Tips Hidup Hemat Agar Bisa Menjadi Kaya di Usia 30 Tahun

Tips Menjalani Hidup Hemat

Gambar Ilustrasi Via Pixabay

Zaman sekarang , semua orang berbicara tentang bagaimana agar memiliki gaya hidup yang sederhana. Dari rumah yang minimalis dengan barang-barang yang lebih sedikit di dalamnya, bahkan untuk meminimalkan ketergantungan kita pada uang. Gaya hidup minimalis sangat menarik bagi orang-orang yang ingin melakukan perubahan pada gaya hidupnya.

Tetapi , bagaimana dengan menabung? Tampaknya banyak yang menganggap bahwa jika meminimalisir gaya hidup, berarti  kita dapat menyimpan uang dengan jumlah yang sangat banyak .

Tetapi kenyataannya adalah, menabung  dan mengubah biaya pengeluaran kita adalah hal yang membantu meminimalisir gaya hidup tersebut. Di bawah ini merupakan beberapa informasi  bagaimana melakukan penghematan dengan uang kita !

1. Anggarkan Dana Anda Sampai Anda Tidak Memiliki Anggaran Lagi

Anggarkan Dana Anda Sampai Anda Tidak Memiliki Anggaran Lagi

Pahami Tentang Kebutuhan Anda Via Pixabay

Penganggaran adalah kunci untuk menghemat uang, tidak peduli gaya hidup seperti apa yang anda inginkan! Buatlah perencanaan yang tepat untuk kebutuhan anda dan bayangkan bahwa menabung adalah teman terbaik untuk hidup anda.

Berikut ini adalah daftar anggaran biasa, sama seperti orang lain. Fokuslah dalam memenuhi kebutuhan hidup anda:

  1. Biaya perjalanan (gas, taksi, bus)
  2. Sewa / menggadaikan
  3. Utilitas
  4. Makanan
  5. Pakaian
  6. Kesehatan
  7. Perlengkapan mandi & perawatan tubuh
  8. Hiburan
  9. Tabungan

Gaya hidup yang minimalis berarti bagaimana anda tidak menggunakan sesuatu yang anda punya lebih dari yang anda butuhkan. Anggaran di atas juga dapat membantu anda mengetahui bagaimana meminimalkan pengeluaran anda dan membuat tabungan anda menjadi lebih besar.

Jika anda memutuskan untuk mengendarai sepeda sebagai transportasi anda, maka anda menghindari pengeluaran untuk hal lain yang lebih besar seperti  perawatan sepeda motor dan kebutuhannya. Jika biaya sewa merupakan pengeluaran yang besar bagi anda , carilah rumah yang minimalis! Yang berarti  anda harus menyingkirkan banyak “barang” karena anda akan memiliki ruang terbatas dalam rumah minimalis tersebut .

Bahkan makanan dapat diminimalkan dengan menanam tanaman herbal dan sayuran di sekitar tempat tinggal anda, daripada membelinya di toko.

Baca juga: 10 TIps Menghemat Uang Bulanan Buat Kamu Anak Kost

Hal tersebut juga salah satu cara yang dapat membuktikan apakah manfaat dari menabung tersebut benar-benar nyata. Jika tidak sama , lakukan penyesuaian ulang. Kamu dapat mengubah biaya pengeluaranmu di bidang yang berbeda atau sesuaikan tabunganmu dengan biaya pengeluaranmu . Apakah sudah sesuai atau masih terdapat ketidakseimbangan.

2. Tetap pada Anggaran Anda, atau Usaha anda Tidak Berarti!

Tips Hidup Hemat, Sederhan, dan Bahagia

Fokus Pada Anggaran Yang Sudah Anda Rencanakan Via Pixabay

Berapa banyak dari kita yang telah menetapkan anggaran dan kemudian membuatnya ulang ? Hampir semua orang! Tidak mudah menciptakan anggaran dan jika kita merasa kewalahan dengan itu, mudah untuk tidak melihatnya lagi. Tetapi kenyataannya adalah, ikuti anggaran itu ! Sisihkan 15 menit setiap minggu untuk melihatnya dan pastikan anda tepat sasaran. Ya, terkadang anda akan melakukan kesalahan.

Karna anda manusia! Manusia tidak luput dari kesalahan.Tetapi semakin anda melihatnya, semakin kecil kemungkinan untuk bisa melakukan pendanaan sesuai yang telah dianggarkan. Inilah mengapa anda harus tetap pada anggaran anda, sesusah apa pun itu. Karena ini  bisa menjadi pengalaman yang berarti bagi anda ketika anda  bisa mengendalikan situasi keuangan Anda!

3. Beli Sesuatu yang Bertahan Lama !

Membeli Barang Yang Berkualitas Untuk Menghemat

Membeli Barang Yang Bertahan Lama Akan Menghemat Pengeluaran Tahunanmu Via Pixabay.com

Beberapa barang yang kita beli adalah barang jangka pendek (makanan, pakaian, dll) . Tetapi yang dimaksudkan disini adalah barang yang bertahan lama. Fokuslah untuk  membeli barang yang akan bertahan lama dalam hidup anda ! Terkadang anda berfikir membeli barang yang bertahan lama berarti kita harus menghabiskan uang yang lebih banyak .

Dan membeli barang yang tidak bertahan lama tetapi murah adalah ide yang bagus untuk menghemat uang, tetapi coba lihat jangka panjangnya.

Contohnya , jika anda memutuskan untuk mengisi ruang tamu anda dengan furnitur rumput plastik hanya karena harganya lebih murah dari rumput asli , itu sia-sia. Karena rumput plastik yang anda beli tidak akan bertahan lama. Itu berarti anda harus menghabiskan lebih banyak uang karena anda harus mengganti benda tersebut setiap tahunnya.

Baca juga: 4 Tips Hemat Saat Berbelanja Online, Hati-Hati Biaya Tersembunyi

Berinvestasilah melalui furnitur padat yang berkualitas bagus dan sesuai dengan ruang anda, maka  anda tidak perlu menggantinya dalam kurun waktu yang lama. Kualitas vs label harga!

4. Beli Apa yang Anda Butuhkan, Bukan Apa yang Anda Inginkan

Mempertimbangkan Kebutuhan dengan Keinginan Untuk Menghemat

Pertimbangkan Dalam Membeli Sesuatu Via Pixabay

Saat ini , manusia sangat mudah terjebak untuk memenuhi keinginannya , membeli ponsel terbaru atau mobil terbaru misalnya. Padahal ponsel merupakan kebutuhan bagi semua orang, yang tidak berpatok pada harga dan model kekinian. Pedagang  memangsa hasrat orang-orang seperti itu, mereka menuntun anda untuk membeli sesuatu yang anda inginkan bukan yang sesuatu yang anda butuhkan.

Tetapi itu semua tergantung pada anda. Anda harus bersikap minimalis dan  fokus pada sesuatu yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan.

5. Carilah Apa yang Menjadi Kendala Dalam Dirimu Sendiri !

Carilah Apa yang Menjadi Kendala Dalam Dirimu Sendiri

Pertimbangkan Kebutuhanmu Via Pixabay.com

Ketika berpakaian kita dapat mencerminkan bagian dari diri kita, bukan dilihat dari pakaian itu sendiri tetapi lebih kepada cara kita dalam mengenakannya.Menabung untuk melakukan penghematan adalah suatu hal yang ingin dilakukan semua orang. Tetapi begitu banyak dari kita yang terbiasa tidak menabung dan memberitahukan orang-orang bahwa kita bisa hidup tanpa menabung dan itu adalah hal yang luar biasa.

Baca juga: Cara Menabung Yang Baik dan Efektif Agar Cepat Kaya

Dan kita merasa hal yang kita lakukan itu merupakan cara penghematan juga. Karena kita sudah berjuang untuk menabung tapi tidak bisa.Padahal itu salah ! Coba tinjau kembali anggaranmu. Dan temukan dimana letak masalahnya lalu cari tahu cara mengelolanya

Tips Hidup Hemat Agar Bisa Menjadi Kaya di Usia 30 Tahun | Siopung | 4.5