10 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sering Nongkrong Bareng Teman

Tips Hemat Meski Sering Nongkrong Bareng Teman-Teman

Bersosial Adalah Kebutuhan Manusia

Bersenang-senang dengan teman dan orang-orang terdekat tanpa mengeluarkan banyak uang adalah hal yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu tanpa menghamburkan uang.  Tetapi, lain halnya jika Anda dan teman-teman Anda terbiasa bersama-sama pergi ke mal, cafe atau restoran sebagai cara untuk bersenang-senang.

Tanpa disadari, jika dilakukan terlalu sering justru akan menghamburkan uang Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat bersenang-senang. Anda hanya perlu sedikit mengubah cara bersenang-senang dan bahkan bisa menghemat uang Anda juga. Di mana pun Anda berada, ada begitu banyak tempat untuk dituju dan bersenang-senang tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Jika Anda masih kesulitan meyakinkan teman-teman Anda untuk menghabiskan waktu dan bersenang-senang dengan cara-cara sederhana yang akan menghemat uang Anda, maka cobalah untuk bersikap terbuka dengan mereka. Katakan dengan jujur bahwa Anda tidak dapat terus-menerus menghamburkan uang sebanyak itu sekarang – dan jangan biarkan mereka membayar untuk Anda juga.

Walaupun begitu, masih ada beberapa alternatif bagus yang bisa Anda tawarkan kepada teman-teman Anda untuk menghabiskan waktu bersama dan bersenang- senang tanpa mengeluarkan banyak biaya berikut ini.

1. Nonton film maraton atau dikenal dengan sebutan Movie Maraton

Menonton film tidak hanya ada di bioskop, Anda tetap bisa bersenang-senang dengan membuat bioskop mini di rumah dengan teman-teman Anda. Siapkan DVD kesukaan Anda dan teman-teman, siapkan juga camilan sembari menonton. Anda juga bisa menggunakan aplikasi menonton film di smartphone bahkan di televisi yang sudah banyak tersedia. Anda bisa memanfaatkannya dan menghabiskan waktu bersama teman-teman tanpa menghamburkan banyak uang. 

Baca Juga: Tips Kado Terbaik Yang Cocok Untuk Sahabat Laki-Laki

2. Pergi Ke Taman Bermain Di Tengah Kota

Siapkan sebuah piknik kecil dengan teman-teman Anda. Berbincang-bincang sambil menikmati suasana taman kota. Melihat orang-orang dan anak-anak bermain di taman kota. Bermain di ayunan sambil bercerita. Berfoto-foto atau bahkan selfie. Habiskan waktu bersama dan bersenang-senanglah.

3. Turnamen atau Bermain Video Game Bersama

Bermain konsol game bersama seperti Xbox atau Playstation, atau bahkan game online kekinian di smartphone akan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Mainkan game adu ketangkasan melawan satu sama lain atau bermain kerjasama, janjikan sebuah hadiah (atau makanan) kepada para pemenang. Dijamin menyenangkan!

4. Menjadi Relawan Bersama

Tawarkan untuk melakukan kegiatan sukarela dan menjadi relawan pada kegiatan tertentu. Selain menambah pengalaman dan membantu orang yang membutuhkan, kegiatan positif seperti ini akan mengajarkan Anda dan teman-teman Anda agar akan saling menghargai satu sama lain dan peduli terhadap sesama.

5. Mainkan permainan Papan atau Permainan Kartu

UNO, Scrabble, Catur, Ular Tangga, Monopoli, Ludo, dan lain-lain. Anda dan teman-teman bisa menghabiskan waktu dengan nongkrong dan memainkan semua jenis permainan papan dan kartu dengan grup teman-teman yang terdiri dari beberapa orang. Beri hukuman kepada yang kalah dan beri hadiah kepada pemenang. Sangat menyenangkan, bukan?

Baca Juga: 3 Game Psikologi Yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman Di Malam Tahun Baru

6. Pergi Bersama Di Sungai Di Lingkungan Tempat Tinggalmu

Memancing mungkin akan membosankan bagi beberapa orang, namun itu akan menyenangkan jika Anda melakukannya bersama teman-teman Anda. Anda dapat menghemat budget untuk bersenang-senang hanya dengan memancing di sungai. Tidak perlu persiapan yang terlalu banyak, cukup alat pancing, maka kamu bisa memancing bersama.

7. Pergi Berkemah Ke Gunung atau Perkarangan Rumah.

Mendaki gunung dan berkemah, menyatu dengan alam, menikmati udara sejuk di pagi hari, melihat matahari terbit dan terbenam, memasak di dapur umum bersama, menyalakan api unggun di malam hari, berkemah dengan teman-teman Anda dan bersenang-senang menikmati alam akan sangat mengasyikan.

8. Menghadiri Hari Bebas Berkendaaran Di Akhir Pekan

Di setiap akhir pekan, datanglah ke taman kota atau pusat kota dimana ada kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda dan teman-teman lakukan seperti berolahraga, bersepeda, senam, yoga, lari maraton, dan masih banyak lagi. Selain kegiatan tersebut menyehatkan tubuh, Anda juga bisa tetap menghemat uang dan bersenang-senang dengan teman.

9. Bergabung Di Komunitas, Klub, dan Suatu Perkumpulan Tertentu

Mengikuti kegiatan di suatu komunitas, klub atau perkumpulan tertentu merupakan kegiatan positif. Cobalah bergabung di klub yang Anda dan teman-teman sukai. Seperti klub memasak, Anda bisa belajar memasak resep-resep yang belum Anda dan teman-teman ketahui. Klub membaca juga menyenangkan untuk diikuti bersama teman-teman. Bersenang-senang tanpa menghabiskan banyak biaya.

10. Mengunjungi Festival-Festival atau Acara Budaya di Kota Anda

Umumnya, perayaan atau festival tertentu diselenggarakan gratis untuk masyarakat. Kunjungi festival makanan, festival musik, dan festival lainnya bersama teman-teman Anda. Selain menyenangkan juga menghabiskan waktu bersama teman-teman tanpa menghamburkan uang, biasanya festival disertai kegiatan yang berhadiah.

Baca juga: 10 TIps Menghemat Uang Bulanan Buat Kamu Anak Kost

Bagaimana cara bersenang-senang di atas? Hemat bukan? Anda bisa menerapkannya umtuk mengubah kebiasaan menghamburkan uang untuk bersenang-senang dengan teman-teman dengan cara-cara tersebut. Anda masih bisa bersenang-senang dan menjalin hubungan sosial dengan teman-teman tanpa mengeluarkan banyak uang.

10 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sering Nongkrong Bareng Teman | Siopung | 4.5