Tubuh Sering Sakit-Sakitan? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tubuh Sering Sakit-Sakitan Dan Cara Mengatasinya

Menjaga Metabolisme Tubuh Harus Dilakukan Agar Kamu Tetap Sehat Via Pixabay.com

Saat ini banyak orang yang merasakan gangguan kesehatan karena terganggunya metabolisme tubuh mereka.

Apa sih sebenarnya gangguan metabolisme tubuh itu? gangguan metabolisme tubuh adalah kondisi dimana proses metabolisme tubuh kita tidak terjadi sebagaimana mestinya atau metabolisme tubuh kita tidak berjalan dengan lancar. Ketika metabolisme tidak terjadi sebagaimana mestinya, tubuh akan menghasilkan nutrisi yang kurang atau bahkan kelebihan untuk tubuh kita.

Apa Penyebab Terjadinya Gangguan Metabolisme Pada Tubuh Kita ?

Ada beragam faktor yang bisa menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh kita. Biasanya ini dikarenakan ada masalah pada organ tertentu di tubuh kita. Metabolisme tubuh juga bisa terganggu karena konsumsi makanan yang mungkin berlebihan, yang tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Metabolisme tubuh juga bisa terjadi jika tubuh kita kurang gerak, misalnya saja pekerja kantoran yang harus duduk 5- 8 jam sehari. Lalu, Bagaimana Kita Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh Kita ?

1. Tambahkan Telur Ekstra Pada Saat Sarapan

Menambahkan Telur Untuk Konsumsi Protein

Telur Sangat Kaya Akan Protein

Makan dengan lebih banyak protein dapat membuat kalori Anda terbakar setelah makan, ini didasarkan saran penelitian dalam Journal of American College of Nutrition.

Dalam sebuah penelitian kecil, peneliti memanggil 10 wanita yang sehat dan memiliki berat badan normal . umur mereka antara 19 sampai dengan 22 tahun. Mereka disarankan untuk makan makanan berprotein tinggi satu hari dan diet karbohidrat kompleks tinggi lainnya, untuk membandingkan bagaimana masing-masing diet mempengaruhi metabolisme tubuh mereka.

Diet pertama mengandung 30 persen protein dan 30 persen karbohidrat kompleks. Yang kedua memiliki 50 persen karbohidrat kompleks dan 15 persen protein. Dari kedua diet tersebut, peneliti menemukan bahwa setelah makan pada hari dengan protein tinggi, tubuh wanita menghasilkan panas dua kali lebih banyak, ini juga menunjukkan sebuah indikasi bahwa mereka juga membakar lebih banyak kalori.

2. Buat Porsi Makanan Anda 25 Persen Lebih Kecil

Tambahkan Telur Ekstra Pada Saat Sarapan

Memperbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Jika kita mengonsumsi makanan secara berlebihan, makanan tersebut tidak akan dicerna dengan baik oleh tubuh. Karena makanan tersebut akan dirubah dan disimpan menjadi lemak yang malah membuat tubuh anda memiliki lemak yang lebih banyak.

Baca juga: 4 Makanan Sehat Yang Bagus Memenuhi Nutrisi Orang Sibuk

Jadi, untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda, anda perlu merubah porsi makanan anda. Anda bisa memastikan bahwa di piring anda, terdiri dari sayur, buah, protein, biji bijian dan makanan lain dengan kandungan gizi yang seimbang.

3. Rubahlah Cara Olahraga Anda dari Strength-Training ke Circuit

Olahraga Untuk Menjaga Metabolisme Tubuh

Olahraga Teratur Dapat Membuat Tubuh Tetap Bugar

Jika anda sekarang berolah raga  dengan strength training lebih baik anda merubhanya ke mode circuit. Ini akan membuat detak jantung Anda meningkat dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori selama dan setelah latihan, kata Rick Richey, instruktur master Akademi Olahraga Nasional dan seorang pelatih pribadi bersertifikat.

4. Jangan Selalu Duduk Dalam Berbagai Aktifitas

Duduk Dapat Mengganggu Metabolisme Tubuh

Terlalu Sering Duduk Dapat Menghambat Peredaran Darah

Dengan terus duduk di tempat anda bekerja, ini akan mengganggu sistem metabolisme tubuh anda. Cobalah untuk tetap bergerak tetap tentu ketika anda sedang bekerja. Misalnya saja , anda bisa jalan jalan kecil ke suatu tempai selama 1 jam sekali. Menurut penilitian ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda, jika dilakukan secara rutin.

5. Lakukan Hal yang Mungkin Membuat Anda Tidak Begitu malas

Menonton Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Menonton Adalah Aktifitas Yang Memalaskan

Untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda, anda perlu melakukan berbagai hal yang tidak membuat anda bermalas malasan. Misalnya saja, ketika anda ingin pergi ke supermarket yang jaraknya tidak begitu jauh. Usahakan jangan memesan ojek, taxi ataupun angkutan yang lain. Lebih baik untuk ke supermarket dengan jalan kaki. Inilah yang akan meningkatkan metabolisme tubuh anda.

Baca juga: Setelah Bangun Pagi Lakukan 5 Hal Ini Dan Lihat Manfaatnya

Beberapa tips diatas sangat bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mengalami gangguan sering sakit-sakitan. Anti body pada tubuh manusia dapat dibentuk dengan menjalankan aktifitas gaya hidup yang sehat.

Tubuh Sering Sakit-Sakitan? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya | Siopung | 4.5