9 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Obat Dan Aman

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Gambar Ilustrasi Melakukan Perjalanan

Jika selama ini saat berpergian dengan mobil, kereta api, pesawat terbang, atau naik kapal laut membuat anda merasa mual atau mabuk ? Maka saat ini kamu tidak perlu khawatir lagi. Ada kabar baik, tanpa menggunakan obat yang banyak dijual di pasaran dan membuat anda mengantuk, anda sebenarnya dapat mengatasinya dengan mudah.

Banyak orang tidak memahami penyebab mengapa dirinya mendapati mabuk saat di perjalanan. Menurut penelitian, mabuk perjalanan disebabkan akibat sensor tubuh kita mengalami ketidakcocokan dengan lingkungannya. Seperti sensor mata yang menangkap objek berjalan secara monoton yang membuat anda mendapati halusinasi pada otak.

Ketidakcocokan tersebut dapat membingungkan bagaimana otak menangkap itu semua. Walaupun tidak semua orang mengalami hal ini. Umumnya, posisi anda dalam menaiki suatu kendaraan sangat mempengaruhi bagaimana hal ini terjadi. Selain itu, ada banyak hal lainnya yang harus anda ketahui untuk mengatasi hal ini. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

1. Tenang dan Cobalah Untuk Mengendalikan Situasi

Umumnya saat anda menaiki mobil, anda tidak akan mengalami mabuk perjalanan jika anda yang menjadi supirnya. Hal ini dikarenakan anda sepenuhnya sadar dan mengendalikan situasi yang ada. Jika anda duduk sebagai penumpang, cobalah untuk fokus dan tidak melamun. Berbicara dengan orang yang ada di samping kita akan membuat otak tetap fokus selama perjalanan.

Jika anda tetap mengalami mabuk perjalanan, cobalah untuk merubah posisi anda di depan. Pastikan bahwa anda selalu melihat kedepan dan tidak melirik ke kanan dan ke kiri. Sudut pandang saat berkendara sebaiknya melihat kedepan. Anda akan sangat mabuk jika melihat ke belakang.

2. Kurangi Makanan Yang Berat

Jika anda berencana melakukan perjalanan, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan terlalu berat dan memiliki aroma yang kuat, pedas, dan berlemak. Seperti gulai atau makanan nasi padang yang biasa kita temukan. Selain itu, ada baiknya kondisi anda tidak terlalu kenyang saat melakukan perjalanan.

Rokok dan alkohol serta minuman bersoda sebaiknya dihindari. Banyak orang indonesia yang suka minuman soda atau merokok sebelum melakukan perjalanan. Adanya asap rokok di dalam kendaraan anda juga akan memperparah kondisi mabuk saat di perjalanan.

Baca Juga: 10 Daftar Makanan Minuman Yang Baik dan Dilarang Saat Perut Kosong

3. Tentukan Posisi Yang Membuat Anda Nyaman

Hindari posisi dimana anda terlalu banyak melakukan gerakan. Di pesawat terbang, mungkin anda bisa memilih area tengah sebagai kursi tempat duduk anda. Di kapal laut, pastikan bahwa anda berada di kabin tingkat bawah dimana sangat sedikit aktifitas dan keributan disana.

Hindari melihat orang yang mual atau sakit di perjalanan. Isolasi diri anda dari orang-orang seperti itu. Melihat orang yang sakit akan membuat anda ikut sakit.

4. Ketahuilah Cara Untuk Menyelaraskan Sensorik Tubuh Anda

Saat berada di kapal laut, ada baiknya anda untuk berbaring dan melihat kearah atas. Hal ini akan membantu anda untuk menstabilkan sensor pandangan dalam menangkap lingkungan. Saat berada di kereta api atau mobil, pastikan bahwa anda duduk di kursi paling depan dan dapat melihat jalan yang ada di depan anda.

Jika dengan berbaring atau tidur anda tidak bisa menyelaraskan sensor tubuh anda. Ada baiknya untuk melihat sebuah objek tetap atau tidak bergerak. Hindari untuk melihat ke arah laut atau danau.

5. Berbicara Dengan Diri Sendiri

Jika tidak ada hal lain yang dapat membantu anda untuk terhindar dari mabuk perjalanan, cobalah untuk berbicara sendiri. Para pelaut mengatakan bahwa dengan berbicara dengan diri sendiri akan membuat kita tetap fokus dan terhindar dari mabuk laut. Cobalah untuk menantang diri anda dengan ucapan “aku tidak akan mabuk kali ini”.

Cara sederhana ini ternyata sangat ampuh jika anda mendapati situasi mulai merasakan mual atau mabuk.

6. Membiasakan Sesuatu Yang Membuat Anda Mabuk Perjalanan

Terapi Mabuk Perjalanan

Cobalah Untuk Membiasakan Hal-hal Yang Membuat Anda Mabuk

Jika selama ini melihat hp adalah penyebab anda merasa mual saat di perjalanan. Kamu sebenarnya dapat mengatasinya dengan melihat hp juga. Hal ini seperti menyembuhkan tubuh dari bisa ular dengan bisa ular juga. Systematic desensitization therapy adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan prinsip classical conditioning.

Jika sebelumnya melihat hp dapat menyebabkan anda mabuk, cobalah untuk melihatnya selama 5 menit dan kemudian menjauhkannya beberapa saat. Ulangilah interval 5 menit selama beberapa kali. Kemudian coba tingkatkan menjadi 10 menit. Disini kamu sedang melakukan suatu terapi dimana kamu membiasakan sensor tubuh melakukan hal tersebut.

7. Minum Wedang Jahe

Menurut penelitian, jahe memiliki aroma mint yang sangat membantu anda untuk terhindar dari mabuk perjalanan. Anda anda menciumnya atau meminumnya sebelum melakukan perjalanan. Tumbuhan yang sering dijadikan bumbu dapur ini sangat efektif untuk mengurangi rasa mabuk anda.

8. Ciptakan Sebuah Sugesti

Seperti sebelumnya dijelaskan, berbicara dengan diri sendiri dapat mengurangi potensi anda mual di perjalanan. Secara penelitian, anda dapat mengkondisikan tubuh anda menjadi positifi dengan sugesti-sugesti yang tepat. Mengikatkan karet pada jempol kaki biasanya akan membantu anda untuk terhindar dari mabuk.

Yakinkan otak anda bahwa anda tidak akan mabuk kali ini. Hal ini tentu saja sangat membantu anda mencapai kondisi di perjalanan tanpa mengalami gangguan mual-mual. Jika anak kecil mabuk perjalanan, berikan sugesti bahwa kondisi tersebut akan hilang jika ia sudah berusia 12 tahun keatas.

9. Membiasakan Diri Melakukan Perjalanan

Manusia adalah makhluk yang mudah beradaptasi dengan ketidakcocokan sensorik tubuh terhadap lingkungannya. Jika anda rutin melakukan perjalan, maka tubuh akan mulai terbiasa dengan hal tersebut. Penyebab yang paling utama adalah anda tidak terbiasa melakukan perjalan sehingga mendapati kondisi tidak terbiasa dengan lingkungan.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Selama Perjalanan Bisnis

Hal inilah yang menyebabkan kebingungan otak dalam menangkap objek disekitar anda. Sehingga menciptakan perasaan gelisah, tidak tenang, mual, dan mabuk.

9 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Tanpa Obat Dan Aman | Siopung | 4.5