Tips Memaksimalkan Baterai Smartphone Agar Tahan Lebih Lama

Smartphone adalah kebutuhan pokok manusia saat ini. Mulai dari berinteraksi dengan sosial hingga mengerjakan pekerjaan rutinitas setiap hari nya bisa menggunakan smartphone. Masalah utama yang sering dialami oleh orang-orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi adalah terkait masalah ketahanan baterai smartphone nya.

Tips Memaksimalkan Baterai Smartphone Agar Tahan Lebih Lama

Gambar Smartphone Android Via Pixabay.com

Tapi siapa sangka bahwa beberapa tips kecil dibawah ini mampu membantu anda untuk dapat menghemat penggunaa baterai smartphone yang anda miliki. Berikut ini beberapa tips nya untuk anda.

1. Matikan Getaran

Jika hal ini tidak terlalu penting bagi anda, maka anda dapat mematikan getaran nada dering smartphone milik anda. Getaran smartphone umumnya mengkonsumsi energi yang sebenarnya tidak anda perlukan. Oleh sebab itu, mematikan getaran atau vibration cukup membantu membuat hp anda bertahan lebih lama.

2. Mematikan Pendeteksi Google

Jika anda menggunakan smartphone android, maka aplikasi google adalah beberapa aplikasi yang sering berjalan di latar belakang dan menggunakan energi yang cukup banyak. Dengan mematikan beberapa fitur yang sebenarnya tidak terlalu penting bagi anda seperti pendeteksi kata dari google, maka anda dapat membantu baterai lebih hemat dari sebelumnya.

Untuk melakukan hal ini, anda dapat pergi ke Apps > Settings > Google Services > Search & Now > Voice. Kemudian klik pada “Ok Google Detection”, dan matikan.

3.  Coba Cek Aplikasi Yang Mendeteksi Lokasi Anda

Beberapa aplikasi seperti whatsapp, facebook, dan instagram umumnya secara otomatis meminta izin untuk mendeteksi lokasi keberadaan anda. Tentu saja mengaktifkan GPS atau lokasi anda akan menguras baterai lebih cepat. Untuk mengecek aplikasi mana saja yang mendeteksi lokasi anda, anda dapat pergi ke Pengaturan > Aplikasi Terinstal .

Kemudian cek satu persatu aplikasi yang paling sering anda gunakan, kemudian klik perizinan aplikasi. Kemudian matikan lokasi.

4. Matikan Pengaturan Cahaya Otomatis

Jika tidak terlalu diperlukan, anda dapat mematikan pengaturan cahaya otomatis. Cahaya otomatis sebenarnya menggunakan sistem sensor yang berjalan dan menggunakan daya baterai anda. Selain itu, terlalu menggunakan cahaya layar yang terang juga akan menguras energi baterai lebih cepat.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Jika dalam keadaan genting saat baterai anda dalam keadaan sekarat, coba hidupkan mode pesawat jika anda sedang melakukan sebuah pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Mengaktifkan mode pesawat akan mematikan koneksi jaringan yang mengkonsumsi daya baterai sangat besar.

Kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat untuk mendapatkan pengisian baterai yang lebih cepat.

6. Matikan Auto-Sync

Auto-Sync adalah fitur untuk mengizinkan aplikasi melakukan update otomatis agar setiap pengguna tidak ketinggalan informasi terbaru. Seperti email, faceboook, atau sejenisnya. Dengan mematikan auto-sync, anda dapat menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang yang sebenarnya sangat menguras energi baterai anda.

7. Matikan GPS, Bluetooht, dan Wifi

Terkadang beberapa pengguna smartphone tidak menyadari bahwa GPS , Bluethooht, dan Wifi dalam keadaan menyala. Hal ini tentu saja dapat menambah beban energi yang terkuras dari baterai smartphone tersebut. Untuk itu, beberapa fitur ini sebaiknya dimatikan jika tidak terlalu diperlukan

Baca Juga: 4 Tips Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Android 300%

Demikian beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk memaksimalkan baterai smartphone agar tahan lebih lama. Sebagai tambahan, pastikan bahwa anda tidak mengaktifkan facebook berjalan di latar belakang. Anda juga dapat mematikan beberapa pemberitahuan aplikasi dan update otomatis yang biasanya muncul melalui play store.

Tips Memaksimalkan Baterai Smartphone Agar Tahan Lebih Lama | Siopung | 4.5