya, rumah itu padahal merupakan rumah tak berpenghuni selama puluhan tahun.

8. Patung H.C Verbraak Taman Maluku

Misteri Taman Maluku Bandung

Taman Maluku Bandung

Selanjutnya yang ada di daftar tempat paling angker di Indonesia ialah sebuah kawasan yang berada di Bandung, Jawa Barat. Patung H.C Verbraak di Taman Maluku dianggap angker oleh masyarakat setempat.

Konon asal – usul patung horror ini dimulai saat ada seorang pastor yang melakukan misi keagamaan di Indonesia.

Namun demikian, mitosnya sang pastor kemudian terjebak di sebuah kecelakaan pesawat dan tempat berdirinya patung ini adalah tempat di mana ia jatuh dari kecelakaan tersebut.

Baca Lebih Lengkap : Misteri Taman Maluku, Diantara Tempat Paling Angker Di Bandung

Cerita mistis yang membumbui tempat ini datang dari beberapa pengakuan warga yang pernah melihat patung ini berjalan – jalan saat tengah malam. Rumor mengatakan jika berada di sana pukul 11 malam lalu berjalan di sekitar patung tersebut, mata patungnya akan bergerak mengikuti langkah kamu!

9. Rumah Gurita

Misteri Rumah Gurita

Misteri Rumah Gurita

Satu lagi yang tempat paling angker di Indonesia yang suasananya mengerikan adalah Rumah Gurita. Tempat ini banyak diperbincangkan baik di dunia nyata maupun dunia maya saking horrornya.

Itu karena tempat ini sendiri tidaklah jelas asal – usulnya, yang pasti tempat ini berbentuk sebuah rumah dengan patung gurita di atapnya. Rumah Gurita terletak di jalan Cipedes Selatan nomor 6 di daerah Jawa Barat.

Banyak yang berasumsi bahwa rumah beratap patung gurita ini merupakan sebuah gereja setan. Kabarnya, ada beberapa jurnalis yang menemukan kejanggalan di rumah ini, misalnya terdapatnya tiga buah angka enam di depan rumah yang terkenal dengan deretan angka iblis.

Baca JugaMisteri Rumah Kentang Yang Terkenal Angker Meyeramkan

Demikianlah artikel mengenai daftar 9 tempat paling angker di Indonesia. Tempat – tempat di atas banyak diikuti dengan cerita horror yang sudah melegenda selama bertahun – tahun makanya bisa begitu terkenal angker.

Apabila kalian penasaran, langsung saja kunjungi sendiri. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu berhati – hati dan menjaga sikap agar tidak diikuti makhluk halus yang mendiami tempat angker tersebut, ya!