5 Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk atau Lemas Saat Berpuasa

Tips Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Gambar Ilustrasi Via Pixabay.com

Bulan ini adalah bulan suci ramadhan dimana semua umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa 1 bulan penuh. Puasa biasanya membawa dampak kepada tubuh kita, yang biasanya seger buger jadi lemes, yang biasanya semangat jadi nggak semangat, dan bawaan nya jadi gampang sekali ngantuk. Pasti nggak enak sekali ya ketika aktivitas atau pun kerja namun dalam keaadan ngantuk dan lemes.

Berikut tips agar tidak gampang ngantuk dan tetap fit saat puasa.

1. Makan Sahur Dengan Gizi Seimbang

Tips yang pertama agar puasa tidak lemes dan gampang ngantuk adalah makan sahur dengan gizi yang seimbang. bagaimana gizi yang seimbang itu ? gizi yang seimbang adalah ketika kita bisa mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kita. Sepeti terpenuhinya protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada saat sahur kebanyakan orang kebiasaan makan yang banyak agar nanti puasa nya tidak lapar. Namun yang menjadi kesalahan orang indonesia lebih banyak makan karbo ketika sahur namun tidak memperhatikan zat zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk sahur hendaknya selain makan nasi dan lauk, bagus juga untuk mengonsumsi sayur dan lauk yang mengandung protein. Jangan makan nasi dengan lauk mie pada saat sahur. karena dengan makan banyak karbo hanya menghilangkan lapar sesaat. Sedangkan dengan makanan yang gizi nya seimbang, kita akan tidak mudah lapar sehingga tubuh tetap fit dan tidak mudah ngantuk.

2. Tidur Cukup Pada Malam Hari

Agar tidak mudah ngantuk pada saat puasa, hendaknya kita tidur cukup pada malam hari sebelum sahur. Jangan menunda nunda waktu istirahat untuk sesuatu hal. Tidur cukup akan membuat kita senantiasa fresh ketika bangun tidur. Ketika puasa kita juga bisa membuat jadwal untuk tidur lebih awal karena kita juga harus bangun lebih awal untuk sahur.

Misalnya ketika tidak puasa kita tidur jam 10 malam, ketika kita puasa kita bisa mengganti jadwal tidur dari jam 10 malam menjadi jam 8 malam. ketika kita tidur cukup, tubuh kita bisa teristirahatkan dengan baik sehingga membuat kita fresh dan tidak mudah ngantuk.

3. Perbanyak Air Putih Dikala Sahur atau Berbuka

Tubuh lemas bukan hanya di sebabkan karena kita lapar, namun juga karena kurangnya cairan yang masuk pada tubuh kita. Selain makanan sehat, tubuh kita juga butuh banyak cairan. Ketika kita puasa, kita tidak minum dalam waktu lebih dari 12 jam sehingga tubuh kita lemes dan juga ngantuk.

Untuk menyiasatinya kita bisa perbanyak minum pada saat sahur maupun pada saat berbuka. Selain dari minum kita juga bisa mendapatkan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dari buah buahan yang mengandung banyak air seperi semangka dan apel.

4. Olahraga Rutin Setiap Hari

Kurang gerak atau olahraga membuat tubuh kita akan lemas dan ngantuk. Jadi meskipun puasa hendaknya tetap melakukan olahraga rutin setiap hari agar tubuh tetap fit. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga yang berat bisa dengan senam ringan. Saran olahraga untuk orang berpuasa adalah 1 atau 2 jam sebelum berbuka sehingga tidak mengganggu puasa dan selesai olahraga bisa langsung berbuka (eeits kalau dah waktunya ya).

5. Perbanyak Makan Sahur Dan Buah

Ketika berbuka puasa , hendaknya jangan langsung menyantap karbo atau nasi terlebih dahulu. Sebaiknya minum terlebih dahulu, lalu memakan buah buahan dan baru menyantap makanan pokok nya. Makanan pokok hendaknya juga mengandung lauk yang banyak protein dan juga sayur yang dibutuhkan oleh tubuh.

5 Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk atau Lemas Saat Berpuasa | Siopung | 4.5