7 Teori Konspirasi Paling Gila Yang Pernah Mengguncang Dunia

Konspirasi Teori Paling Gila Adalah Pendaratan Manusia ke Bulan

Konspirasi Teori Paling Gila Adalah Pendaratan Manusia ke Bulan

Perkembangan zaman yang sudah semakin canggih membuat masyarakat antar pulau atau bahkan antar negara menjadi lebih mudah dalam mengakses hal apapun yang ingin mereka ketahui.

Dengan hanya mengetik satu atau beberapa kata kunci pada mesin pencarian pintar atau yang biasa disebut dengan google, maka semua hasil yang ingin kita ketahui akan muncul di layar komputer, laptop, atau hp.

Kemudahan berkomunikasi serta mengakses berita membuat masyarakat luas juga semakin melek dengan berita-berita yang ada disekitarnya. Dimulai dari berita yang terkait dengan bencana alam, ekonomi, politik, sosial, kebudayaan, hingga berita-berita yang sulit untuk dipercaya.

Salah satu berita yang sulit untuk dipercaya adalah berita mengenai teori-teori konspirasi yang ada di dunia. Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), konspirasi merupakan arti kata dari persekongkolan atau komplotan. Konspirasi juga diartikan menjadi kumpulan orang yang merencanakan suatu kejahatan dengan sangat rapi serta dirahasikan. Pelaku daripada konspirasi disebut dengan konspirator.


Karena konspirasi bersifat rahasia, maka tujuan daripada rencana konspirasi tersebut sifatnya ilegal. Tujuan dari dilakukannya konspirasi tidaklah sama, namun yang pasti hal ini bertujuan untuk menyalahkan suatu kelompok atau seseorang dengan alasan-alasan tertentu yang bersifat masuk akal. Kemudian, teori konspirasi dapat terjadi dimana saja, pada lapisan masyarakat mana saja, dan juga pada bidang apa saja dalam masyarakat.

Berikut ini terdapat teori konspirasi yang paling aneh maupun gila versi dunia yang sudah dirangkum oleh siopung. Yuk, kita baca satu-persatu!

1. Bumi Bentuknya Datar

Teori Konspirasi Bumi Datar

Teori Konspirasi Bumi Datar

Teori konspirasi yang paling sering dibahas adalah teori konspirasi bahwa bentuk bumi adalah datar dan bukan bulat. Pada awal tahun 1800-an seorang bernama Sasmuel Birley Rowbotham, berasal dari Inggris mendirikan Flat Earth Society. Penganut teori konspirasi bumi datar mempercayai bahwa bumi adalah piringan.

Mereka mempercayai bahwa bentuk bumi sebenarnya adalah lingkaran arktik yang berada di tengah dan antartika merupakan dinding es ketinggian 150 kaki yang menjadi batasan terletak di tepi.

Flat earthers percaya bahwa perbatasan tersebut dijaga ketat oleh NASA agar tidak ada seorang pun yang dapat memanjatnya kemudian terjatuh. Selain itu, pada tahun 1893, sebuah peta mengutip dari Alkitab mengenai bentuk bumi yang datar.

2. Manusia Kadal

Teori Konspirasi Manusia Kadal

Teori Konspirasi Manusia Kadal

Manusia kadal termasuk salah satu teori konspirasi paling gila yang ada di dunia.

Teori ini dipopulerkan oleh David Icke melalui buku dengan judul “The Biggest Secret” yang menjelaskan bahwa semua selebritas, penguasa, dan eksekutif top dunia sebenarnya dapat mengubah bentuknya menjadi kadal, reptil berdarah dingin yang dapat mengendalikan bumi.

Teori konspirasi mengenai manusia kadal ini berkaitan erat dengan illuminati.  Mereka diduga dari rasi bintang Draco, walaupun masih terdapat perdebatan bahwa mereka juga bisa berasal dari rasi bintang Orion.

Teori konspirasi ini juga menjelaskan bahwa manusia kadal tersebut dapat mengubah bentuknya menjadi rupa seseorang hingga akhirnya mereka dapat menguasai negara-negara utama menggunakan kecerdasan mereka.

Baca Juga: 6 Kasus Hoax Yang Berakibat Fatal Sepanjang Sejarah Dunia

Beberapa orang terkenal yang dicurigai oleh masyarakat sebagai manusia kadal, seperti : Clintons, Ratu Elizabeth, Bob Hope.

3. Hitler Masih Hidup

Teori Konspirasi Hitler Masih Hidup

Teori Konspirasi Hitler Masih Hidup

Teori konspirasi selanjutnya datang dari Hitler, seorang pemimpin militer terkejam dari Jerman. Teori konspirasi ini sudah beredar dari tahun 1970-an. Jika ditelusuri lebih lanjut, Hitler meninggal dunia pada tanggal 30 April 1945, saat usianya 56 tahun.

Penyebab kematiannya adalah bunuh diri dan hal ini terjadi pada saat Hitler berada di Jerman. Teori konspirasi ini menjelaskan bahwa Hitler meninggal pada tahun 1984 disaat usianya 94 tahun atau meninggal di Argentina saat usianya 73 tahun.

Teori konspirasi ini muncul setelah beredarnya kabar bahwa Josef Mengele, seorang dokter di Auschwitz yang dikendalikan oleh Nazi ternyata bersembunyi di Amerika Serikat.

Adanya cerita tersebut kemudian membuat orang banyak berspekulasi bahwa Hitler telah bertanggung jawab terhadap berbagai bencana dunia, termaksud rencana 9/11, tumpahan minyak di teluk Meksiko yang terjadi pada hari ulang tahunnya pada tahun 2010.

4. Matahari Kedua Yang Disembunyikan NASA

Teori Konspirasi Matahari Kedua Yang Disembunyikan NASA

Teori Konspirasi Matahari Kedua Yang Disembunyikan NASA

National Aeronautics and Space Administration atau biasa disingkat menjadi NASA merupakan lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertugas atau berfokus pada program luar angkasa serta penelitian jangka panjang yang ada di luar angkasa.

Pada awalnya NASA didirikan pada tahun 1958 dimana tujuannya adalah untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat sipil dibandingkan masyarakat militer, serta sebagai program perdamaian ilmu luar angkasa. Namun, NASA resmi beroperasi pada tanggal 1 Oktober tahun 1958.

Terkait dengan teori konspirasi tersebut, pada tahun 2016 NASA melaporkan penemuan mengenai planet kesembilan. Melalui seorang astronom bernama Paul Cox menyebarkan melalui internet bahwa planet tersebut sebenarnya adalah matahari kedua.

Cox juga menjelaskan bahwa NASA menutupi fakta yang sebenarnya karena tidak ingin masyarakat mengetahui fakta yang ada.

5. J.K. Rowling Tidak Pernah Ada

Teori Konspirasi J.K. Rowling Tidak Pernah Ada

Teori Konspirasi J.K. Rowling Tidak Pernah Ada

Siapa yang tidak mengenal J.K. Rowling? Seorang penulis buku yang dikenal melalui karya-karya yang hebat, seperti Harry Potter.

Penulis buku yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia meraih perhatian masyarakat melalui tulisannya pada tahun 1999 lewat novel remaja Harry Potter, dimana novel ini berada pada peringkat tiga teratas dalam daftar New York Times best-seller.

Kekayaan dan juga popularitas J.K. Rowling semakin meningkat saat ia kembali menerbitkan buku Harry Potter keempat yang diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000.

Setelah mencapai kesuksesan yang luar biasa, di tahun 2005 seorang pembuat film bernama Nina Grünfeld mengatakan bahwa serial Harry Potter telah dibuat oleh industri penulis, sehingga J.K. Rowling merupakan kedok semata.

Menurut Nina, tidak mungkin seseorang dapat menulis enam buku tebal yang diterjemahkan ke dalam 55 bahasa serta menjualnya lebih dari 250 juta buku di seluruh dunia dalam jangka waktu kurang dari 10 tahun.

Baca Juga: 10 Perpustakaan Dengan Konsep Paling Unik di Dunia

Dimana kita juga tahu bahwa J.K. Rowling tidak lebih adalah seorang aktris wanita yang dibayar.

6. The Beatles Tidak Pernah Ada

Teori Konspirasi The Beatles Tidak Pernah Ada

Teori Konspirasi The Beatles Tidak Pernah Ada

Grup musik The Beatles berasal dari Inggris, yang dibentuk di Liverpool pada tahun 1960. Grup musik ini menganut aliran musik rock. Dianggap sebagai pemusik tersukses secara komersial dan juga mendapatkan banyak pujian dari penikmat musik.

Tahun 1962, The Beatles terdiri dari John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Awal mulanya grup musik The Beatles memulai dari genre folk rock hingga genre rock psikedelik yang juga memasukakn unsur musik klasik serta genre musik lainnya agar terdengar lebih inovatif.

Masuk ke tahun 1960-an The Beatles akhirnya berhasil mewujudkan ide-ide inovatif yang mereka miliki dalam bermusik, sehingga tidak heran jika grup musik ini namanya sangat terkenal sekali hingga saat ini.

Banyaknya teori konspirasi yang aneh mengikuti grup musik The Beatles, termaksud teori konspirasi yang mengatakan bahwa mereka sebenarnya tidak pernah ada.

Kemudian, pada tahun 1966, Paul McCartney meninggal dunia dan digantikan dengan teori konspirasi yang menyebutkan bahwa anggota The Beatles melipat gandakan diri mereka setiap waktu.

Anggota grup musik The Beatles dicurigai sebagai karakter yang dibuat-buat untuk di proyeksikan kepada publik. Konsep ini berpusat pada gagasan yang menjelaskan bahwa adanya grup musik diciptakanuntuk memperkuat penjualan musik.

Cara kerjanya adalah dengan menulis lagu, perusahaan rekaman memutuskan apakah lagu tersebut dapat membawa keuntungan, dan kemudian The Beatles akan memainkan lagu tersebut dengan karakteristik mereka sehingga membuat lagu tersebut tidak terlupakan oleh masyarakat.

7. Walmart Sedang Mempersiapkan Hukum Darurat Militer

Teori Konspirasi Walmart

Teori Konspirasi Walmart

Toko Walmart merupakan perusahaan yang didirikan oleh Amerika Serikat, dimana toko befungsi sebagai mall. Walmart termaksud perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan pendapatan yang didirikan oleh Sam Walton di tahun 1962. S

elain itu, Walmart mulai menanamkan sahamnya di Bursa Saham New York pada tahun 1972. Termaksud salah satu perusahaan publik terbesar di dunia, Walmart beroperasi di Brasil, Argentina, Britania Raya, Kanada, Meksiko, Jepang, dan RRC.

Uniknya, Walmart pernah membuka cabangnya di Indonesia pada tahun 1995 yang kemudian di tutup pada tahun 1998, karena pada saat itu terjadi krisis moneter. Banyaknya spekulasi mengenai Walmart tidak heran membuat perusahaan ini memiliki teori konspirasi.

Dimulai dari penutupan toko Walmart secara tiba-tiba yang terletak di Texas. Terdapat bukti berupa rekaman yang menunjukkan adanya perilaku mencurigakan sebagai tanda-tanda penutupan Walmart secara tiba-tiba, dimana daerah-daerah tersebut pada akhirnya diblokir dan diawasi oleh polisi.

Terdapat juga teori konspirasi yang mengatakan bahwa terdapat email yang beredar tentang truk Walmart yang ditarik untuk diperiksa karena ternyata terdapat tanda berwarna-warni yang menyatakan bahwa “Kota Ini Berada di Bawah Darurat Militer”.

Banyak yang beranggapan bahwa Walmart sedang membangun terowongan untuk menjadikan beberapa area menjadi area pementasan darurat saat diberlakukan darurat militer.

Baca Juga: 9 Pemimpin Paling Kejam Sepanjang Sejarah di Dunia

Bagaimana? Apakah dari tujuh teori konspirasi diatas ada yang kamu yakini sebagai suatu kebenaran atau teori-teori konspirasi dunia tersebut hanyalah sebuah teori? Apapun itu, jangan lupa tetap baca artikel di website siopung ya!