10 Negara Adidaya Dengan Tentara Militer Terkuat di Dunia

Negara Yang Memiliki Tentara Militer Terkuat Di Dunia

Gambar Pentagon Amerika Serikat Via Pixabay.com

Peran tentara atau yang biasa disebut anggota militer, sangatlah penting dalam menjaga keamanan suatu Negara. Tidak hanya itu, peran para tokoh – tokoh militer juga sangat penting guna menjaga keamanan warga negaranya. Jika suatu Negara tidak menganut sistem militer yang kuat dan disiplin, maka keamanan suatu Negara dipastikan akan terancam. Banyaknya gangguan dari Negara lain melalui perebutan wilayah dan pulau ataupun memasuki perairan Negara lain dengan illegal, membuat para tokoh – tokoh militer harus bekerja lebih ekstra agar keamanan negaranya dapat terjamin dengan baik.

Namun, sayangnya tidak semua Negara memiliki tokoh – tokoh militer yang tanggap dan mampu dalam menjalankan tugas/kewajibanya dengan baik. Beberapa Negara – Negara dengan penganut sistem militer yang baik dikarenakan sumber daya, maupun fasilitas persenjataan yang lengkap dan berteknologi tinggi, membuat beberapa Negara ini cukup disegani dan mampu dijadikan panutan oleh setiap bangsa.

Berikut beberapa Negara – Negara dengan tentara militer terkuat di dunia :

10. Turki

Turki memiliki anggota militer sebanyak lebih dari 410.000 anggota yang menggunakan lebih dari 3.600 tank dan sekitar 1.000 pesawat tempur dengan anggaran belanja Negara sekitar $18.2 Milyar (atau sekitar 242 Triliyun rupiah). Hal tersebut menjadikan para anggota militer di Turki merupakan salah satu yang terbesar di wilayah Timur Mediterania dengan memiliki fasilitas tank terkuat yang beramada di seluruh dunia. Bahkan, hanya sedikit Negara yang memiliki kapal selam dengan jumlah yang lebih banyak dari negeri kebab ini.

9. Inggris Britania Raya

Inggris, memiliki lebih dari 205.000 tentara militer aktif yang memanfaatkan lebih dari 405 tank, 908 pesawat tempur, dan 225 senjata nuklir. Anggaran belanja Negara Inggris ini berkisar dari $53 – $65 Milyar (lebih dari 799 Triliyun rupiah) hanya untuk membiayai sejumlah fasilitas militer mereka.

8. Jerman

Jerman memiliki anggaran biaya khusus untuk bidang militer berkisar $40 – $45 Milyar dengan lebih dari 183.000 anggota militer aktif yang menjaga dan melindungi Negara dengan penduduk sekitar 80 juta orang tersebut. Walaupun mereka tidak memiliki persenjataan yang hebat seperti persenjataan nuklir ataupun pesawat tempur induk, tetapi militer di Negara ini memiliki 4 kapal selam, 408 tank, dan 710 pesawat tempur.

Hebat bukan? Namun jangan tertipu dulu. Walaupun mereka memiliki persediaan pesawat tempur yang sangat banyak hingga cukup menjatuhkan beberapa helicopter, tetapi nyatanya beberapa dari persediaan pesawat tempur tersebut merupakan pinjaman dari NATO bagian Negara – Negara Eropa Timur.

7. Korea Selatan

Korea selatan mengalokasikan sekitar $33 – $62 milyar untuk dialokasikan sebagai dana pendukung lebih dari 640.000 tentara militer aktif yang melindungi 49 juta warga Negara mereka tersebut. Korea selatan ini pun memiliki banyak persenjataan (senapan) untuk melindungin mereka dari lonjakan agresi militer Korea Utara. Korea Selatan ini memiliki sekitar 13 kapal selam, 2.381 tank, dan lebih dari 1.400 pesawat tempur.

Dilihat dari fasilitas militer yang mereka miliki, dapat dijadikan basis standar perlindungan yang memungkinkan tertundanya berbagai macam serangan baik dari darat, laut maupun udara, Korea Selatan ini juga merupakan penyedia pesawat tempur terbesar ke enam di dunia.

6. Prancis

Dikenal karena Paris sebagai Kota Mode, Prancis memiliki lebih dari 66 juta populasi penduduk, dan dunia mengetahui bahwa Negara ini telah melalui beberapa gejolak. Dengan lebih dari 228.656 tentara militer aktif, Negara ini memiliki anggaran belanja Negara sebesar $43 juta (sekitar 572 Milyar rupiah) untuk dialokasikan pada 423 tank, 1.203 pesawat tempur, dan 300 bom nuklir. Walaupun anggota militer mereka terbilang berjumlah kecil, tetapi mereka memiliki fokus dan disiplin yang tinggi dan tanggap dalam menjalankan tugas kenegaraan mereka.

5. Jepang

Populasi di Negara matahari terbit ini berjumlah lebih dari 126 Milyar warga, dan terlepas dari itu, Negara ini bahkan memiliki lebih dari 247.000 anggota militer. Dengan tersedianya anggaran Negara berkisar antara $41 – $49 Milyar (mencapai sekitar 5.000 Triliyun rupiah), Jepang mampu menyediakan fasilitas militer mereka dengan 787 tank, dan 1.595 pesawat tempur. Jepang juga memiliki 4 pesawat tempur induk yang dilengkapi armada/landasan helicopter.

4. India

Negara dengan sebutan Negeri Barata ini memiliki 1.3 juta anggota militer aktif untuk melindungi warga Negara mereka yang berjumlah sekitar 1.2 Milyar warga tersebut, hingga membuat Negara ini memiliki anggota militer terbanyak di dunia. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki 80 – 100 bom nuklir, yang menjadikan mereka sebagai sekutu kuat sekaligus musuh yang menakutkan. Mereka memiliki anggaran belanja Negara berkisar $46 – $50 Milyar yang dialokasikan untuk membiayai lebih dari 6.000 tank, dan hampir 2.000 pesawat tempur.

3. China

China merupakan pemilik anggota militer terbanyak di dunia dengan jumlah terdaftar fantastis yaitu sebanyak 2.2 juta anggota. Anggaran belanja mereka berkisar $131juta, namun beberapa sumber mengatakan antara $126 – $216 juta hanya untuk dialokasikan untuk mendanai fasilitas militer mereka. Tentara China memiliki lebih dari 9.100 tank dan lebih dari 2.800 pesawat tempur. Tentu sudah tidak mengherankan bahwa Negara China juga merupakan Negara pemilik armada kapal selam terkuat kedua di dunia, setelah Amerika.

2. Rusia

Negara tirai besi, Rusia memiliki lebih dari 766.000 anggota militer yang menjaga dan melindungi Negara ini dan warga Negaranya yang berpopulasi sebanyak 142 juta warga penduduk. Anggaran belanja Negara untuk memfasilitasi militer mereka adalah berkisar $76 – $84 Milyar. Yang menarik dan paling mengejutkan dari Negara yang dikenal dengan Negara beruang merah ini juga adalah, mereka adalah pemilik tank terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 15.000 dan pemilik lebih dari 8.400 bom nukir.

1. Amerika

Negara Superpower yang juga dikenal dengan sebutan Negeri Paman Sam ini, memiliki jumlah populasi lebih dari 321 juta warga Negara yang wajib dilindungin. Dan tentunya1.4 juta warga yang terdaftar sebagai anggota militer. Anggaran Negara yang dialokasikan untuk militer Negara ini berkisar $601 – $612 Milyar yang telah disalurkan untuk lebih dari 13.000 pesawat tempur, 8.000 tank, dan sekitar 72 kapal selam. Bahkan, Negara ini juga merupakan pemilik dari 7.500 bom atom.

Beberapa Negara tersebut, merupakan 10 negara militer terbaik di dunia. Indonesia sendiri belum masuk ke dalam daftar tersebut, namun Indonesia tentunya sudah memiliki prestasi yang cukup baik untuk dapat dikenal oleh Negara lain walau memnag sangat jarang terdengar.

Dengan menjadi bagian dari penguasa perekonomian, Negara – Negara tersebut juga memiliki persenjataan militer hebat yang membuat Indonesia harus lebih berhati – hati dan santun dalam menjalin hubungan bilateral maupun multilateral karena Indonesia merupakan Negara yang kaya dan subur akan sumber kebutuhan pangannya.

Baca Juga 10 Negara Di Dunia Yang Tidak Pernah Dijajah Dan Lihatlah Sekarang

Maka dari itu, sepatutnya Negara Indonesia mampu membentuk karakter generasi – generasi bangsa yang jauh lebih baik dan mampu membawa Indonesia menuju keberhasilannya hingga ke kancah dunia.

10 Negara Adidaya Dengan Tentara Militer Terkuat di Dunia | Siopung | 4.5

Related Post

Batu Alexandrite Ulasan Lengkap Harga dan Khasiat Batu Alexandrite adalah jenis permat kelas mineral Chrysoberyl, memiliki keunikan yang terletak pada perubahaan warnanya. Jika diperhatikan , warnanya...
9 Manfaat Bagi Kesehatan Dengan Makan 3 Buah Pisan... Gambar Buah Pisang Via Pixabay Penelitian mengatakan bahwa pisang memiliki banyak sekali manfaat. Pisang adalah buah yang sangat serbaguna dan san...
Batu Akik Kecubung Asap Smoky Quartz Harga dan Kha... Batu akik kecubung asap adalah varian dari mineral kuarsa atau sering disebut Smoky Quartz . Kecubung asap memiliki warna abu-abu hitam kecoklatan , d...
6 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Selama Per... Foto Ilustrasi Perjalanan Bisnis Via Pixabay.com Ukuran porsi makanan anda saat melakukan perjalanan bisnis mungkin di luar kendali anda dan kemun...
Melihat Berbagai Model Cincin Batu Akik Untuk Wani... Model Cincin Batu Akik Wanita - Batu akik tidak hanya menarik minat para lelaki , tetapi kini juga telah berkembang dengan berbagai model cincin yang ...
Arti dan Makna Mimpi Gunung Berasap Menurut Ahli Gunung berapi merupakan pertanda dari sebuah amarah yang ada didalam diri . Mencakup dendam atau tekanan batin yang ada kehidupan anda . Mimpi gunung ...
Tips Gemslover: Mengetahui Kualitas Bongkahan Batu... Berburu batu akik tentunya sangat mengasikkan . Apalagi jika kita berburu bongkahan batu akik yang sama sekali belum diolah , pastinya memiliki kenikm...
3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Untuk Mendapatkan Ma... Gambar Aktifitas Mandi Via Pixabay.com Mandi merupakan salah satu kebutuhan manusia. dengan mandi bisa membersihkan badan dari kotoran yang dapat ...
Arti Mimpi Pencuri Masuk Rumah Menurut Islam, Prim... Gambar Ilustrasi Pencuri Via Tribunnews.com Mimpi pencuri masuk rumah merupakan simbol pertahanan, pengendalian diri, ancaman, marabahaya, dan seg...
7 Manfaat Perasan Jeruk Lemon Untuk Bau Mulut dan ... Gambar Lemon Hijau Via Pixabay Jika Anda adalah tipe orang yang selalu ingin merawat tubuh Anda tetapi Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk ruti...