10 Tempat Wisata Terlarang Dikunjungi Bersama Pacar

Tempat Wisata Terlarang Buat Pasangan Kekasih

Tempat Wisata Terlarang Buat Pasangan Kekasih

Mengisi waktu liburan memang paling menyenangkan dilakukan bersama orang tersayang. Kegiatan yang menjadi pilihan di kala berlibur misalnya saja mengunjungi tempat wisata sambil menikmati pemandangan atau sekadar menyegarkan pikiran dari rutinitas.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak tempat wisata dengan keberagaman nuansa alam yang eksotis. Tentunya keindahan tersebut akan terasa lebih lengkap jika dinikmati bersama orang yang spesial dan jadi momen romantis yang tidak terlupakan.

Namun demikian, dari jajaran daftar tempat wisata terkenal di Indonesia ternyata terdapat mitos yang menyelimutinya. Mitos ini berkaitan dengan pasangan yang berwisata ke sana bisa berakhir kandas hubungannya.

Benarkah begitu? Dan apa sajakah tempat wisata tersebut?

Berikut ini 10 tempat wisata di Indonesia yang mitosnya dapat membuat pasangan putus.

1. Candi Prambanan

Mitos Candi Prambanan Untuk Pasangan Kekasih

Mitos Candi Prambanan Untuk Pasangan Kekasih

Candi Prambanan atau dikenal pula dengan nama Candi Roro Jonggrang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terdapat di Sleman, Yogyakarta. Kompleks Candi Prambanan termasuk ke jajaran Situs Warisan Dunia UNESCO dan terkenal sebagai candi terindah di Asia Tenggara.

Candi Prambanan memiliki kisah yang melegenda yang diyakini oleh masyarakat setempat mengenai asal usul keberadaan candi tersebut. Legenda mengenai permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso yang mencintainya, untuk dibuatkan seribu candi dalam waktu semalam.

Pada kala itu Bandung Bondowoso menerima permintaan tersebut dan meminta bantuan kepada kaum jin untuk melancarkan pembangunan seribu candinya.

Mengetahui keseriusan Bandung Bondowoso, ternyata Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut. Bandung Bondowoso menyesali perbuatan yang dilanggar oleh Roro Jonggrang dan  mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu.

Baca Dulu11 Mitos Tentang Jodoh Yang Terbukti Banyak Dipercaya

Legenda itu kemudian hidup dan berkembang seiring berjalannya zaman serta menjadi keunikan tersendiri untuk kisah Candi Prambanan. Mitos yang berkembang selanjutnya adalah setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan mengalami putus hubungan.

2. Kebun Raya Bogor

Mitos Kebun Raya Bogor

Mitos Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan jantung penghijauan yang berada di tengah – tengah Kota Bogor. Kehadiran Kebun Raya Bogor membuat suasan menjadi sejuk dan untuk dikebunnya sendiri terdapat vegetasi tumbuhan langka.

Kebun Raya Bogor bukan saja menjadi jantung penghijauan akan tetapi bisa menjadi  tempat wisata bersama keluarga dan anak-anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan.

Dibalik keindahan yang tersimpan di Kebun Raya Bogor, ternyata memiliki cerita mitos tersendiri yang di percaya oleh masyarakat banyak.

Jika mereka yang datang dalam kondisi lajang, maka akan mendapatkan jodoh bila duduk di bawah pohon jodoh. Dan sebaliknya, bila datang ke tempat itu dalam keadaan berpasangan, maka akan kandas jalinan asmaranya bila menyeberang di jembatan warna merah yang letaknya paling utara.

3. Baturaden

Mitos Tempat Wisata Batu Raden

Mitos Tempat Wisata Batu Raden

Baturaden adalah taman wisata yang terletak di Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Baturaden terkenal dengan wahana wisatanya serta memiliki keindahan berupa  air terjun dan goa yang sangat cantik.

Asal mula nama Baturaden merupakan kisah seorang  anak bupati (Raden) yang ketahuan pacaran dengan anak pembantu (Batur). Hubungan antara perbedaan kasta ini membuat mereka tidak disetujui, dan akhirnya mereka berdua putus di sebuah hutan.

Hutan tersebut dijadikan sebuah saksi bisu tentang kisah cinta terlarang yang akhirnya kandas dan hutan tersebut diberi nama Baturaden. Baturaden memiliki mitos yang sangat mengejutkan, masyarakat sana percaya jika sebagian besar pasangan yang ke sana berakhir dengan perpisahan.

4. Bukit Cinta Rawa Pening

Mitos Tempat Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Mitos Tempat Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta berada di tepi Danau Rawa Pening, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Ambarawa Jawa Tengah. Bukit Cinta Rawapening terkenal dengan tempat yang teduh dan sejuk makanya ramai dikunjungi ketika hari libur.

Namun demikian, ternyata tempat wisata ini diliputi mitos bagi para pengunjungnya. Bukit Cinta Rawapening konon terdapat mitos kalau ada pasangan bukan muhrim yang datang ke sana, maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan.

Selain hubungannya putus, di sisi lain terdapat pula perbedaan mitos yang beredar, yakni justru pasangan yang mengunjungi tempat wisata ini berakhir di pelaminan.

5. Air Terjun Coban Rondo

Mitos Air Terjun Coban Rondo

Mitos Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo merupakan tempat wisata air terjun yang terletak di wilayah Pujon, Kabupaten Malang. Air Terjun Coban Rondo terkenal dengan keindahannya yang diiringi dengan sebuah legenda.

Legenda tersebut menceritakan tentang seorang putri bernama Dewi Anjarwati yang merenungi nasibnya di batu besar di bawah air terjun. Sang putri meratapi kesedihannya menjadi janda setelah ditinggal mati Raden Baron Kusumo.

Baca JugaMiteri Taman Maluku, Diantara Tempat Paling Angker Di Bandung

Kisah legenda tersebut membuat kesan dan keindahan yang di tampilkan Air Terjun Coban Rondo menjadi angker dan horror.

6. Grajakan Nglirip, Tuban

Mitos Tempat Wisata Grajakan Nglirip

Mitos Tempat Wisata Grajakan Nglirip

Grajakan Nglirip merupakan sebuah obyek wisata air terjun yang terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Air terjun ini tepatnya berada di 36 km dari pusat Kota Tuban.

Meskipun punya pemandangan alam yang asri, Grajakan Nglirip ternyata diikuti dengan mitos yang berkembang. Alih – alih dapat menikmati tempat wisata ini dengan suasana hati yang riang, terdapat kisah dan mitos yang berkaitan dengan pasangan kekasih sehingga membuat beberapa orang tak tenang.

Konon masyarakat setempat percaya bahwa bagi pasangan kekasih yang belum menikah maka dalam waktu 40 hari akan putus hubungan. Sebagia ada yang mempercayai tetapi banyak juga yang menganggap itu hanya mitos belaka.

7. Candi Gedong Songo

Mitos Tempat Wisata Candi Gedong Songo

Mitos Tempat Wisata Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berlokasi di lereng Gunung Ungaran, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Asal – usul candi ini dinamai ‘Gedong Songo’ atau bahasa Jawa songo yang artinya sembilan karena karena memang terdapat sembilan candi di kawasan tersebut.

Bangunan candi memiliki sebuah kisah dan arti serta juga merupakan sebuah objek pesan tersirat. Obyek wisata Candi Gedong Songo sendiri memilki mitos yang diyakini oleh masyarakat di sana.

Mitos tersebut merupakan larangan untuk tidak merayu – rayu atau berkata gombal kepada pasangan. Konon dipercaya kalau mengeluarkan rayuan gombal, justru akan membuat hubungan percintaan putus di tengah jalan sebelum berakhir di pelaminan.

8. Pantai Balekambang Malang

Mitos Tempat Wisata Pantai Balekambang Malang

Mitos Tempat Wisata Pantai Balekambang Malang

Pantai yang memiliki khas pasir putih ini terletak di daerah Malang Selatan, Jawa Timur, yakni tepatnya di Kecamatan Bantur, sekitar 65 km dari pusat Kota Malang. Pantai Balekembang Malam terkenal dengan pasir putih alami yang cantik.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat sebuah pura yang ada di pulau kecil di bibir pantainya dan yang ternyata menyimpan sebuah mitos. Mitos tersebut mengatakan bahwa jika mereka yang datang dengan kekasih yang belum menikah, maka hubungannya akan berakhir.

Namun demikian, mitos tersebut dipercaya tidak berlaku apabila pasangan yang datang sudah resmi menikah. Memang terdengar agak aneh tetapi beberapa orang masih mempercayainya.

9. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Mitos Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Mitos Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Tanjakan Cinta adalah nama sebuah tempat di Gunung Semeru, tepatnya di bagian barat Ranu Kumbolo, pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Tanjakan Cinta di Gunung Semeru memiliki kisah legenda dari dua sejoli yang sudah bertunangan, lalu mendaki gunung Semeru bersama.

Ketika melewati jalur yang menanjak, lelaki tersebut mampu melewati dan sudah berada diatas terlebih dahulu. Tanpa disadari, wanita tersebut jatuh terguling dan meninggal dunia karena kelelahan yang begitu hebat.

Mitos tersebut berkembag dan banyak dipercayai jika mereka yang berpasangan mampu berjalan tanpa henti hingga di atas bukit tanpa sekalipun menoleh ke belakang, konon mereka akan mendapat kebahagiaan. Namun demikian bila berhenti di tengah  -tengah, maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan.

10. Tanah Lot, Bali

Mitos Tanah Lot Bali

Mitos Tanah Lot Bali

Tanah Lot merupakan sebuah pantai destinasi wisatawan favorit di daerah Bali. Di obyek wisata Tanah lot ini, terdapat sebuah pulau dengan pura yang konon dijaga oleh ular suci.

Ular suci yang terdapat di pura tersebut memiliki kisah mistis tersendiri. Ular suci dikatakan mampu mengabulkan doa para pengunjung yang berwisata ke sana. Akan tetapi, lain halnya bagi mereka yang datang bersama kekasih belum resmi.

Dikatakan bahwa pasangan kekasih yang datang ke Tanah Lot bisa – bisa berakhir putus. Mitos ini masih banyak diperbincangkan hingga kini dan menjadi peringatan untuk mereka yang ingin berwisata ke sana. Urusan percaya atau tidaknya, kembali lagi pada masing – masing orang.

Baca Juga9 Tempat Wisata Angker Paling Mengerikan di Indonesia

Nah, itulah dia daftar 10 tempat wisata di Indonesia yang mitosnya bisa membuat hubungan sepasang kekasih kandas di tengah jalan.

Benar atau tidaknya mitos yang ada di tempat tersebut, urusan jodoh ada di tangan Tuhan dan itulah yang perlu dipercayai kita semua.