Terbukti, Orang Yang Sering Menangis Memiliki Mental Sekuat Baja

Terbukti, Orang Yang Sering Menangis Memiliki Mental Sekuat Baja

Foto Orang Menangis Via Pixabay.com

Menangis adalah cara terakhir yang dilakukan seseorang melepaskan masalah saat bibir tak mampu tuk berucap. Ini adalah ungkapan puitis yang menjelaskan manfaat dari menangis itu sendiri. Tapi, banyak diantara kita justru malu untuk melakukannya. Mungkin malu atau takut dikira lemah oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

Mungkin kamu harus tahu, bahwa sekelompok ilmuan telah menemukan adanya hubungan baik antara air mata dengan kondisi psikologis, sosial, dan neuro-ilmiah pada diri seseorang. Selain sangat baik untuk kesehatan mental, mengeluarkan air mata adalah cara alami manusia untuk menjaga kestabilan jiwanya. Jadi menangislah.

Berikut ini beberapa penjelasan yang mendorong dirimu untuk tidak malu mengeluarkan air mata.

1. Menangis Mampu Membuat Dirimu Terhindar Dari Resiko Stress

Air mata adalah suatu bentuk terapi alami yang dikeluarkan oleh tubuh. Berdasarkan penelitian, kandungan air mata yang keluar akibat dorongan emosional memiliki jumlah kadar protein yang lebih tinggi. Hal ini sangat berbeda dibandingkan keluar tanpa ada adanya dorongan emosional, seperti mengupas bawang atau terkena debu.

Para ilmuan yakin bahwa air mata sendiri membawa dan mengeluarkan hormon-hormon stress yang diproduksi tubuhmu. Seseorang yang mudah menangis justru memiliki tingkat stress yang lebih stabil dibandingkan mereka yang jarang menangis.

Pada saat menangis, otot mengalami reaksi dan proses pernapasan berjalan sangat cepat. Setelah proses tersebut dilewati, tubuhmu akan menjadi lebih rileks dan gejala timbulnya depresi menjadi hilang.

2. Menangis Membantu Membangun Mental Yang Lebih Kuat

Menangis adalah bentuk pertahanan diri anda menghadapi suatu masalah. Ini adalah bentuk emosi dimana tubuh memiliki reaksi dikarenakan adanya faktor pendorong terciptanya emosi tersebut. Melawan emosi tersebut dan tidak membiarkannya bekerja seperti seharusnya, hanya akan membuatmu berpotensi terserang depresi.

Baca Juga 5 Cara Menghilangkan Stres Dan Membuat Suasana Hati Bahagia

Banyak orang yang menghindari menangis, kemudian menyalurkan kesedihannya dengan mengkonsumsi alkohol, atau obat-obatan terlarang. Padahal, merangkul emosi dan membiarkannya seperti yang seharusnya, akan membuat dirimu memiliki mental yang lebih kuat. Cukup bekerja sama dan mendukung tubuh untuk melakukan proses pelepasan tersebut.

3. Menangis Memiliki Manfaat Menyembuhkan

Air mata adalah bentuk fisik dari gejolak psikologi dalam diri anda. Membiarkannya keluar berarti anda membiarkan tubuh anda melakukan proses penyembuhan. Menurut ilmuan, menangis adalah cara yang baik untuk mengatasi ketakutan, tekanan, hingga terkait kondisi traumatik pada diri seseorang.

Orang yang sering menangis justru lebih sehat dan stabil secara piskologis. Berdasarkan penjelasan diatas, ini adalah alasan yang sangat logis untuk membuat dirimu tidak malu untuk menangis. Dikala dirimu sangat emosional terhadap sesuatu, maka menangislah. Mungkin dengan cara ini kamu dapat mengurangi tekanan.

4. Menangis Mampu Membina Hubungan Positif

Menangis didepan orang lain membuat dirimu terlihat peduli dan juga membuat orang lainpeduli. Menangis adalah bahasa universal diaman semua manusia menanggapi reaksi ini dengan hal yang sangat positif. Menangis di depan teman, juga akan membuat hubunganmu tercipta dengan sangat positif.

Baca Juga 5 Hal Yang Menyebabkan Wanita Sulit Dimengerti Pria

Jadi, jangan malu untuk menangis. Dengan membaca penjelasan ini, maka kita mulai sadar bahwa orang yang sering menangis justru memiliki mental yang sehat dan kuat. Dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang suka menangis.

Terbukti, Orang Yang Sering Menangis Memiliki Mental Sekuat Baja | Siopung | 4.5