8 Tips Menggunakan Pencarian Google Yang Tidak Banyak Diketahui

Tips Menggunakan Pencarian Google

Google adalah salah satu situs terpopuler di dunia untuk mencari informasi

Ada berbagai jutaan orang di seluruh dunia saat ini melakukan pencarian di aplikasi Google dengan tujuan yang berbeda-beda. Mesin pencari google adalah sebuah big data yang jika dipergunakan sebaik-baiknya akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan manusia.

Bagi kamu seorang mahasiswa, akademisi, atau entrepreneur yang suka menggunakan pencarian google untuk mencari informasi, kamu tidak boleh melupakan beberapa tips berikut ini agar pencarianmu lebih efektif.

1. Manfaatkan Tab Browser

Dengan menggunakan tab, kamu dapat membuka dua halaman Google atau lebih secara bersamaan. Hal ini akan lebih mempercepat proses kamu dalam mengoleksi data. Membiarkan situs-situs yang kamu dapati dalam tab-tab yang terbuka, akan memudahkanmu kembali ke informasi yang sebelumnya kamu temukan.

Hal ini tentu saja akan menghindarimu dari kehilangan data yang diakibatkan lupa. Anda juga dapat memanfaatkan bookmark pada browser jika ingin menandai situs yang akan anda kunjungi kembali di kemudian hari.

2. Gunakan Tanda “Kutip”

Dengan menggunakan tanda kutip, maka anda memerintahkan Google untuk mencari keyword yang lebih sensitif dari yang anda ketikkan. Dengan menggunakan tanda kutip, anda memberikan sinyal bahwa anda mencari keyword yang sama dengan apa yang anda ketikkan. Terkadang Google hanya menampilkan saran-saran tanpa keyword yang spesifik.

Hal ini umumnya menciptakan kekeliruan bagi kita dalam menemukan informasi yang kita cari. Jadi jangan lupa untuk menggunakan tanda kutip.

Baca Juga: 15 Produk Layanan Google Yang Mengubah Kehidupan Manusia

3. Gunakan Tanda Penguhubung Untuk Mengecualikan Kata

Jika anda ingin melakukan pencarian dengan keyword “kemeja muslim”, umumnya google juga akan menampilkan kemeja batik atau jenis-jenis yang lainnya. Untuk menghilangkan munculnya keyword yang bukan anda maksud, maka gunakan tanda penghubung untuk mengecualikannya.

Hal ini terkadang sangat efektif jika anda mencari informasi yang lebih spesifik tanpa harus terganggu dengan saran konten lainnya .

4. Gunakan “site:siopung.com” Untuk Mencari Halaman Lainnya Pada Situs Yang Lebih Spesifik

Jika anda ingin mencari informasi spesifik dari suatu website, maka anda dapat menggunakan kode “site:domain” untuk mencari halaman lainnya pada situs yang anda inginkan. Anda akan melihat seluruh konten pada situs tersebut yang telah berhasil di index oleh Google. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkanmu dalam mengutip berbagai informasi dari situs tertentu.

5. Mencari Situs Sejenis Dengan Menggunakan Related:domain.com

Jika anda ingin mencari situs sejenis seperti bukalapak.com, maka anda dapat mengetikkan di google related:bukalapak.com . Google akan menampilkan berbagai situs sejenis yang memiliki fungsi yang sama. Jika kamu mengetikan kata kunci tersebut, maka kamu akan menemukan situs-situs belanja lainnya seperti bukalapak.

Baca Juga: 10 Tips Browsing Di Internet Yang Aman Dari Virus Dan Hacker

6. Kamu Dapat Menggunkan Pencarian Google Untuk Kalkulator

Dengan mengetikan 7+7 di google, maka kamu akan mendapati hasilnya di pencarian. Saat kamu dalam posisi bekerja dengan waktu yang harus cepat, maka trik berikut ini sangat penting bagi kamu. Membuka kalkulator di komputer kamu terlalu lama dibandingkan kamu harus mengetikkannya langsung di pencarian Google.

7. Kamu Dapat Melakukan Pencarian Ganda Secara Bersamaan

Dengan menggunakan tanda kutip, kamu dapat melakukan pencarian ganda secara bersamaan. Kamu tidak percaya ? Ternyata google memberikan kemudahan seperti ini kepada penggunannya. Kamu bebas melakukan pencarian hingga lebih dari 1 kata kunci secara bersamaan.

Contoh, “baju muslim”,”celana panjang”,”jilbab”.

Google akan menampilkan hasil pencarian dari ketiga kata kunci diatas. Hal ini tentu saja akan mempercepat proses pencarianmu di Google.

8. Mencari File Spesifik

Di Google kamu juga dapat mencari berbagai file gratis yang ada di internet. Semisal jika kamu ingin mencari sebuah ebook, maka kamu dapat mengetikkan “kisah perjalanan nabi muhammad”, filetype:pdf . Dengan mengetikan kata kunci diatas, google akan menampilkan seluruh rekomendasi file dalam bentuk pdf kepadamu dengan sangat cepat.

Baca Juga: 3 Cara Menghentikan Kebiasaan Bermain Facebook Menurut Psikolog

Demikian beberapa tips bagi kamu yang suka googling setiap waktu. Menggunakan pencarian google untuk hal-hal yang positif, tentu saja akan memberikan kebaikan bagi kamu. Manfaatin sebaik-baiknya, informasi telah terbuka lebar saat ini.