5 Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan, Kamu Harus Coba

Manfaat TIdur Miring Ke Kanan

Gambar ilustrasi Via Pixabay.com

Anda tidur di banyak posisi yang berbeda, mungkin kita semua melakukannya. Tetapi tidak semua orang tahu bagaimana mereka harus tidur karena orang-orang lebih memilih posisi yang paling nyaman bagi mereka.Tidak banyak yang tahu dengan fakta ini, tetapi tidur di sisi kiri dapat memberikan banyak manfaat positif bagi anda.

Kemungkinan anda telah menemukan posisi tidur favorit anda, tetapi coba yang ini dan bandingkan. Baca manfaatnya tidur dengan posisi menghadap ke sebelah kiri di bawah ini dan cobalah setidaknya beberapa kali untuk mendapatkan manfaatnya.

Berikut manfaat tidur di sisi sebelah kiri

1. Bermanfaat untuk Wanita Hamil

Tidur di sisi kanan selama kehamilan tidak salah sama sekali, tetapi anda bisa menikmati beberapa manfaat dengan tidur di sisi sebelah kiri terutama di trimester terakhir kehamilan anda.

Manfaatnya adalah dapat menyelamatkan hati dari bobot yang tidak diinginkan dan memungkinkan hati kita melakukan fungsinya dengan lebih mudah serta dapat meningkatkan sirkulasi darah anda.

2. Meningkatkan Kinerja Jantung

Sisi kiri jantung anda terus-menerus memompa darah ke arah tubuh. Jadi secara logis lebih baik tidur di sisi kiri karena dengan itu anda membuat pekerjaan jantung jauh lebih mudah, dan bisa berfungsi dengan baik saat anda tidur. Jika anda lebih suka tidur hadap ke kanan , ini akan menyulitkan kerja jantung untuk memompa darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh.

Ketika jantung bekerja dengan benar maka darah akan tersirkulasi ke tubuh secara maksimal, jadi tubuh selalu sehat dan kita juga bisa terhindar dari penyakit yang terkait dengan kardiovaskular.

3. Meningkatkan Fungsi Hati

Di sisi kanan tubuh kita( di mana hati ditempatkan) , jika kita memilih tidur di sisi kanan maka akan dapat menyebabkan hati menjadi sesak. Karena itu, tidurlah di sisi kiri anda untuk menjauhkan diri dari racun dan zat zat berbahaya yang dapat dikontrol dengan fungsi hati yang baik.

Baca juga: 8 Manfaat Tidur Tanpa Memakai Pakaian Untuk Kesehatan

4. Mencegah Racun Yang Membawa Penyakit

Racun dan kotoran dibuang dari tubuh kita oleh sistem limfatik. Para ahli mengatakan bahwa di sisi kiri ada saluran di mana sistem limfatik dikeringkan. Jadi tidur di sisi kiri akan memberikan beberapa manfaat termasuk mempercepat proses membuang racun dari tubuh anda melalui sistem limfatik. Sistem limfatik dapat mengumpulkan protein yang lolos dari sel-sel mereka sehingga tidur di sisi kiri dapat mengembalikan protein di tempat mereka seharusnya.

5. Meningkatkan Fungsi Lambung dan Pankreas

Ketika kita tidur menghadap ke kiri, ini akan membuat pankreas dan lambung mendapatkan posisi yang sempurna untuk melakukan tugas masing masing. Selain itu, dengan menghadap kekiri, tubuh kita menyediakan ruang yang cukup untuk proses pencernaan.

Ketika kita menghadap ke kiri juga akan membuat enzim pada pankreas dapat bekerja sebaik mungkin dan memberikan manfaat penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita lebih efisien.

6. Meringankan Sakit Punggung

Jika anda memiliki riwayat sakit punggung dan ingin mencoba menyembuhkan nya dengan gampang dan gratis ? anda bisa mencoba untuk tidur menghadap ke sebelah kiri. Tidur miring ke ke kiri akan membantu menangani sakit punggung anda meskipun bukan dengan cara yang instan.

Baca juga: 5 Penyebab Kamu Sudah Tidur Lama Tapi Masih Mengantuk

Kenapa menghadap ke kiri bisa meringankan sakit punggung ? Ketika kita tidur menghadap ke kiri, tubuh kita akan menekan tulang belakang dan mengurangi rasa sakit punggung yang anda rasakan.

5 Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Untuk Kesehatan, Kamu Harus Coba | Siopung | 4.5