Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Manusia Dari Bayi Hingga Dewasa

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Manusia Dari Bayi Hingga Dewasa

Manusia membutuhkan jam tidur yang cukup agar tetap produktif

Berapa jam waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak merupakan pertanyaan klasik dari para orang tua. Banyak orang tua yang tidak memiliki pengetahuan akan pentingnya tidur yang cukup untuk para balita.

Di masa perkembangannya, balita setidaknya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada orang dewasa. Waktu tidur yang diperlukan tentu saja tidak hanya berdampak untuk kesehatan sang balita, tetapi juga hal ini sangat penting untuk perkembangan otaknya.

Selain asupan nutrisi, dalam memperhatikan pertumbuhan anak, kamu juga harus mengawasi jam tidurnya. Jangan sampai pertumbuhannya terhambat dikarenakan tidak ada waktu yang cukup untuk mengistirahatkannya. Hal ini juga sangat penting bagi para remaja.

Pada saat ini, ada banyak remaja yang memiliki jam tidur yang tidak cukup. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan tentunya akan mempengaruhi kecerdasan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kamu mencatat hal-hal berikut ini.

1. Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Bayi Yang Baru Lahir

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Bayi Baru Lahir

Bayi

Di awal kelahiran, bayi cenderung membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang. Hal ini dikarenakan bayi masih mengikuti jam tidur saat didalam kandungan. Pada tahap awal, ia sedang membentuk jam tidur biologisnya sendiri. Mereka masih menyesuaikan waktu malam untuk tidur dan waktu pagi untuk bangun.

Bayi yang baru lahir dan masih berumur 1 minggu, setidaknya membutuhkan waktu tidur sekitar 16-17 jam dalam sehari. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh membangunkannya apabila waktu tidurnya belum mencukupi. Hal ini tentu saja akan menghambat perkembangannya.

Baca juga: 5 Jenis Nutrisi Yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Saat bayi berusia sekitar 1-4 bulan, ia biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 14-16 jam. Jika kamu membiarkannya tidur kurang dari 11 jam, hal ini sangat berbahaya bagi perkembangannya.

2. Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Bayi Yang Baru Bisa Duduk

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Bayi Yang Baru Bisa Duduk

Balita Bisa Duduk

Banyak orang tua yang tidak memahami cara membentuk ritme tidur pada bayi. Seringkali orang tua membangunkan bayi nya hanya untuk menyusui. Padahal, hal ini sangat tidak dianjurkan. Jam menyusui bayi tidak bisa disamakan dengan bagaiman orang dewasa mengkonsumsi makanan dalam sehari-hari.

Jam tidur yang direkomendasikan untuk bayi yang berusia 4-13 bulan adalah sekitar 12-16 jam. Sangat tidak dianjurkan untuk membiarkan bayi kecil anda tidur kurang dari 10 jam. Hal ini tentu saja dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada tahap awal kelahiran, bayi masih terus memproses dan membentuk jaringan tubuhnya. Oleh sebab itu, waktu tidur yang dibutuhkan lebih lama daripada orang dewasa.

3. Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Balita atau Anak-Anak Yang Masih PAUD

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Balita atau Anak-Anak Yang Masih PAUD

Balita PraSekolah

Pada tahapan ini, sangat penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan waktu istirahat dari sanga balita. Pada masa ini, balita akan mulai belajar, berbicara, dan mulai berinteraksi sosial dengan orang-orang baru. Sering kali para orang tua tidak memperhatikan waktu tidurnya dikarenakan produktifitas yang mulai meningkat.

Saat balita berusia 1-2 tahun, ia membutuhkan waktu tidur setidaknya 12-14 jam dalam sehari. Kamu dapat memvariasikannya dengan cara tidur siang yang teratur. Sangat tidak direkomendasikan untuk membiarkan anak tidur kurang dari 10 jam atau lebih dari 16 jam. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan kecerdasannya.

Baca juga: 7 Cara Efektif Membuat Anak Tidur Di Kamar Sendiri Dengan Cepat

Pada saat balita mulai berusia 3-5 tahun, mereka membutuhkan setidaknya tidur 11-13 jam dalam sehari. Sangat tidak dianjurkan untuk membiarkan para balita memiliki waktu tidur kurang dari 9 jam. Hal ini sangat berbahaya bagi perkembagan otaknya.

4. Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Anak-Anak Saat SD

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Anak-Anak Saat SD

Saat Anak Mulai Sekolah

Ini adalah masa yang sangat penting untuk tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur manusia. Walaupun disaat anak sudah memasuki masa sekolah dan tubuh mulai terlihat semakin kuat, sangat penting untuk tetap memperhatikannya.

Untuk siswa sekolah dasar yang berusia 6 – 12 tahun, mereka setidaknya membutuhkan jam tidur 9 – 12 jam dalam sehari. Sangat tidak dianjurkan memiliki waktu tidur kurang dari 8 jam. Hal ini sangat mempengaruhi produktiftas dan kemampuannya untuk belajar di sekolah.

5. Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Remaja dan Orang Dewasa

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Oleh Remaja dan Orang Dewasa

Saat Anak Mulai Remaja

Pada saat remaja, para orang tua akan melihat pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Tidur merupakan sesuatu yang masih harus diperhatikan pada usia-usia seperti ini. Hal ini juga akan mempengaruhi bagaimana cara kerja otak dan produktiftasnya. Pada masa ini, kita akan berada di tingkat smp hingga perkuliahaan.

Saat anak berusia 13-18 tahun, ia membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 – 10 jam. Sangat tidak dianjurkan untuk memiliki jam tidur dibawah 7 jam. Hal ini juga akan mempengaruhi bagaimana daya ingat dan daya serap saat proses pembelajaran.

Baca juga: 5 Penyebab Kamu Sudah Tidur Lama Tapi Masih Mengantuk

Di usia 18-25 tahun, kamu setidaknya membutuhkan waktu tidur 8 – 9 jam dalam sehari. Kurang dari 6 jam tentu saja akan mempengaruhi kesehatan dan produktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, saat berusia 21 hingga 25. Otak cenderung akan digunakan secara maksimal sehingga membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Waktu Tidur Yang Dibutuhkan Manusia Dari Bayi Hingga Dewasa | Siopung | 4.5