7 Tips Mengatasi Susah Tidur Dengan Cara Yang Tepat

Insomania adalah kondisi dimana tubuh sulit diajak untuk tidur. Tentu hal ini sangat berbahaya, dimana kurang tidur dapat mengakibatkan berbagai macam potensi penyakit yang sangat mematikan. Ada banyak penyebab mengapa seseorang mendapatkan kondisi susah tidur di malam hari.

7 Tips Mengatasi Susah Tidur Dengan Cara Yang Tepat

Foto Ilustrasi Tidur Via Pixabay.com

Adapun diantara penyebab seseorang mendapatkan gangguan insomnia adalah stress, ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu, hingga kurang berolahraga. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Hindari Mengkonsumsi Alkohol atau Kafein

Mengkonsumsi alkohol di malam hari dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pada tidurnya. REM adalah fase dimana seseorang mendapati kondisi tidur yang dalam dan lelap, namun ternyata alkohol faktanya dapat mengganggu tubuh kita mencapai fase tersebut.

Selain itu, kopi atau makanan atau minuman yang mengandung kafein kita tahu dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah tidur.

2. Cobalah Tentukan Jam Tidur Secara Teratur

Memiliki jam tidur yang tidak teratur faktanya akan membuat tubuh anda tidak mampu untuk menyesuaikan waktu dimana tubuh anda dapat mengistirahatkan dirinya. Siklus tidur setiap orang pastinya berbeda-beda, jika anda tidak menentukan dengan pasti waktu anda tidur, maka hal ini tentu saja akan merusak siklus tidur anda.

Cobalah untuk merendamkan diri di air panas jika mengalami masalah dengan siklus tidur anda.

3. Mendengarkan Suara Nafas Anda

Saat berbaring, pastikan bahwa menghindari smartphone dan benda-benda elektronik lainnya. Menurut penelitian, mendengarkan suara nafas ternyata dapat membantu anda untuk mencapai tidur yang lebih cepat. Pada saat anda fokus mendengarkan suara nafas, otak akan merasakan sebuah ketukan monoton yang mampu membuat anda menjadi mengantuk.

4. Matikan Televisi Dan Gunakan Cahaya Lampu Yang Redup

Selain smartphone, televisi adalah benda yang umumnya dapat mengganggu jam tidur anda. Usahakan untuk mematikan televisi saat anda akan tidur. Selain itu, menggunakan pencahayaan yang terlalu terang, akan menyebabkan tubuh tidak bisa beristirahat sepenuhnya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mematikan lampu atau menggunakan cahaya yang lembut.

5. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Berolahraga adalah salah satu cara yang paling manjur untuk anda yang mengalami masalah susah tidur di malam hari. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan kalori yang akan membuat anda merasa lelah. Saat merasa lelah, tubuh akan secara otomatis mengistirahatkan dirinya.

6. Hindari Mengkonsumsi Makanan Terlalu Banyak Di Malam Hari

Mengkonsumsi makanan yang berat di malam hari sangat tidak baik untuk siklus tidur anda. Hal ini akan berimbas kepada kebiasaan anda di kemudian hari. Selain dapat mengganggu siklus tidur, mengkonsumsi makanan yang berat di malam hari faktanya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

7. Gunakan Wangi-Wangian

Menggunakan wangi-wangian di tempat anda tidur, dapat memberikan relaksasi bagi otak. Sehingga otak akan fokus pada satu titik. Dimana hal ini akan membantu anda untuk mendapatkan tidur yang lebih cepat daripada sebelumnya. Selain itu, menghiasi tempat tidur dengan dekorasi yang indah juga akan memberikan kenyamanan bagi diri anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Tidur Tanpa Memakai Pakaian Untuk Kesehatan

Demikian beberapa tips mengatasi susah tidur yang dapat anda terapkan mulai saat ini. Tidur adalah kebutuhan tubuh manusia dimana sangat penting untuk kesehatan dan produktifitas anda sehari-hari. Jika anda mendapati kondisi susah tidur yang sangat parah, pastikan bahwa anda berkonsultasi dengan dokter spesialis.

7 Tips Mengatasi Susah Tidur Dengan Cara Yang Tepat | Siopung | 4.5