4 Tips Kesehatan Untuk Pekerja Kantoran Agar Panjang Umur

Tips Kesehatan Untuk Pekerja Kantoran

Terlalu Banyak Duduk Dapat Mengakibatkan Efek Negatif Untuk Tubuh

Jutaan orang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka duduk di tempat kerja mereka selama beberapa jam per hari. Banyak risiko kesehatan yang dikaitkan dengan duduk dalam waktu yang lama, tetapi bagaimana kita bisa tetap aktif di tempat kerja? yuk cari tahu.

Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan beberapa penyakit yaitu obesitas, diabetes tipe 2, dan peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker. Selain itu, duduk berlebihan juga dapat memperlambat metabolisme tubuh yang berdampak pada kemampuan tubuh untuk mengatur tekanan darah dan gula darah serta memecah lemak tubuh.

Menyelipkan beberapa aktivitas fisik ke dalam jam kerja, dapat mengurangi beberapa risiko kesehatan yang mungkin meningkat ketika kita tidak aktif. Tapi bukan suatu hal yang mudah untuk tetap aktif di tempat kerja. Oleh karena itu, kami menyusun empat tips untuk membantu anda tetap aktif di hari kerja Anda.

1. Bersepeda atau Jalan Kaki Menuju Tempat Kerja

Kegiatan ini bergantung pada lokasi pekerjaan Anda dan seberapa jauh Anda bekerja dari rumah, cobalah beralih untuk tidak menggunakan sepenuhnya kendaraan bermotor yang anda punya. Tinggalkan mobil anda di rumah dan mulailah untuk bersepeda atau jalan kaki saja.

Dengan bersepeda ke tempat kerja menurut sebuah penelitian dapat menurunkan risiko kematian karena semua sebab dan juga risiko kanker yang lebih rendah. Bersepeda dan berjalan kaki ke tempat kerja juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Orang yang berjalan kaki atau bersepeda untuk bekerja juga memiliki indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh yang lebih rendah dibanding mereka yang bepergian dengan mobil.

2. Berdiri Secara Teratur

Sesuatu yang sederhana seperti berdiri dapat membantu mengurangi risiko kesehatan yang muncul terkait dengan kebiasaan duduk terlalu lama.

British Journal of Sports Medicine pada tahun 2015 mengeluarkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghindari duduk terlalu lama, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Berdiri atau aktivitas ringan selama 2-4 jam selama jam kerja
  • Menggunakan meja sit-stand atau workstation berdiri sehingga pekerjaan bisa dilakukan secara berdiri dan tidak duduk terus menerus
  • Mengubah postur tubuh dengan waktu yang sering untuk mencegah nyeri pada tubuh akibat duduk terlalu lama.

Baca juga: Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh

3. Cobalah Bergerak Lebih Banyak

Bergerak lebih banyak mungkin terdengar seperti tindakan yang jelas harus diambil ketika mencoba untuk aktif ditempat kerja. Tetapi, ketika seseorang bekerja di dalam proyek yang super sibuk, tentunya ini akan sangat sulit dilakukan.

Dalam sebuah penelitian dikemukakan bahwa untuk setiap jam ekstra duduk lebih dari 5 jam, ukuran pinggang meningkat 2 cm dan risiko penyakit kardiovaskular meningkat sebesar 0,2 persen.

Penelitian telah menunjukkan bahwa fungsi pembuluh darah terganggu setelah 6 jam dihabiskan duduk di meja kerja. Namun, berjalan-jalan di sekitar kantor selama 10 menit setelah lama duduk dapat memulihkan kesehatan pembuluh darah.

Berikut kegiatan sederhana yang bisa anda lakukan agar bisa tetap bergerak pada jam sibuk anda :

  • Berjalan ke meja rekan kerja anda untuk berbicara dengan mereka daripada mengirim email.
  • Gunakan tangga daripada lift.
  • Parkir mobil Anda beberapa blok jauhnya dari pintu masuk.
  • Ambil rute yang berbeda untuk ke meja Anda sehingga dapat menyesuaikan diri dengan beberapa langkah tambahan.
  • Berdiri untuk menjawab telepon
  • Setel alarm untuk mengingatkan Anda agar mengambil jeda aktivitas.

 

4. Tetaplah Aktif Saat Jam Istirahat Siang

Bagaimana caranya anda dapat aktif selama waktu istirahat makan siang ? anda bisa meregangkan otot otot yang tegang dengan latihan fisik ringan seperti senam kecil 10 – 20 menit. Selain itu, jika makanan tidak disediakan oleh kantor, anda jangan mengandalkan layanan pesan antar makanan. Lebih baik anda membeli sendiri makanan anda dengan berjalan kaki.

Baca juga: 7 Rahasia Menghindari Stress Saat Bekerja Bagi Kamu Karyawan

Ketika anda aktif selama istirahat, anda akan kembali bekerja dengan perasaan segar, hidup kembali, dan lebih bisa berkonsentrasi untuk sisa hari itu.

4 Tips Kesehatan Untuk Pekerja Kantoran Agar Panjang Umur | Siopung | 4.5